Beranda >> air terjun info wisata >> Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban TalunMisteri Jembatan Asmara di dekat Air Terjun Coban Talun.
Air Terjun Coban Talun memang tidak setenar air terjun Coban Rondo di Malang. Namun, Coban Talun tidak kalah indah dengan ribuan air terjun yang ada di Malang. Air Terjun Coban Talun berada di kawasan Bumi Perkemahan Coban Talun di lereng barat Gunung Arjuna. Lebih tepatnya air terjun ini berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun yang satu ini pastikan membaca informasi di bawah ini.

Rute ke obyek wisata Coban Tulan
Jika dari kota Malang maka Coban Talun berjarak sekitar 15 km, dan bisa ditembuh dengan beragam transportasi darat mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Setelah melewati pintu masuk lokasi wisata Coban Talun dan memarkirkan kendaraan pribadi di area parkir yang beralaskan rumput. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan setapak dengan kemiringan yang cukup tinggi, sempit, dan licin. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke air terjun antara 30 hingga 60 menit perjalanan.

Mitos di Coban Talun
Seperti kebanyakan kawasan wisata alam di Indonesia yang memiliki mitos ternyata Coban Talun juga memiliki mitos, tapi mitosnya bukan mengenai air terjun itu sendiri melainkan jembatan sebelum menuju ke air terjun. Jembatan asmara yang menghubungkan area pemeriksaan dengan air terjun ini konon jika dilewati pasangan kekasih maka hubungannya akan langgeng. Sebab jembatan tersebut menjadi tempat bertemunya pangeran Jaya Nalendra dari Kerajaan Kediri dengan Dewi Seruni, anak seorang residen Ki Ageng Tritih.

Jadi pangeran yang sedang melakukan pertapaan di sebuah bukit yang tidak jauh dari Coban Talun ini sedang meminta petunjuk untuk mencari jodoh. Setelah mendapatkan petunjuk, pangeran pun berjalan ke arah utara hingga sampailah ia di sungai dekat jembatan. Di jembatan itulah pangeran melihat seorang gadis cantik yang sedang mengambil air, dan gadis tersebut tidak lain adalah Dewi Seruni. Berawal dari pertemuan tersebut kemudian keduanya menjadi sering bertemu dan akhirnya jatuh cinta.

Namun, jembatan yang menghubungkan air terjun sebenarnya ada dua, dimana jembatan pertama tersusun dari kayu sedangkan yang lainnya tersusun dari bambu. Tapi kalau wisatawan ingin mencoba melintasi jembatan asamara, maka pilihlah jembatan yang tersusun dari kayu.

Aktivitas di Coban Tulan
Air Terjun Coban Talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter sekitar 15 meter. Selain bisa menikmati indahnya air terjun dan gemercik air yang sangat dingin dan sejuk. Wisatawan juga bisa berenang di kolam penampungan yang tidak terlalu dalam. Selain itu, ada keindahan lain yang ditawarkan air terjun ini, yaitu batu-batu pegunungan yang berukuran besar.

Karena Coban Tulan sudah dibawah pengelolaan pemerintah setempat, maka ada sejumlah pembersihan dan perbaikan di dekat lokasi air terjun. Mulai dari ada taman selamat datang yang tulisannya menggunakan tanaman penitian hingga dua toilet mandi cuci kakus dan beragam fasilitas penunjang wisata lainnya.

Air Terjun Coban Talun

Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan selama berada di lokasi ini antara berenang atau sekedar membasahi tubuh dengan air dan menikmati deburan air terjun bahkan jika sedang beruntung wisatawan bisa menyaksikan banyak pelangi di sudut-sudut air terjun. Kemudian tidak ketinggalan bersantai sambil menikmati keindahan alam dan tentunya mengabadikannya dalam sebuah foto. Waktu terbaik untuk menikmati Air Terjun Coban Talun adalah ketika musim hujan karena debit airnya cenderung lebih besar dibandingkan musim kemarau.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour