Beranda >> info wisata >> Akses Jalan dan Rute menuju Pantai Sukamade

Akses Jalan dan Rute menuju Pantai Sukamade

Akses Jalan dan Rute menuju Pantai Sukamade

Akses Jalan dan Rute menuju Pantai SukamadeAkses Jalan dan Rute Menuju Pantai Sukamade yang Memacu Adrenalin.
Akses jalan dan rute menuju Pantai Sukamade bisa ditempuh dari rute timur (Banyuwangi) dan rute barat (Jember). Pantai Sukamade merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Sukamade berada di Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini berjarak 15 km dari Teluk Hijau.

Pantai Sukamade merupakan bagian dari Triangle Diamonds dengan Pantai Plengkung dan Gunung Ijen. Pantai ini juga terkenal sebagai tempat penangkarang penyu. Penyu disini bertelur 4 – 6 kali tiap tahun. Dalam waktu sehari, jumlah penyu yang mendarat berjumlah sekitar 80 ekor. Sekarang, jumlahnya semakin menurun karena banyak kapal yang berlabu sehingga penyu takut mendarat. Pada waktu malam hari, petugas juga menyarankan kepada wisatawan untuk tidak menyalakan lampu di sekitar pantai. Hal tersebut dikarenakan penyu tidak suka dengan cahaya sehingga kalau ada cahaya, penyu tidak jadi mendarat. Petugas akan mengumpulkan telur penyu pada malam hari. Telur penyu tersebut akan ditetaskan dan dilepas saat sudah menetas menajdi tukik. Penetasan telur penyu membutuhkan waktu 60 – 75 hari. Tukik yang dilepas ke pantai setelah berusia 2 minggu. Spesies penyu yang terdapat di Pantai Sukamade adalah penyu hijau, penyu sisik, penyu slengkrah, dan penyu belimbing. Untuk akses jalan dan rute menuju Pantai Sukamade akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut.

Rute Menuju Pantai Sukamade Rumahnya Penyu Bertelur.
Kita bisa menempuh beberapa rute berbeda untuk bisa sampai di Pantai Sukamade. Rute tersebut bisa berawal dari Banyuwangi dan dari Jember. Untuk lebih jelasnya, masing-masing akses jalan dan rute menuju Pantai Sukamade tersebut adalah sebagai berikut.

Rute Banyuwangi (Timur)
Rute ini meliputi Banyuwangi kota – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade

Rute Jember (Barat)
Rute ini berawal dari Jember atau Surabaya – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade

Akses Menuju Pantai Sukamade di Taman Nasional Meru Betiri.
Akses yang harus ditempuh untuk sampai di Pantai Sukamade memang tidak mudah. Namun, hal tersebut akan terbayarkan dengan keindahan pantainya yang masih alami sekaligus dapat bonus melihat penangkaran penyu yang ada di sana. Kendaraan yang paling cocok untuk mengakses jalan menuju Pantai Sukamade adalah jenis Jeep. Hal tersebut dikarenakan jalanan menuju ke pantai merupakan jalan berbatuan besar, tanah berlumpur, berkelok, serta terdapat beberapa tanjakan. Jadi, proses perjalanannya saja sudah bisa menjadikan kita senam adrenalin.

Untuk sampai di Pantai Sukamade baik dari rute barat maupun rute timur, kita harus transit dulu di Kecamatan Jajag. Setelah itu, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum di Terminal Jajag menuju daerah Pesanggaran. Transit dilakukan lagi di Terminal Pesanggaran dan naik angkot yang menuju Sarongan – Rajegwesi. Sebelum sampai di Sarongan, kita akan melewati perkebunan coklat sehingga kita bisa mampir wisata sekalian saat perjalanan. Kemudian dilanjutkan dengan Rajegwesi – Sukamade. Jalanan Rajegwesi – Sukamade inilah yang berkelok dan berlumpur.

Biasanya akses dari Rajegwesi menuju Sukamade ini juga melalui sungai sehingga menjadi petualangan yang menarik bagi para wisatawan. Kedalaman sungai yang dilewati tersebut sekitar 40 cm. Jalanan berkelok menuju Pantai Sukamade ini sekitar 30 km, dimana perjalanan yang 10 km adalah perjalanan yang sangat menegangkan. Jarak dari Banyuwangi – Sukamade ini sekitar 98 km. Perjalanan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi kalau kita memilih menggunakan transportasi umum karena kita harus melakukan beberapa kali transit perjalanan. Namun, panorama pantai yang indah akan kita dapatkan setelah melewati akses jalan dan rute menuju Pantai Sukamade yang tidak mudah.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.