Beranda >> info wisata >> Lumpur Lapindo Sidoarjo

Lumpur Lapindo Sidoarjo

Lumpur Lapindo Sidoarjo

Lumpur Lapindo SidoarjoBanjir Lumpur Panas Lapindo Sidoarjo memang menyisakan cerita dan tragedi kelam warga Porong, Sidoarjo. Sayangnya, lokasi bencana ini juga menarik wisatawan untuk datang.

Lumpur Lapindo di Sidoarjo; Antara Tragedi dan Wisata.
Lumpur Lapindo Sidoarjo memang sebenarnya bukanlah sebuah obyek wisata melainkan sebuah tragedi dan bencana. Memang ini adalah sebuah ironi karena lokasi bencana yang dimulai pada tahun 2006, merendam ratusan rumah serta membuat ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya serta harta bendanya akibat terendam lumpu ini seharusnya menjadi peringatan keras akan ketamakan manusia. Jadi, pada dasarnya, memang tidak tepat menjadikan lokasi bencana yang masih terjadi hingga saat ini sebagai obyek wisata.

Mengenal Sejarah Lumpur Lapindo Sidoarjo
Lumpur Lapindo Sidoarjo merupakan bencana yang diakibatkan dari pengeboran oleh Lapindo Barantas Inc. Lokasi pengeboran minyak ini berada di desa Renokenongo, Porong, Sidoarjo. Tentu, desa ini sudah hilang tak terlihat. Dari lokasi pengeboran ini, menyembur material lumpur panas yang akhirnya tidak bisa dibendung hingga saat ini. Dari satu titik menyebar dan meluap hingga beberapa kecamatan.

Baca, Objek wisata lainnya: Masjid Chengho Surabaya

Lumpur Lapindo Sidoarjo juga telah mengundang rasa penasaran banyak ahli di seluruh dunia. di acara AAPG 2008 International Conference & Exhibition yang pada saat itu diselenggarakan di Cape Town International Conference Center, di Afrika Selatan tepatnya pada tanggal 26-29 Oktober 2007 dimana kegiatan ini diselenggarakan oleh AAPG atau American Association of Petroleum Geologists. Acara ini dihadiri oleh ahli geologi dari seluruh penjuru dunia. Kemudian hasil dari acara ini menyimpulkan 3 penyebab dari lumpur panas ini.

Lumpur Lapindo di Sidoarjo menurut 3 ahli dari Indonesia mengatakan Gempa Yogyakarta yang menjadi penyebab, sedangkan 42 ahli mengatakan pemboran yang jadi sebab dan 13 ahli lainnya mengatakan keduanya yakni karena gempa dan pemboran. Sebanyak 16 ahli tidak mengemukakan pendapatnya. Sedangkan dari laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan pada 29 Mei 2007 mengatakan bahwa ada kesalahan-kesalahan teknis yang dilakukan pada saat proses pengeboran.

Lumpur Lapindo Sidoarjo Sebagai Objek Wisata
Namun, apa boleh buat, saat ini, kenyataannya Lumpur Lapindo sudah menjadi salah satu ikon objek wisata di Sidoarjo. Pasalnya, hingga saat ini, lokasi bencana lumpur yang mengerikan ini tidak pernah sepi dari pengunjung atau wisatawan. Apalagi jika hari libur atau akhir pekan. Selain itu, lokasinya juga memang mudah diakses karena berada tepat di sebelah jalur utama Surabaya – Malang atau Pasuruan.

Bahkan, tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga mancanegara yang memang ingin mengetahui Lumpur Lapindo Sidoarjo secara pasti bisa karena mereka sedang meniliti atau hanya untuk menghapus rasa penasaran mereka. Itu dikarenakan bencana lumpur Lapindo ini sudah menjadi topik di dunia, bukan hanya di Indonesia terutama bagi mereka yang peduli akan lingkungan dan bencana. Jadi, ada banyak alasan kenapa orang-orang berdatangan ke sini.
Lumpur Lapindo Sidoarjo memang menjadi tragedi kelam para korban. Mereka sudah tidak memiliki tempat tinggal, harta benda bahkan memori indah hari-hari mereka hidup dan bercengkrama dengan yang lain pun ikut terkubur. Mereka yang lahir setelah bencana ini terjadi juga tidak pernah tahu bahwa dulunya ada beberapa kecamatan ratusan bahkan ribuan rumah yang dulunya ada kehidupan namun saat ini hanya tersisa lumpur panas yang mengandung gas metan yang juga berbahaya untuk kesehatan.

Lumpur Lapindo Sidoarjo

Selain itu, bencana ini juga masih menyisakan kesedihan bagi para korban dimana hak-hak mereka belum diganti sepenuhnya. Mereka seharusnya mendapatkan kompensasi ganti rugi atas rumah, tanah dan lahan mereka yang terendam lumpur. Masih banyak yang berjuang hingga hari ini untuk mendapatkan hak-hak mereka. Demo-demo, peringatan-peringatan Lumpur Lapindo Sidoarjo bahkan dibangun juga beberapa patung yang menggambarkan kesedihan warga Porong. Sayangnya, patung-patung in juga tidak kalah menarik untuk dijadikan area selfie atau berfoto ria. Memang sangat ironi tapi itulah faktanya saat ini.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.