Beranda >> info wisata >> Candi Kidal

Candi Kidal

Candi Kidal

Candi KidalCandi Kidal merupakan candi yang ada di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Jauhnya kira-kira 20 km dari kota Malang ke arah timur. Bangunan candi ini menunjukkan corak khas model Jawa Timuran.

Candi Kidal adalah warisan kerajaan Singosari yang dibuat untuk menghormati Anusapati, raja yang memerintah Singosari dari 1227 hingga 1248 atau dalam waktu dua puluh tahun. Panji Tohjaya adalah pembunuh Anusapati saat terjadi perebutan kekuasaan Singasari. Ada juga yang meyakini kematian Anusapati sebagai buah kutukan dari Mpu Gandring. Candi dibangun di tahun 1248 bertepatan dengan tahun kematian Anusapati.

Candi Kidal pada tahun 1990-an mendapatkan pemugaran dan menjadi semakin kokoh dan indah setelahnya. Di seputaran candi ini banyak pepohonan rindang. Selain itu, taman candi dan suasana pedesaan membuat suasana sekitar terasa asri.

Candi ini tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan candi-candi di sekitarnya seperti Candi Jago (jajaghu) atau Candi Singosari. Candi ini tidak terlalu banyak pengunjung barangkali karena candi ini jarang diulas dan juga letaknya yang berada terpencil di pedesaan.

Ruwatan
Kebanyakan candi di Jawa Timur digunakan untuk tempat kuburan raja. Hal ini berbeda dengan candi di Jawa Tengah yang dibangun untuk memuliakan agama yang dipeluk raja dan para rakyatnya. Di dalam filosofi Jawa, candi juga memiliki fungsi sebagai tempat ruwatan raja yang sudah meninggal agar suci dan bisa menitis menjadi dewa kembali. Untuk menguatkan prinsip ruwatan tersebut juga di tembok candi dipahati dengan relief yang bermuatan cerita mengandung moral. Sesuai dengan prinsip tersebut, candi ini adalah tempat diruwatnya Anusapati, raja kedua Singosari.

Menurut dugaan, sebelum meninggal, Anusapati sempat berpesan agar kelak candi yang dibangun untuknya agar diberi relief Garudeya. Hal ini dilakukan untuk meruwat Ken Dedes, ibu yang begitu dicintainya tapi selalu menderita. Dia ingin ibunya suci kembali dan bebas dari duka nestapa.

Istimewanya Candi Kidal
Meskipun Candi Kidal ini kalah populer dibanding candi di sekitarnya, candi ini memiliki banyak hal menarik. Candi yang berdimensi geometris vertikal ini dibuat dari bahan batu andesit. Kesan ramping tampak pada candi ini karena luas kaki dan atap lebih lebar dibandingkan dengan badan candi. Kaki candi terlihat agak tinggi dengan tangga yang mirip tangga tipuan.

Pada bangunan candi ini terdapat kala (penjaga bangunan yang suci semacam candi) yang kepalanya dipahatkan di atas pintu masuk dan bilik candi. Hiasan di kepala kala terlihat agak menyeramkan dengan mulut terbuka dan bertaring disertai mata yang melotot. Taring pada kala tersebut adalah salah satu hal yang khas dari candi Jawa Timuran. Tugas kala sebagai penjaga candi lebih sempurna dengan sikap (mudra) jari tangan mengancam.

Relief Garuda
Ada tiga buah relief di kaki candi yang mengisahkan legenda Garuda atau Garudeya. Saat itu, cerita ini begitu populer di kalangan masyarakat Jawa dan beredar dalam bentuk kakawin. Cerita ini berisi kisah Garuda untuk melakukan pembebasan terhadap ibunya dari penderitaan perbudakan.

Candi Kidal

Pembacaan relief Garudeya ini memakai metode prasawiya (tidak searah dengan jarum jam) dengan dimulai dari arah selatan atau tangga sebelah kanan saat masuk ke candi. Di antara tiga relief, yang kedua adalah relief yang paling indah dan utuh. Relief yang pertama menampakkan sang Garuda di bawah tiga ular. Selanjutnya relief kedua tentang Garuda yang membawa kendi di kepala. Relief terakhir, Garudeya menggendong wanita.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour