Beranda >> air terjun info wisata >> Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban RondoObyek wisata Air terjun Coban Rondo atau Air Terjun Janda Malang yang terletak di kabupaten Malang ini merupakan salah satu tempat wisata sangat populer baik di kalangan wisatawan domestik atau pun wisatawan mancanegara. Air terjun ini berada pada ketinggian 1.135 MDPL dan memiliki ketinggian mencapai 84 meter, air pada air terjun tersebut berasal dari lereng Gunung Kawi, tepatnya berasal dari sumber mata air nya yang diberi nama Cemoro Dudo dengan debit air sekitar 90 liter / detik pada musim kemarau dan 150 liter / detik di musim hujan.

Daya tarik yang sangat banyak dinikmati oleh para wisatawan tidak lain adalah keindahan panorama dari air terjun itu sendiri, dimana Anda akan terkena hembus butir-butir air jika berada pada jarak yang cukup dekat. Selain itu keindahan alam yang disempurnakan oleh sejuknya udara pegunungan yang belum terkontaminasi oleh polusi udara atau masih sangat alami, membuat siapa saja yang mengunjungi tempat ini betah untuk berlama-lama.

Sejarah / Legenda Singka Air Terjun Coban Rondo
Di ceritakan oleh masyarakat setempat konon katanya asal mulai air terjun ini berawal dari kisah asmara pada zaman dahulu antara sepasang pengantin baru, sang istri bernama Dewi Anjarwati asal Gunung Kawi dan sang suami bernama Raden Baron Kusuma asal Gunung Anjasmoro. Pada usia awal pernikahan yakni diusia 36 hari / ke selapan, Dewi Anjarwati mengajak sang suami Baron Kusuma untuk berkunjung ke rumah orang tua Dewi yang berada di Gunung Anjasmoro.

Akan tetapi, berdasarkan adat Jawa orang zaman dulu, sepasang pengantin dengan usia pernikahan yang masih selapan belum boleh pergi meninggalkan rumah terutama jika tujuannya terlalu jauh. Oleh sebab itu orang tua dari pihak suami melarang keduanya untuk pergi ke rumah orang tua Dewi atau ke Gunung Anjarwati. Cerita bermula dari sini, dimana kedua pengantin baru ini tetap bersikeras untuk mengunjungi orang tua Dewi dan akhirnya keduanya memutuskan untuk tetap pergi.

Di tengah-tengah perjalanan menuju Gunung Anjarwati, tiba-tiba mereka dihadang oleh Joko Lelono, Joko adalah seseorang yang terpikat oleh kecantikan dari sang istri Dewi Anjarwati. Kemudian Raden Baron mengambil tindakan dengan memerintahkan para pengawalnya untuk menyembunyikan istrinya di lokasi yang terdapat Air Terjun atau dalam bahasa Jawa nya disebut dengan Coban. Kemudian Joko Lelono dan Raden Baron bertempur hebat sampai keduanya tewas. Akibatnya Dewi menjadi seorang janda yang di dalam bahasa Jawa disebut dengan Rondo. Sejak saat itu nama Air Terjun Coban Rondo digunakan untuk menamakan lokasi air terjun tempat Dewi disembunyikan.

Lokasi dan Akses Ke Air Terjun Coban Rondo
Lokasi destinasi wisata air terjun Coban Rondo tepatnya terletak di Desa Pandansari, Kec. Pujong, Kab. Malang, Jawa Timur atau sekitar 12 km dari Kota Batu. Jalan menuju air terjun tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi. Akses ke lokasi ini juga sudah sangat baik, dimana jalannya sudah beraspal.

Baca juga: Rafting Kasembon Malang

Harga Tiket Coban Rondo
Harga tiket atau tarif masuk ke objek wisata Air Terjun Coban Rondo ini cukup terjangkau yakni hanya dengan 15 ribu rupiah saja, namun di dalam lokasi air terjun terdapat beberapa aktifitas yang dapat anda lakukan, adapun kegiatan tersebut memiliki tarif yang bervariatif diantaranya adalah sebagai berikut

  • Wisata toga : Rp. 5.000
  • Memberi makan Rusa : Rp. 5.000
  • Shooting target : Rp. 10.000
  • Api unggun : Rp. 200.000
  • Treewalk : Rp. 50.000
  • Segway : Rp. 30.000
  • Flying fox : Rp. 30.000
  • Bersepeda gunung : Rp. 5.000
  • Labirin : Rp. 10.000

Air Terjun Coban Rondo

Pesona keindahan coban rondo memang sangat luar biasa, banyak wisatawan menyempatkan waktu datang ketempat ini tidak hanya melihat keindahannya saja namun juga kisah yang menyelimuti tempat ini yang melegenda. Tidak percaya, coba saja datang sendiri.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.