Beranda >> info wisata >> Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran Situbondo

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran Situbondo

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran Situbondo

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran SitubondoHarga Tiket Masuk Taman Wisata Baluran dan Seluk-Beluknya.
Harga tiket masuk taman Nasional Baluran Situbondo berbeda antara wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Bagi yang suka travelling, Taman Nasional Baluran ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata. Taman Nasional Baluran terletak di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur dengan luas 25.000 ha.

Sejarah Taman Nasional Baluran
Seorang pemburu asal Belanda bernama AH. Loedeboer memiliki perkebunan di Gunung Mesingit dan Labuhan Merak sejak sebelum tahun 1928. Loedeboer memiliki perhatian khusus terhadap hewan mamalia besar di Baluran dan menurutnya perlu dilakukan perlindungan terhadap satwa tersebut. Kemudian pada tahun 1930, Direktur Kebun Raya Bogor yang sewaktu itu dijabat oleh KW. Dammerman mengusulkan Baluran sebagai hutan lindung. Tujuh tahun berselang, Baluran sebagai suaka margasatwa ditetapkan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang menjabat. Setelah masa kemerdekaan, tahun 1962, Baluran sebagai suaka margasatwa ditetapkan kembali oleh Menteri Pertanian dan Agraria RI. Perubahan Suaka Margasatwa Baluran menjadi Taman Nasional Baluran terjadi pada tanggal 6 Maret 1980 yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian.

Obyek wisata yang ditawarkan oleh Taman Nasional Baluran cukup unik karena memiliki beragam flora, fauna, dan ekosistem. Kita bisa mendapatkan kombinasi wisata pegunungan, laut, savana, serta aneka satwa dan tumbuhan yang berada dalam sistem ekosistemnya. Bagi yang suka berpetualang alam, Taman Nasional ini menjadi paket komplit dalam satu tempat wisata.

Baca juga:
– Rute dan Akses Jalan Menuju Taman Wisata Baluran
– Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Fasilitas Akomodasi di Taman Nasional Baluran
Wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran tidak hanya dari domestik, tetapi juga dari mancanegara. Tidak semua wisatawan domestik berasal dari daerah sekitar Taman Nasional Baluran, namun juga berasal dari luar kota maupun luar provinsi. Apalagi bagi para pengunjung yang memang tujuan kesana untuk penelitian, tentu butuh waktu berhari-hari untuk tinggal di sana. Oleh karena itu, fasilitas penginapan menjadi salah satu hal yang penting. Hal ini tidak menjadi masalah bagi wisatawan yang berkunjung di sana karena sudah ada penginapan yang disediakan.

Kita tinggal memillih harga penginapan sesuai dengan kantong kita. Untuk area Savana Bekol, ada 3 wisma yang disediakan. Wisma Rusa dengan tarif Rp 100.000/kamar yang dapat digunakan untuk 2 orang, Wisma Merak dengan biaya Rp 150.000/kamar bisa dipakai 2 orang juga, dan Wisma Banteng dengan harga Rp 400.000/wisma dapat dihuni oleh 4 orang. Untuk area Pantai Bama hanya ada 1 penginanan yaitu Wisma Pilang. Tarifnya Rp 200.000/wisma dan bisa ditempati oleh 2 orang.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran
Saat pergi ke suatu obyek wisata salah satu hal yang kita butuhkan adalah tiket. Bagaimana kita bisa menikmati keindahan obyek wisata tersebut kalau tiket saja tidak punya? Tentunya kita tidak bakalan bisa masuk kawasan wisata tersebut. Harga tiket masuk taman nasional Baluran Situbondo ini tergolong murah bagi pelancong domestik, namun harganya menjadi 10 kali lipat bahkan lebih kalau hari libur bagi pelancong mancanegara. Pembagian tarifnya adalah sebagai berikut:

• Hari Kerja
Wisatawan domestik Rp 15.000/hari, wisatawan mancanegara Rp 150.000/hari, rombongan pelajar/mahasiswa Rp 8.000/hari, sepeda motor (roda 2) Rp 5.000/unit/hari, mobil (roda 4) Rp 10.000/unit/hari, dan minibus/truk (roda 6) Rp 50.000/unit/hari.

• Hari Libur
Wisatawan domestik Rp 17.500/hari, wisatawan mancanegara Rp 225.000/hari, rombongan pelajar/mahasiswa Rp 9.500/hari, sepeda motor (roda 2) Rp 7.500/unit/hari, mobil (roda 4) Rp 15.000/unit/hari, dan minibus/truk (roda 6) Rp 75.000/unit/hari.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran Situbondo

Sebagai wisatawan domestik, kita tentunya sangat diuntungkan dengan murahnya harga tiket masuk taman Nasional Baluran Situbondo.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour