Beranda >> gunung bromo >> Jeep Bromo | Bromo Hardtop

Jeep Bromo | Bromo Hardtop

Jeep Bromo

Jeep BromoJeep Bromo | Bromo Hardtop atau Bromo Jeep, Kendaraan yang bernama Jeep atau Hardtop telah menjadi kendaraan pilihan para petualang lebih dari 50 tahun. kenapa harus Jeep, berikut akan kami ungkap sedikit sejarah dari kendaraan Jeep dari awal mula hingga menjadi bernama Wrangler (TJ), dan beserta beberapa evolusi dari Kendaraan Serbaguna Willys 1946 menjadi kendaraan yang kini kita sebut sebagai Cherokee dan Grand Cherokee.

Sejak, Perang Dunia I, Angkatan Bersenjata AS telah mencari kendaraan yang cepat, ringan, dan mampu digunakan pada setiap medan. Di awal 1940, beberapa hal menjadi sangat penting seiring poros kekuasaan (Sekutu) mulai meraih kemenangan di Eropa dan Afrika Utara dan mendorong kepentingan untuk membuat kendaraan sebagai salah satu prioritas utama. Angkatan Bersenjata AS mulai memanggil para pembuat kendaraan untuk membuat purwarupa kendaraan tersebut dalam hanya 49 hari, tetapi ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi.

Persyaratan awal dari pemerintah pada saat itu adalah:

  1. Berat kendaraan: sekitar 590 kg (yang kemudian adalah suatu hal yang mustahil, dan kemudian di revisi menjadi 980 kg)
  2. Kemudi empat roda
  3. Mesin (tenaga): torsi 85 pon-kaki
  4. Jarak sumbu roda: tidak lebih dari 2.1 meter
  5. Lebar sumbu roda: tidak lebih dari 1,2 meter
  6. Tinggi dari permukaan: minimum 16 cm
  7. Beban angkut: 280 kg
  8. Sistem pendingin: Mampu bertahan di putaran rendah tanpa menimbulkan panas berlebih

The Bantam Car Company sebuah nama perusaha’an terkemuka yang telah lama dikenal menjadi pemasok kendaraan kepada Angkatan bersenjata, dan Willys-Overland, hanya kedua perusahaan tersebut yang merespon permintaan Angkatan Bersenjata, meskipun lebih dari 130 perusahaan telah diundang untuk menjawab tantangan tersebut. Tenggat waktu 49 hari adalah masalah yang pelik, bagaimanapun, dan Willys-Overland meminta kelonggaran waktu untuk mencari bantuan tambahan dari pihak luar.

Penyelamat Bantam adalah Karl Probst, (Karl Probst is in the passenger seat, and Bantam manager Harold Crist is in the drivers seat of Bantam Prototype) seorang insinyur Detroit yang telah bekerja di beberapa perusahaan otomotif. Didaftarkan oleh kepala Komite Penasehat Pertahanan Nasional.

William S. Knudsen (mantan presiden dari General Motors), Probst menerima tantangan patriotik tanpa digaji dan mulai bekerja pada 17 Juli, 1940. Dalam hanya dua hari dia telah meyelesaikan rancangan purwarupa Bantam, cikal bakal dari Jeep. Tawaran Bantam diajukan dengan rancangan lengkap dari kendaraan baru ini. Tawaran ini menyatakan batas berat maksimum dari 980 kg, walaupun sebenarnya lebih dari itu.
Purwarupa pertama Bantam yang dibuat oleh tangan rampung dan mulai diujicobakan pada 21 September 1940, sesuai dengan tenggat waktu 49 hari. Angkatan bersenjata mengujicobakan kendaraan ini dalam berbagai ujicoba, mengendarai Kendaraan Jeep bantam lebih dari 3400 mil, dan 250 mil diantaranya bukan jalan beraspal. Para penguji akhirnya menyatakan, “Kendaraan ini telah menunjukkan kekuatan yang bagus dan segala persyaratan yang ada”.

Pada akhirnya, Willys dan Ford mengajukan rancangan mereka berdasarkan rancangan Bantam yang diajukan ke Angkatan Bersenjata. Willys dengan QUAD dan Ford dengan PYGMY sebagai purwarupanya dengan penambahan dan modifikasi terhadap model yang diajukan oleh Bantam. Salah satu contohnya, purwarupa QUAD milik Willys yang melebihi batas berat, karena bagian tambahan terhadap mesinnya yang bertenaga. Hal ini merupakan nilai tambah bagi Willys ketika batas berat terlampaui: kekuatan yang ada pada Willys – ditenagai oleh “Go Devil” – adalah satu-satunya yang sesuai dengan persyaratan Angkatan bersenjata dalam hal tenaga. Kenyataannya torsi 105 pon-kaki milik Willys telah membuat kerdil 83 pon-kaki milik Bantam dan 85 pon-kaki milik Ford.

Dalam proses perakitan Bantam dalam keadaan yang tidak stabil dengan kondisi keuangan mereka, dan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Willys, mengakibatkan kontrak diberikan kepada Willys. Semenjak Departemen Perang memerlukan sejumlah besar kendaraan untuk diproduksi dalam waktu yang singkat (sangat), Willys-Overland diberikan kewenangan khusus oleh Pemerintah AS untuk menunjuk perusahaan lain memproduksi kendaraan sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki Willys. Dengan hak khusus ini, Willys menunjuk Ford Motor Co. untuk memproduksi kendaraan sesuai dengan spesifikasi Willys.

Meskipun tak ada kepastian, setiap orang memiliki teori sendiri mengenai bagaimana Willys QUAD dinamakan Jeep.
Beberapa orang menyatakan bahwa nama Jeep diambil dari penyebutan singkatan GP untuk General Purpose, yang diberikan Angkatan bersenjata untuk menamakan kendaraan baru mereka.

Yang lainnya menyatakan nama Jeep diambil dari karakter “Eugene the Jeep” dalam komik strip Popeye karangan EC Edgar. Eugene the Jeep adalah binatang yang kecil yang memiliki kemampuan berpergian di antara dimensi dan mampu menyelesaikan segala macam masalah.

Kemudian, versi lainnya adalah dari pengujicoba Willys-Overland model pertama, Irving “red” Haussman yang menamakan Jeep sesuai dengan sebutan para prajurit yang ada di Kamp Holabird. Tak lama kemudian, Red memberikan demonstrasinya di depan beberapa khalayak umum di Washington DC. Di antara kelompok itu, Katherine Hillyer, seorang reporter untuk Washington daily menulis artikel mengenai kendaraan tersebut yang diterbitkan pada Februari 1941 dengan foto dan judulnya, “Jeep Creeps Up Capitol Steps”. Ini mungkin awal dari terkenalnya nama Jeep oleh Media.

Apapun asal muasal nama Jeep, merek Jeep sebagai kendaran telah menjadi merek yang dikenal di seantero dunia. Pada 1950, Willys menerima Daftar Merek dagang Amerika serikat untuk merek Jeep, yang juga terdaftar secara internasional, dan telah dialihkan dari Willys-Overland ke Kaiser dan kemudian American Motors Corporation, dan baru-baru ini ke Chrysler Corporation yang memiliki 1.100 registrasi hak merek dagang di seluruh dunia.

CJ-2A dan station-wagon dari logam pertama adalah permulaan dari lini Jeep, yang kini menjadi Wrangler dan Cherokee.

Begitulah sedikit sejarah singkat tentang Jeep, adapun hingga sa’at ini Jeep tetap populer bagi para pecinta petualang dan bentuk dan jenis dari Jeep itu sendiri bermacam-macam.

Jeep Bromo adalah tranport umum yang di gunakan para wisatawan untuk menjelajahi Bromo, Jeep Bromo sendiri kebanyakan yang di gunakan oleh suku tengger sendiri adalah kebanyakan Toyota Land Cruiser 1951, Jeep tua sih tapi masih di gunakan dengan baik, dari tahun ke tahun. Jika anda pernah ber wisata ke Gunung Bromo pastinya anda pernah merasakan sensasi menaiki Jeep atau Hardtop Bromo yang sudah cukup tua ini, tapi kepuaasan yang di dapat berpetualan di Bromo ini sangat luar biasa sekali.

Untuk menikmati petualangan langsung di gunung Bromo kita tidak bisa menggunakan Jeep sendiri, karena Jeep bromo sendiri sudah di atur dalam paguyuban desa setempat, jadi jika kita ingin menikmati obyek indahnya Bromo kita harus menyewa langsung Jeep di Bromo. bagaimana caranya, anda bisa datang langsung ke gunung Bromo dan bertanya kepada masyarakat suku tengger mengenai sewa Jeep Bromo atau anda bisa menguunakan Jasa Sewa Jeep Bromo via online.

Jeep Bromo

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour