Beranda >> info wisata >> Legenda Tersembunyi dari Sungai Pekalen

Legenda Tersembunyi dari Sungai Pekalen

Legenda Tersembunyi dari Sungai Pekalen

Legenda Tersembunyi dari Sungai PekalenSungai Pekalen, salah satu sungai yang menawarkan pemandangan alam indah serta nuansa eksotis yang tidak bisa dilewatkan para petualang. Sungai Pekalen menjadi objek wisata yang sangat terkenal di wilayah Jawa Trimur, karena sungai ini terletak di Gendang Tiris, Kabupaten Probolinggo. Banyak wisatawan atau pelancong yang datang ke sini untuk merasakan sensasi mengarungi derasnya sungai pekalen baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Pada umumnya memang yang datang ke objhek wisata ini adalah rafter.

Tetapi tahukah Anda bahwa tempat yang sudah menjadi primadona ini menyimpan legenda di balik keindahannya? Kali ini kami akan mengulas tentang Legenda Tersembunyi dari Sungai Pekalen.

Legenda Menarik di balik Sungai Pekalen yang Eksotis
Sungai Pekalen, khususnya Sungai Pekalen Bawah sering di kenal sebgai Sungai Bersejarah. Menurut legenda yang berkembang, terdapat dua cerita/kisah yang muncul di balik keberadaan sungai pekalen. Kisah yang pertama ialah tentang perjalanan seorang Prabu Hayam Wuruk bersama Gadjah Mada menyusuri kepulaaun Jawa terutama di tempat-tempat eksotis. Beberapa tempat yang di empat dikunjungi seperti air terjun Madakaripura, beberapa tempat di Probolinggo; Bremi, Tongas, Jabung, Binor, Pajarakan, Borang, Sagara (Segaran), Gending, Ketompen, dan lain-lain.

Sedangkan Sungai Pekalen sendiri, konon menjadi tempat favorit dari Gadjah Madah. Sungai ini diperkirakan menjadi tempat mandi Songa. Legenda kedua adalah tentang kisah Ratu Dewi Rengganis yang juga konon pernah singgah dan mendirikan istana di pinggiran sungai ini, sebelum akhirnya pergi melarikan diri ke Gunung Argopuro.

Legenda yang Erat Hubungannya dengan Sungai Pekalen.
Mengunjungi tanah Probolinggo sekarang ini memang rasanya seperti kembali ke masa perjalanan Hayam Wuruk sekitar 500 tahun yang lalu. Menurut kisah yang berkembang di masyarakat bahwa tidak lama setelah Mahapatih Gajdha Mada berhasil menyatukan wilayah-wilayah di Nusantara (sekitar tahun 1357 Masehi), Raja Hayam Wuruk lah yang menjadi saksi pertama tentang bagaimana pesona dan keindahan dari alam Probolinggo.

Oleh karena terpesona dan kagum dengan keindahan panorama yang ada di Probolinggo tersebut, Hayam Wuurk pun konon menghabiskan waktu sedikit lebih lama dari biasanya di situ. Akhirnya lokasi yang jadi tempat menghabiskan waktu senggang oleh Hayam Wuruk tersebut lebih dikenal sebagai prabu linggih. Prabu Linggih inilah yang lama kelamaan mengalami perubahan nama menjadi Probolinggo.

Sementara itu di sungai pekalen yang sering di jadikan arena rafting memiliki starting point yang konon adalah lokasi pemandian dari Mahapati Gadjah Mada.

Lokasi dari Sungai Pekalen sendiri ialah berada kurang lebih 25 Km dari pusat kota Probolinggo. Tepatnya membentang dan diapit oleh 3 kecamatan; Tiris, Maron dan Gading. Panjang total dari Sungai Pekalen yang menjadi arena arung jeram ialah kurang lebih 29 Km. Panjang dari sungai tersebut dibagi menjadi tiga area.

Sungai Pekalen memiliki karakter yang bertebing-tebing dan bekelok-kelok. Di sisi-sisi sungai ini tersuguhkan pemandangan tebing dan Alam yang indah dan masih terjaga. Sungai ini mempunyai puluhan jeram yang dikategorikan mulai dari grade 2 sampai 3 keatas sehingga semakin menantang adrenalin.

Selain arum jeramnya, flora dan fauna di daerah tersebut masih terawat dengan baik. Anda akan bisa melihat hewan-hewan langka seperti burung Elang, Monyet, tupai, beberapa jenis burung eksotis dan masih banyak lagi. Semua itu menambah nilai tambah dari objek wisata Sungai Pekalen ini.

Legenda Tersembunyi dari Sungai Pekalen

Itulah Legenda tersembunyi dari sungai pekalen. Dengan segala kisah menarik dan pemandangan serta keseruan dari arum jeramnya, sungai Pekalen layak jadi salah satu tempat untuk di kunjungi saat berlibur atau mencari pengalaman baru.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.