Beranda >> info wisata >> Ijen Boulevard Malang

Ijen Boulevard Malang

Ijen Boulevard Malang

Ijen Boulevard MalangMenyusuri Keindahan Ijen Boulevard Malang.
Pesona keindahan Ijen Boulevard Malang – Di Jawa Timur, Malang adalah salah satu kota yang menjadi kebanggaan. Di Malang ini ada sebuah jalan yang begitu terkenal, namanya Ijen Boulevard. Ada taman yang asri dan indah di tengah jalan ini yang juga berfungsi sebagai pemisah jalan. Daerah Jalan Ijen ini memiliki cerita yang menarik untuk ditelusuri.

Sejarah Ijen Boulevard Malang
Walikota Ir. EA Voonerman (1923-1933) dengan dibantu Ir. Herman Thomas Karsten membangun kota Malang dengan cepat. Voonerman membuat boulevard menjadi bangunan mewah. Apabila biasanya perumahan Hindia Belanda membagi kawasan perumahan dengan dasar ras (Cina, Eropa, pribumi), di kota ini hal itu tidak dilakukan.

Kota ini diaplikasikan dari konsep Totalbeeld. Karsten ingin kota Malang menunjukkan wajah yang bisa menyerasikan banyak golongan. Pembuatan rumah warga didasarkan pada bentuk vila, rumah kecil, dan kampung. Salah satu yang dibangun adalah Vila Ijen Boulevard. Di zaman pemerintahan Karsten, kota Malang ini tampak rapi dan bersih.
Perencanaan pembangunan kota Malang yang ditangani oleh Karsten diorientasikan untuk 25 tahun depan, artinya hingga tahun 1960 (sejak tahun 1935). Daerah elit saat itu disebut sebagai Bergenbuurt (daerah gunung-gunung) karena jalan-jalannya memakai nama gunung seperti Bromostraat (Jalan Bromo) dan Smeroestraat (Jalan Semeru).

Pemerintah kolonial memang sangat memeperhatikan tata ruang. Keadaan tata ruang yang baik memang berdampak positif kepada hal-hal yang lainnya, semacam mobilitas penduduk yang lancar serta berimbas baik pada kesehatan penduduknya.

Baca juga: Monumen Tugu Malang

Suasana Ijen Boulevard Malang
Jalan Ijen di Malang menjadi sebuah tempat yang menarik baik untuk dikunjungi maupun untuk sekadar dilewati. Ketika mampir ke sini, para wisatawan bisa mengabadikan momen karena ada beberapa spot yang bisa digunakan untuk berfoto maupun istirahat.

Taman yang ada di Jalan Ijen Boulevard Malang ini dibangun untuk membatasi rumah dengan jalur pejalan kaki. Antara jalur pejalan kaki dengan jalan juga ditanami pohon-pohon palem. Akses jalan ke sekitar seperti Jalan Kawi, Semeru, Salak (sekarang jalan Pahlawan Trip) juga cukup mudah.

Beberapa rumah di Jalan Ijen dibangun dengan tipe vila. Dalam bangunan ini biasanya hanya ada satu lantai dengan langit-langit yang lumayan curam dan tinggi. Pembangunan yang seperti ini dikarenakan cuaca Malang yang sejuk dan bercurah hujan tinggi.

Salah satu spot yang menarik untuk berfoto di jalan ini adalah kawasan di sekitar gereja yang berada di sudut jalan Ijen Boulevard Malang dengan Guntur dan Buring. Keindahan yang ada di kota ini salah satunya karena perencanaan tata kota yang indah dari peninggalan masa pemerintahan Belanda. Di zaman dulu, kawasan Ijen ini pernah disebut sebagai daerah yang paling cantik pada masanya.

Seiring berjalannya waktu, jalan ini juga mengalami banyak perubahan. Perubahan yang paling terasa adalah perubahan bentuk rumah serta lalu lalang kendaraan yang semakin bertambah jumlahnya. Akan tetapi tetap saja semua itu tidak melunturkan keindahan yang dimiliki kawasan Ijen.

Ijen Boulevard Malang

Di bulan-bulan terakhir setiap tahunnya, di kota ini ada sebuah tempat yang biasa digunakan untuk kegiatan wisata Malang yaitu Malang Tempo Doloe atau Malang Kembali. Event ini dilaksanakan menjelang ulang tahun kota Malang pada tanggal 1 April. Saat event ini digelar selama satu Minggu, jalan ditutup untuk semua jenis kendaran mulai dari Bundaran Simpang Balapan hingga ujung Jalan Kawi. Acara-acara yang ditawarkan adalah acara hiburan dan juga beberapa bernuansa tempo dulu dan tradisional semacam layar tancap dokumenter, jajanan pasar, dan mainan anak, arsip dokumentari, lomba puisi dan anak tempo dulu, panggung hiburan tradisonal, dan masih banyak lagi.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.