Beranda >> info wisata >> Candi Singosari

Candi Singosari

Candi Singosari

Candi SingosariCandi Singosari atau Singhasari temple di Malang – Jawa Timur.
Candi Singosari memiliki beberapa varian nama yaitu Candi Singhasari atau Candi Singasari. Ada pula yang menyebutnya sebagai Candi Ken Dedes. Candi ini adalah candi yang bercorak campuran Hindu dan Budha. Sesuai namanya, candi ini merupakan peninggalan dari masa pemerintahan kerajaan Singosari.

Letak Candi Singosari
Candi Singosari ini ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur tepatnya di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari. Jika Anda ingin ke sini, lokasinya tidak susah untuk dijangkau. Jaraknya kurang lebih 11 km di sebelah utara pusat kota Malang.

Bangunan candi ini memiliki ketinggian 512 mdpl dan berdiri di lembah di antara Pegunungan Arjuna dan Pegunungan Tengger. Karena berada di ketinggian, daerah di kawasan ini cukup sejuk.

Fungsi Candi Singosari
Ada anggapan bahwa Candi ini merupakan makam raja terakhir Singosari, yaitu Raja Kertanegara. Akan tetapi para ahli meragukan dugaan ini. Menurut mereka, candi ini lebih dimungkinkan sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa.

Sejarah Candi Singosari
Candi ini oleh masyarakat sekitar juga disebut candi cungkup. Awalnya diberi nama Candi Menara, Candi Renggo, dan Candi Cella (karena memiliki 4 celah di tubuhnya). Hingga pada akhirnya, candi ini lebih sering disebut Singosari karena sesuai dengan letaknya.

Pada tahun 1803, Nicolaus Engelhard yang menjabat gubernur Pantai Timur Laut Jawa membuat laporan kepurbakalaan tentang reruntuhan candi. Dalam laporannya disebutkan bahwa ada reruntuhan candi di sebuah daerah tandus di Malang. Berselang dalam waktu lama, di tahun 1901 Komisi Arkeologi Belanda melakukan penggalian dan penelitian ulang. Departemen Survei Arkeologi Hindia Belanda Timur melakukan restorasi dari tahun 1934 hingga 1937. Sekarang banyak arca reruntuhan candi ini yang dimuseumkan di Leiden, Belanda.

Informasi tentang Singosari dapat diperoleh di kitab Pararaton (kitab raja), sebuah teks Jawa kuno dari abad ke-14. Candi yang dibangun di tahun 1304 ini dihiasi dari bawah sampai atasnya. Apabila Anda mencermatinya, hiasan candi ini tidak terselesaikan sepenuhnya. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa pembangunan yang belum sempurna ini ditinggalkan karena adanya perang, yaitu serangan dari Kerajaan Gelang-Gelang yang dipimpin Jayakatwang. Serangan di tahun 1292 ini menghancurkan Singosari.

Kerajaan Singosari sendiri didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222. Ken Arok ini pada awalnya adalah seorang rakyat biasa. Dia kemudian berhasil menikahi Ken Dedes dari Kerajaan Jenggala setelah berhasil membunuh suaminya. Ken Arok lalu menyerang Kediri dan berhasil menyatukan wilayah yang dipecahkan Raja Airlangga di tahun 1049.
Singosari tumbuh menjadi kerajaan yang kuat dan Berjaya. Singosari berhasil mengembangkan perdagangan di sepanjang pesisir Pulau Jawa dan juga mengembangkan pertanian yang subur di sepanjang aliran Sungai Brantas. Bahkan Kubilai Khan, kaisar Mongol mengirimkan utusan khusus ke Kerajaan Singosari untuk menuntut Raja Kertanegara agar memberikan keloyalan kepada Mongol. Akan tetapi Kertanegara tidak bersedia tunduk dan memulangkan salah satu utusan Kubilai Khan dalam keadaan terpotong telinganya.

Di tahun 1293, Kertanegara dibunuh Jayakatwang, raja bawahannya. Di saat Kertanegara sudah tewas, Kubilai Khan mengirim armada perang dan tidak mengetahui perihal ketiadaan Kertanegara. Raden Wijaya, menantu Kertanegara berhasil membujuk armada Kubilai Khan agar membunuh Jayakatwang. Namun pada akhirnya justru berbalik mengusir armada ini dari Pulau Jawa.

Sepeninggal mertuanya, Raden Wijaya pada tahun 1294 mendirikan kerajaan Majapahit di utara Singosari, tepatnya di daerah Porong. Di bawah pemerintahan Raden Wijaya, Majapahit mencapai keemasan. Kekuasaannya meliputi Indonesia sekarang ini bahkan sampai ke Thailand dan Malaysia.

Baca juga: Air Terjun Coban Tundo

Candi Singosari

Saat ini lokasi candi Singosari menjadi obyek wisata menarik yang dapat dinikmati. Tidak ada salahnya jika anda sedang menikmati liburan di wisata Batu Malang berkunjung sejenak di Candi singhasari sebagai peninggalan bersejarah.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.