Beranda >> info wisata >> Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung_BromoGunung Bromo Probolinggo Jawa Timur Indoneisa dengan ketinggian 2.329 mdpl, Gunung Bromo atau Gunung Brahma adalah gunung Suci dan salah satu gunung dari beberapa gunung lainnya yang terhampar di kawasan Tengger. Gunung Bromo merupakan satu dari keindahan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS), berdiri diareal Kaldera berdiameter 8 – 10 km yang dinding kalderanya mengelilingi laut pasir sangat terjal dengan kemiringan 60 – 80 derajat dan tinggi berkisar antara 200 – 600 meter.

Kawasan Bromo juga terkenal dengan lautan pasir yang membentang luas 5.920 hektar, kalderanya, kawah yang membuat takjub, serta pesona matahari terbit yang eksotis. Harus diakui dari sekian banyak gunung berapi yang ada di Indonesia bisa dikatakan Gunung Bromo merupakan salah satu yang paling populer dan menjadi primadona banyak traveler dalam negeri maupun dari mancanegara.

5 Kelebihan Gunung Bromo yang Menarik
Gunung Bromo sudah menjadi salah satu tempat wisata yang ikonik di Jawa Timur karena pesona keindahannya yang luar biasa dan berwarna, dimana Anda akan menemukan sebuah pemandangan lautan pasir bak padang pasir di Sahara, padang savanna atau sering juga disebut bukit teletubies dan deretan pegunungan Bromo, Semeru, dan Batok yang akan membuat Anda takjub.

Berikut ini 5 kelebihan wisata Gunung Bromo yang membuatnya menjadi primadona para turis lokal dan mancanegara, yaitu :

  1. Penduduk Lokal yang ramah
    Dikawasan Gunung Bromo terdapat pemukian penduduk lokal yang disebut suku Tengger, mereka merupakan suku asli yang terkenal dengan keramahan, kehangatan dan murah senyum kepada pendatang asing. Mereka dengan sangat terbuka membantu memberikan informasi dan saran yang dapat membantu Anda dalam melakukan perjalanan wisata.
  2. Kawasan Gunung Bromo telah dilengkapi dengan fasilitas dan sarana yang cukup memadai
    Sudah tersedianya fasilitas dan sarana yang mendukung seperti penginapan, homestay, dan transportasi berupa Jeep atau kuda yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi keindahan kawasan Gunung Bromo.
  3. Akses yang mudah dan murah
    Akses transportasi untuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru cukup mudah banyak. Anda bisa masuk melalui 4 pintu masuk yaitu dari Desa Wonkitri di Pasuruan, Desa Burno di Lumajang, Desa Cemorolawang di Probolinggo, atau Desa Ngadas Tumpang (Malang). Anda bisa menggunakan angkutan kota yang biayanya relatif terjangkau untuk menuju kawasan Gunung Bromo.
  4. Fenomena sunset terindah dan asap putih kawah Gunung Bromo
    Rasa lelah saat berusaha mencapai puncak Gunung Bromo, akan terbayar dengan pesona pemandangan matahari terbit (sunrise) yang fenomenal. Setelah puas melihat dan mengabadikan momen sunrise Anda akan dibuat takjub kembali saat melanjutkan perjalanan di kaki Gunung Bromo, dan menaiki anak tangga berjumlah sekitar 250, karena Anda akan disambut dengan semburan asap putih yang tebal dari kawah Gunung Bromo.
  5. Upacara adat sebagai kearifkan lokal budaya bangsa
    Selain terpesona dan takjub dengan keindahan alam yang ada dikawasan Gunung Bromo, bila beruntung Anda juga dapat menyaksikan kearifan lokal tradisi penduduk setempat pada hari-hari tertentu, dimana suku Tengger mengadakan Upacara Kasodo yang merupakan upacara adat yang dilakukan untuk memohon panen melimbah, tolak bala, serta kesembuhan atas berbagai penyakit. Suku Tengger biasanya akan mempersiapkan beragam sesaji untuk kemudian di lemparkan ke arah kawah Gunung Bromo.

Sejarah Terbentuknya Gunung Bromo 2.329m dpl.
Menurut sejarah terbentuknya Gunung Bromo dan lautan pasir berawal dari dua gunung yang saling berimpitan satu sama lain. Gunung Tengger dengan ketinggian 4.000 Mdpl (meter dari permukaan laut), yang merupakan gunung terbesar dan tertinggi pada waktu itu. Kemudian terjadi letusan dahsyat yang menciptakan kaldera dengan diameter lebih dari 8 kilometer. Karena dalamnya kaldera, materi vulkanik letusan lanjutan tertumpuk di dalam dan sekarang menjadi lautan pasir dan di duga dulu kala pernah terisi oleh air dan kemudian aktivitas lanjutan adalah munculnya lorong magma ditengah kaldera sehingga muncul gunung – gunung baru antara lain Gunung Widodaren, Gunung watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo.

Rekomendasi trip:
Paket Wisata Bromo 2 hari 1 malam
– Paket Tour Wisata Bromo Pulau Sempu

Komplek Pegunungan di kawasan Gunung Bromo Sukapura Cemoro Lawang.
Gunung Bromo termasuk bagian salah satu gunung yang berada di Komplek Pegunungan Tengger. Pada hamparan pasir yang sangat luas dengan gunung – gunung di tengahnya yaitu:

– Gunung Bromo ( 2.392 mdpl ),
– G. Batok ( 2.440 mdpl ),
– G. Widodaren ( 2.614 mdpl ),
– G. Watangan ( 2.601 mdpl ) dan G. kursi ( 2.581 mdpl ).

Sedangkan untuk dinding kaldera yang mengelilingi lautan pasir sangat terjal dengan kemiringan ±60-80 derajat dan tinggi berkisar antara 200 – 600 meter. Di keliling kaldera Tengger terdapat beberapa gunung diantaranya adalah:

– Gunung Penanjakan ( 2.770 mdpl.),
– G. Cemorolawang,
– G. Lingker ( 2.278 mdpl.),
– G. Pundak Lembu ( 2.635 mdpl.),
– G Jantur ( 2.705 mdpl.),
– G.Ider-ider ( 2.527 mdpl.) serta G.Mungal ( 2.480 mdpl.).

Waktu Terbaik Berwisata di Kawasan Gunung Bromo
Meskipun keindahan kawasan Gunung Bromo bisa dinikmati kapan saja, namun waktu terbaik untuk bisa melihat keindahan panorama yang fenomenal dengan maksimal adalah bulan Mei – Oktober atau disaat musim kemarau, karena Anda bisa menikmati perjalanan yang lebih aman dan menikmati sunrise yang sempurna.

Gunung Bromo

Keramahan penduduk lokal, kemudahan akses transportasi, fasilitas, dan kemudahan mendapatkan informasi tentang Gunung Bromo membuat Anda yang mungkin baru pertama kali ke tempat ini tidak akan mengalami kesulitan yang berarti, namun bila Anda menginginkan perjalanan yang lebih teratur dan aman, ada banyak pilihan paket tour Bromo yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour