Beranda >> info wisata >> Legenda Terbentuknya Gunung Semeru

Legenda Terbentuknya Gunung Semeru

Legenda Terbentuknya Gunung Semeru

Legenda Terbentuknya Gunung SemeruLegenda terbentuknya gunung Semeru, Gunung semeru merupakan salah satu gunung yang menjadi potret keindahan gunung berapi di Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676m dpl ini menjadi sebuah gunung tertinggi di pulau jawa, tidak hanya itu, pesona keindahan gunung semeru di mata dunia memang sangat luar biasa. gunung Semeru sendiri sudah terbentuk sejak berjuta-juta abad yang lalu, dimana hal ini masih menjadi misteri tentang terbentuknya gunung Semeru.

Menurut kitab tantu Pagelaran abad ke 15, gunung Semeru sendiri terbentuk dari kisah pulau Jawa yang terayun-ayun di samudera hindia dan para dewa ingin menyelamatkan pulau jawa, dari hal tersebut dewa mengingkan pulau jawa tenang dan stabil dengan memaku pulau jawa di samudera hindia, maka dari itu gunung meru yang berada di India dipindahkan oleh para dewa menuju pulau jawa dan meletakkan gunung meru di barat pulau jawa, karena gunung meru terlalu berat dan pulau jawa menjadi oleng dan tidak seimbang maka para dewa memindahkan gunung meru ke bagian timur, walaupun sudah dipindah ke bagian timur tetapi pulau jawa masih miring dan belum seimbang, maka dari itu para dewa memotong sedikit gunung Meru kemudian meletakkannya di bagian barat laut. Dari potongan tersebut membentuk gunung baru yang disebut dengan gunung Pananggungan sedangkan bagian utama dari gunung Meru kini dikenal dengan gunung Semeru dengan puncah Mahameru.

Tetapi ada kisah yang panjang dan menarik dari gunung Semeru atau lebih dikenal dengan gunung Mahameru itu, kisah tersebut diambil dari kitab India yang bernama barathawarsa yang menceritakan kisah panjang mengenai legenda terbentuknya gunung Semeru.

Konon pada saat itu pulau jawa yang masih belum berpenghuni selalu mengalami gempa yang dasyat dan mengalami goncangan yang kuat, dari goncangan tersebut pulau jawa mengalami banyak perpindahan tempat hingga terayun-ayun di pulau samudera hindia. Dari hal tersebut apabila dibiarkan pulau jawa tidak akan ada penghuninya sehingga para dewa berbondong-bondong menuju Bathara Guru untuk meminta solusi mengenai pulau Jawa.

Dewa Wisnu berkata kepada Bathara Guru mengenai pulau Jawa, “sampai saat ini pulau Jawa masih tergoncang Bathara Guru, apabila hal ini tidak teratasi maka pulau Jawa tidak dapat ditempati, mohon Pukulan (tuan) memikirnya.” Melihat hal tersebut terjadi maka Bathara Guru memikirkan hal yang cukup keras dan memikirkan hal tersebut, oleh karena itu Bathara Guru akhirnya memuuskan sesuatu dan Ia pun bersabda “satu-satunya untuk membuat pulau Jawa tidak goyang dan kokoh yaitu dengan pasak, maka dari itu pergilah engkau ke Jampudipa (India) untuk memotong gunung Mandara separuhnya dan ambilah puncah Mahameru untuk memotongnya. Ambilah puncak Mahameru untuk dijadikan pasak di pulau jawa.” Para dewa pun memberikan jawaban untuk Bathara Guru “mohon ampun Bathara Guru, gunung Mandara itu memiliki ukuran yang besar dengan puncak menjulang yang tingginya mencapai langit, apakah dari kami ada yang dapat meraihnya Bathara Guru?.” Maka Bahara Gurupun memberikan solusi serta jawaban “sebesar apapun dan seberat apapun suatu pekerjaan akan terasa mudah apabila dikerjakan secara bersama-sama, maka dari itu pergilah kalian ke sana dan angkatlah puncak Mahameru secara bersama-sama.’’ Perintah dari Bathara Guru.

Legenda Terbentuknya Gunung Semeru

Untuk itu seluruh dewa bersama-sama mengerahkan kekuatan untuk mengangkat gunung Mandara yang berada di India dan puncak Mahameru dipindahkan ke pulau Jawa agar pulau jawa senantiasa kokoh dan menjadi tidak goncang, dari beberapa gunung Mahameru tetapi puncaknya dibagi-bagi di bagian pulau Jawa untuk memaku pulau Jawa agar tidak goncang kembali. Itulah legenda terbentuknya gunung Semeru, percaya tidak percaya tergantung dengan keyakinan kalian, tetapi legenda adalah suatu sejarah dan budaya dari suatu tempat yang patut dihormati.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.