Beranda >> info wisata >> Kabupaten Situbondo dan Tempat Wisata Populer

Kabupaten Situbondo dan Tempat Wisata Populer

Kabupaten Situbondo dan Tempat Wisata Populer

6 Tempat Wisata Populer di Kabupaten Situbondo Yang Wajib Dalam List
Kabupaten Situbondo dan tempat wisatanya adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan budaya dan tempat wisatanya termasuk kabupaten ini. Kabupaten Situbondo merupakan kabupaten di Jawa Timur.

Kabupaten Situbondo Jawa Timur ini terletak pada pesisir utara pulau Jawa yang dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, dan usaha perikanan. Dan kabupaten ini juga terletak di jalur transportasi penghubung pulau Jawa dan Bali. Tak heran jika destinasi yang ditawarkan oleh tempat ini cukup menarik, tidak hanya tempat wisata yang berbau hutan tetapi tempat wisata yang berbau bahari dan perkebunan. Tak ketinggalan wisata sejarah dan wisata religi dapat kamu kunjungi. Jadi sangat disayangkan jika kamu tidak berkunjung ke tempat ini.

Baca juga:
– Kabupaten Bondowoso Jawa Timur
Daftar Hotel dan Penginapan di kawasan Ijen Banyuwangi

Adapun 6 obyek wisata yang dapat anda kunjungi selama liburan di kabupaten Situbondo Jawa Timur Indonesia ini adalah sebagai berikut:

1. Pantai Pathek Situbondo
Pantai merupakan tempat yang sangat sayang dilewatkan. Pantai antara satu daerah dengan daerah yang lain memang berbeda, salah satunya Pantai Pathek. Terletak sekitar 5km dari utara Situbondo, pantai ini terkenal dengan kealamiannya karena masih jarang dikunjungi. Tempat ini sangat cocok untuk melihat jingganya sunset pada sore hari. Ditambah lagi tempat ini sangat asri, pantai ini juga menjadi saksi bisu sejarah pembangunan jalan Anyer-Panarukan pada zaman Belanda. Pantai ini terletak di kawasan Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo

2. Pelabuhan jangkar
Pelabuhan ini tidak hanya digunakan untuk aktivitas ekonomi tetapi juga memiliki potensi wisata yang besar. Pelabuhan ini termasuk dalam pelabuhan utama di Situbondo, daya tarik pada pelabuhan ini adalah gayanya yang tradisonal di masa modern ini. Di pelabuhan ini kamu dapat memancing, berenang, menyusuri pinggir pantai, atau berlayar ke Madura. Pelabuhan ini merupakan tempat pemberhentiaan kapal tujuan Madura. Pelabuhan ini terletak 35 km arah Timur kota Situbondo, lebih tepatnya terletak di Kecamatan Asembagus.

3. Air terjun setancak
Nama air terjun Setancak diambil dari bahasa Madura yang berarti air yang memancar. Hal ini menggambarkan asal usal dari air terjun ini yang tiba-tiba keluar dari dalam tanah. Air ini mempunyai lebar 10 meter dan tinggi kurang lebih 8 meter. Selain menawarkan keindahan pemandangan air terjun dan hutannya, di tempat ini kamu dapat melihat burung Walet yang terbang di sekitar air terjun. Menurut legenda, air terjun Setancak merupakan tempat pemandian burung walet.

4. Pabrik gula olean
Pabrik ini berdiri pada masa kolonial Belanda yang hingga saat ini masih beroperasi. Pabrik ini satu-satunya pabrik gula yang beroperasi dari 4 pabrik gula peninggalan kolonial Belanda di Kabupaten Situbondo. Pabrik ini didirikan pada tahun 1846 dan merupakan pabrik gula tertua. Sistem operasionalnya juga menggunakan mesin uap, sehingga tak heran jika pabrik ini diusulkan menjadi salah satu warisan dunia. Lokasi pabrik ini terletak 3 km dari pusat kota Situbondo.

5. Perkebunan kopi Kayumas
Terletak 47 km dari pusat kota Situbondo, kebun kopi ini berdiri di wilayah Kecamatan Arjasa di ketinggian 760-1550 mdpl. Perkebunan kopi ini awalnya perkebunan kopi arabika dan kina yang bernama NV Mijt pada tahun 1886. Pada tahun 1957 kebun kopi ini berubah nama menjadi Van Landem Kayumas. Dan setahun kemudian perkebunan kopi ini menjadi Pusat Perkebunan Negara Baru. Selain menjadi penyumbang utama komoditas kopi arabika, perkebunan kopi ini mulai mengeluarkan produk kopi luwak. Dan semu ini merupakan daerah Kabupaten Situbondo dan tempat wisata.

6. Taman wisata nasional Baluran
Obyek wisata ini adalah tempat wisata menarik yang paling populer di antara yang lainnya, karena di tempat ini anda akan tidak hanya disuguhkan oleh pemandangan alam berupa padang rumput savana namun sebuah pantai yang indah yaitu pantai Bama serta beberapa hewan liar akan anda temukan di sini. Jika anda sedang liburan ke kawasan Situbondo jangan lupa untuk mampir ke tempat ini.

Kabupaten Situbondo dan Tempat Wisata Populer

Demikianlah informasi tentang beberapa tempat wisata populer di kabupaten Situbondo yang perlu anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca dan pecinta wisata.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour