Beranda >> info wisata >> Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota MalangWisata alun-alun kota Malang adalah salah satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke kota Malang. Kota Malang sendiri termasuk salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Malang memang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah. Kota dengan berbagai julukan seperti kota kuliner, kota bunga, kota sejarah, kota militer, ataupun kota wisata ini mempunyai berbagai tempat wisata yang indah dan patut untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata di Malang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun warga Malang yaitu alun-alun Kota. Alun alun kota Malang merupakan ikon dari kota Malang yang tidak pernah sepi pengunjung apalagi dengan panorama indah dan banyaknya fasilitas di Alun-alun kota. Alun-alun kota bahkan menjadi tempat favorit bagi pengunjung dan warga Malang baik untuk liburan atau hanya sekadar bersantai dengan keluarga.

Letak Alun Alun Kota Malang
Di kota Malang terdapat dua alun-alun yaitu alun- alun Bundar dan alun-alun kota Malang atau sering juga disebut dengan alun-alun Jami’. Alun-alun kota Malang ini terletak di Jl Merdeka tepat di jantung kota Malang dan berada di depan Masjid Jami’ yang kemudian manjadikan alun-alun ini dikenal juga dengan alun-alun Jami’. Letak alun-alun kota Malang memang sangat strategis dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Malang. Pusat perbelanjaan di sekitar alun-alun ini misalnya seperti Sarinah, Mitra, Ramayana, Gajah Mada Plaza, dan Malang Plaza. Tidak hanya itu saja, alun alun kota Malang juga dekat dengan instansi pemerintah, hotel, gereja, bank, dan kantor pos. Letak alun-alun kota Malang yang sangat strategis tersebut menjadikan alun-alun ini sebagai tempat tujuan banyak orang baik warga Malang yang hanya ingin bersantai atau wisatawan yang berlibur dan menikmati beragam wisata alun-alun kota Malang

Sejarah Alun Alun Kota Malang
Alun-alun kota Malang dibangun pada tahun 1882 tepat di depan Masjid Jami’ yang menjadi masjid kebanggan warga Malang. Alun-alun sendiri dibangun berkaitan dengan pemerintahan kerajaan tradisional Jawa. Alun-alun dianggap sebagai halaman dari ibukota Negara dimana pada masa pemerintahan kerajaan tradisional Jawa sebuah kota dikenal dengan nama Negari atau bisa juga diartikan sebagai semacam Negara. Dalam Negari mempunyai sebuah kadipaten dengan alun-alun yang disebut dengan kutha. Kutha menurut keyakinan masyarakat tradisional Jawa merupakan simbol penyelaras hubungan antara raja dengan masyarakat. Namun, pada masa kolonial Belanda pusat alun-alun kota Malang diubah karena bentuk dan fungsinya dianggap terlalu bercorak Jawa dan kurang ideal. Pada tahun 1914 ide untuk memindahkan pusat pemerintahan dari daerah alun-alun terwujud setelah Malang memiliki status gementee. Pusat pemerintahan selanjutnya dipindah ke Balaikota Malang yang di depannya dibangun juga sebuah taman dengan nama J.P. Coen Plein atau saat ini lebih dikenal dengan alun-alun bunder. Meskipun sudah tidak menjadi pusat pemerintahan tapi alun-alun Malang saat ini benar-benar dimanfaatkan oleh warga Malang apalagi dengan adanya berbagai wisata alun-alun kota Malang.

Fasilitas di Alun Alun Kota Malang
Alun-alun Kota Malang saat ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh warga Malang maupun wisatawan. Alun-alun kota banyak dikunjungi karena indahnya taman dan adanya sebuah air mancur kota yang menambah keelokan dari tempat yang satu ini.

Alun-Alun Kota Malang

Ratusan burung merpati juga dirawat dan ditempatkan di alun-alun kota Malang sebagai pelengkap keindahan serta keasrian dari alun-alun. Selain itu, berbagai fasilitas lain juga tersedia dan menjadi pelengkap wisata alun-alun kota Malang seperti wifi gratis, mini gazebo, tempat duduk, jalur sepeda, jalur pejalan kaki, dan bahkan shaf untuk sholat sebab alun-alun tepat berada di depan Masjid Jami’. Tidak hanya itu saja, keindahan alun-alun juga ditambah dengan hiasan payung yang digantung di pepohonan rindang yang ada di wilayah alun-alun. Berbagai fasilitas yang ada di alun-alun kota Malang tersebut menjadikan alun-alun sebagai tempat yang banyak dimanfaatkan oleh warga baik untuk bersantai ataupun berlibur bersama keluarga.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.