Beranda >> info wisata >> Gunung Raung 3344 Mdpl, Jawa Timur

Gunung Raung 3344 Mdpl, Jawa Timur

Gunung Raung 3344 Mdpl, Jawa Timur

Gunung Raung 3344 Mdpl, Jawa Timur 4 Hal Yang Wajib Kamu Persiapkan Saat Mendaki Gunung Raung 3344 Mdpl.
Gunung Raung merupakan gunung yang terletak di ujung timur Pulau Jawa yang termasuk dalam tipe gunung berapi kerucut. Gunung ini terletak pada 3 wilayah kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. Gunung ini memiliki ketinggian 3.344 mdpl dan berada pada kompleks Pegunungan Ijen. Menjadi puncak tertinggi dalam kompleks pegunungan tersebut, Gunung Raung Jawa Timur merupakan gunung tertinggi setelah Gunung Semeru dan menjadi tempat tertinggi keempat di Pulau Jawa.

Baca juga:
– Pesona keindahan Kawah Gunung Ijen
Gunung Bromo, Jawa Timur

Kaldera kering pada gunung ini merupakan terbesar kedua di Indonesia dan menjadikan kaldera terbesar di Pulau Jawa. Gunung Raung memiliki 4 titik puncak yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati. Puncak Sejati merupakan puncak tertinggi diantara puncak yang lain. Pada jalur pendakian gunung ini tidak memiliki air dan berbatu sehingga perlu persiapan yang matang apabila kamu tertarik menaklukan gunung ini. Selain itu jalur yang curam dan bertebing membutuhkan kewaspadaan yang besar. Adapaun persiapan yang harus kami perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Persiapan Mental
Mental yang kuat haruslah kamu miliki dan persiapkan. Karena pada saat mendaki gunung ini banyak sekali rintangannya jadi jangan sampai kamu banyak mengeluh yang dapat membuat kamu stress. Karena itu kamu harus mengetahui kondisi dan karakteristik gunung ini, dengan membaca review ataupun cerita dari pendaki sebelumnya kamu dapat mendapatkan gambaran tentang rintangan pada Gunung Raung. Dan juga agar kamu tidak terkejut serta semakin banyak informasi yang didapat maka akan semakin baik.

2. Menyiapkan Fisik
Kegiatan mendaki gunung membutuhkan fisik yang kuat karena alam bebas pada dasarnya bukan habitat manusia sehingga memiliki keterbatasan. Agar tubuh kamu tidak lelah, sebelum mendaki gunung kamu harus berlatih kekuatan dan daya tahan tubuh dua bulan sebelum pendakian. Apalagi Gunung Raung memiliki jalur yang panjang dan memakan waktu 2 hari untuk mencapai puncak dan kembali menuju rumah. Ditambah lagi dengan jalur yang terjal dapat membuat 4 hari waktu perjalanan untuk dapat beristirahat dan menghemat tenaga. Setiap pendaki memiliki waktu tempuh yang berbeda menuju camp 7, ada yang 1 hari hingga 8 jam. Semua itu tergantung pada kuat atau tidaknya fisik kamu.

3. Mengurus Perizinan
Perizinan merupakan hal penting yang harus dipenuhi oleh setiap pendaki. Hal ini bertujuan untuk melindungi pendaki tersebut apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Apabila semua peralatan pendakian kamu lengkap, maka mengurus perizinan mendaki Gunung Raung akan menjadi mudah. Kamu dapat mengurus administrasi pendakian di basecamp Bu Seoto yang berada pada Desa Wonorejo. Desa ini merupakan desa terakhir yang berada di wilayah Gunung Raung bagian Kalibaru.

4. Persiapkan alat pendakian yang lengkap
Untuk mendaki Gunung Raung 3344 Mdpl, Jawa Timur kamu dapat menyediakan alat camping dan peralatan panjat. Karena pendakian untuk gunung ini berbeda dari gunung lainnya. Kamu membutuhkan skill yang cukup karena jalur gunung ini sangat ekstrim untuk mencapai Puncak Sejati. Jika kamu pemula maka kamu perlu menggunakan jasa guide atau membawa pendaki yang telah berpengalaman. Beberapa alat yang dapat kamu persiapkan selain alat camping adalah bekal selama 4 hari, air mineral di bawah 6 liter, alat panjat, dan lain-lain. Adapun barang tersebut jangan kamu remehkan dan barang bawaan tersebut sangat penting dari pada kamu membawa barang seadanya, walaupun beban kamu akan berat. Hal-hal ini wajib kamu persiapkan sebelum mendaki Gunung Raung.

Gunung Raung 3344 Mdpl, Jawa Timur

Nah, bagaimana tertarik dengan tantangan menaklukkan gunung Raung 3344 Mdpl ini, jika kamu punya nyali, siapkan dirimu untuk mengarungi pesona keindahan Gunung Raung 3344 Mdpl, Jawa Timur.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.