Beranda >> info wisata >> Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Makam Sunan AmpelMakam Sunan Ampel – salah satu wisata religi di Jawa Timur yang terkenal adalah Wisata Religi Makam Sunan Ampel yang berada di kawasan kota Surabaya. Makam Sunan Ampel ini berada di daerah belakang kawasan masjid Ampel tepatnya di Jalan KH Mas Mansyur Kelurahan Ampel , Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Untuk menuju ke kawasan wisata religi Sunan Ampel bisa dengan mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, hal ini dikarenakan kawasan wisata religi makam Sunan Ampel ini berada ditengah – tengah kota Surabaya.

Masjid yang terkenal masjid terbesar kedua di kota Surabaya ini selalu ramai oleh peziarah. Sehingga kawasan wisata religi Sunan Ampel ini setiap harinya banyak didatangi oleh peziarah, dari berbagai daerah. Hal ini terutama pada hari jumat legi dan atau pada saat menjelang dan selama bulan puasa, maka peziarah akan bertambah banyak dari hari biasanya.

Makam Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Mohammad Ali Rahmatullah, berada tepat disebelah Barat Masjid Ampel. Beliau adalah seseorang yang terkenal memiliki figur yang bijak, alim, berwibawa dan juga banyak memperoleh banyak simpati dari masyarakat. Para pengunjung harus melewati sembilan gapura terlebih dahulu agar bisa menuju ke area makam Sunan Ampel, kesembilan gapura ini sama seperti arah mata angin yang berjumlah sembilan, hal ini juga berarti melambangkan sembilan wali atau yang biasa masyarakat kenal dengan sebutan wali songo.

Sejarah Makam Sunan Ampel
Di daerah sekitar area pemakaman masjid Sunan Ampel juga terdapat makam para santri dari Sunan Ampel, diantara makam – makam santri Sunan Ampel, salah satu yang paling terkenal adalah makam mbah Soleh dan makam mbah Bolong. Mbah Soleh merupakan santri Sunan Ampel yang tugasnya adalah menjaga kebersihan dari pesantren itu sendiri. Sedangkan mbah Bolong atau yang memiliki nama asli Sonhaji ini dikenal ahli sebagai penentu arah mata angin.Keahlian ini berguna untuk menentukan arah doa atau kiblat yang tepat. Mbah Soleh sendiri memiliki makam sebanyak 9 makam, konon ceritanya mbah Soleh ini meninggal hingga 9 kali maka dari itu, makam milik mbah Soleh berjumlah 9.

Arsitektur Unik Makam Sunan Ampel
Adanya simbol dari rukun islam ini menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki makam Sunan Ampel. Simbol rukun islam itu sendiri berupa lima gapura yang ada di sekeliling masjid Sunan Ampel. Ada lima gapura yaitu gapura munggah, gapura poso, gapura ngamal, gapura madep, dan juga gapura paneksen. Selain kelima gapura itu, masjid Sunan Ampel didirikan dengan menggunakan 16 tiang untuk penyangga dan semuanya terbuat dari keyu jati dengan ketinggian 17 meter tanpa disambung dan juga memilliki diameter sebesar 60 cm. Tiang – tiang penyanggah tersebut masih tetap kokoh hingga sekarang bahkan usianya yang mencapai 600 tahun. Sampai pada saat sekarang ini, keunikan dari kedua arsitektur itu masih dipertahankan keasliannya.

Keunikan lainnya yang dimiliki masjid Sunan Ampel adalah terdapatnya menara dengan ketinggian 50 meter, dahulu menara ini digunakan sebagai tempat adzan. Sebelah menara terdapat pendopo jawa yang memiliki lambang matahari yang merupakan lambang kejayaan pada jaman kerajaan Majapahit.

Sekitar makam sunan ampel terdapat sebuah sumur bersejarah, namun sumur ini sudah ditutup dengan alasan untuk menghindari dari ulah tangan – tangan jahil. Konon air dari sumur itu dipercaya memiliki kelebihan seperti air sumur zamzam di kota Mekkah.

Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Di Surabaya, selain wisata religi makam Sunan Ampel anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat menarik yang ada di kota Surabaya seperti monumen kapal selam, Jembatan surabamadu, Lumpur Lapindo, kebun binatang Surabaya, dan yang lain.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.