Beranda >> air terjun info wisata >> Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban PelangiCoban Pelangi, satu dari ribuan air terjun di Malang.
Air terjun Coban Pelangi adalah satu dari ribuan air terjun yang ada di Malang. Malang yang berhawa sejuk memang dikenal sebagai negeri dengan seribu air terjun karena menawarkan air terjun dengan keindahan dan kisahnya masing masing. Coban Pelangi sendiri ada di kaki Gunung Semeru atau tepatnya berada di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun yang satu ini pastikan membaca informasi di bawah ini.

Rute ke Coban Pelangi
Jika dari kota Malang maka Coban Pelangi berjarak sekitar 35 km, dan bisa ditempuh dengan beragam transportasi darat mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Setelah melewati pintu masuk lokasi wisata Coban Pelangi dan memarkirkan kendaraan pribadi di area parkir yang telah disediakan. Selanjutnya perjalanan sejauh 1,5 kilometer dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan yang menanjak dan berkelok bahkan sesekali licin. Untuk bisa sampai di Coban Pelangi, wisatawan harus menembus hutan dengan jalurnya sudah tertata. Kemudian melintasi bumi perkemahan, warung bambu, hingga jembatan Kali Amprong.

Baca air terjun lainnya: Air Terjun Coban Talun

Aktivitas di Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang terbilang cukup deras. Wisatawan bisa sedikit mendekat air terjun untuk terkena percikan air yang terbilang dingin. Jika tidak suka basah-basahan maupun hawa dingin dari air terjun, wisatawan bisa menatapi keindahan alam sambil duduk di bangku pantau yang berada tidak jauh dari air terjun dan jangan lupa untuk mengabadikannya dalam sebuah foto.
Wisatawan yang berkunjung ke Coban Pelangi terbilang cukup dimanjakan karena kawasan ini berada di pengelolaan Perhutani, sehingga rute terbilang mudah dijangkau bahkan sudah dikelola dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari fasilitas penunjang yang sangat lengkap mulai dari tempat parkir untuk motor dan mobil kemudian gazebo, mushola, toilet hingga tempat sampah. Bahkan kawasan ini juga bisa dijadikan tempat berkemah dengan posisi yang dekat dengan sumber air.

Selama berada di lokasi ini, wisatawan harus mematuhi tanda peringatan yang dipasang di dekat air terjun. Sebab kolam di bawah yang terkena aliran air langsung memiliki batu-batu berlumut yang licin. Selain itu, jika sampai terpeleset kemungkinan untuk tertimpa longsoran batu/tanah dari atas bahkan tenggelam tertimpa guyuran air dengan debit cukup besar. Jadi selalu patuhi peraturan yang dibuat oleh pengelola.

Sejarah Coban Pelangi
Terbentuknya Coban Pelangi juga terbilangan sangat menarik terutama jika dilihat dari segi geologi. Sebab dinding air terjun ini terbentuk dari endapan hasil letusan yang terjadi ketika magma bertemu air di dalam kawah Bromo Tengger Purba dengan hasil letusan eksplosif Gunung Bromo Purba.
Meski endapan semacam ini juga terdapat pada dinding kaldera kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru yang ada di bagian barat dan barat laut. Namun endapan inilah yang kemudian membentuk gurat-guratan pada tebing air terjun dengan warna hitam kecoklatan.

Air Terjun Coban Pelangi

Sementara untuk penamaan Coban Pelangi sebenarnya tidak ada yang spesial. Karena coban yang dimaksud adalah air terjun yang biasnya digunakan dalam Bahasa Jawa, sedangkan pelangi adalah pembiasan sinar matahari karena titik-titik embun atau hujan. Maksudanya jika kondisi cuaca sedang cerah, wisatawan bisa melihat indahnya pelangi di antara titik-titik embun di sekitar air terjun. Kebanyakan wisatawan memang mengunjungi Air Terjun Coban Pelangi untuk alasan tersebut. Meski ada juga yang sudah datang dengan tujuan tersebut tapi berakhir kecewa karena tidak melihat pelangi.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour