Beranda >> info wisata >> 5 Makanan Khas Gunung Bromo

5 Makanan Khas Gunung Bromo

5 Makanan Khas Gunung Bromo

5 Makanan Khas Gunung BromoMenikmati 5 makanan khas gunung Bromo yang menggugah selera.
Saat kita sedang berjalan-jalan ke lokasi tertentu, akan sangat tidak lengkap jika kita harus pulang tanpa mencicipi cita rasa makanannya yang khas. Makanan ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk sanak keluarga sepulang perjalanan.

Rupanya, bagi Anda yang cukup antusias dengan wisata Gunung Bromo dan menjadikan lokasi ini sebagai destinasi liburan Anda bersama keluarga, disini ada cukup banyak makanan khas yang identik dengan karakter masyarakat setempat. Makanan tersebut tidak hanya untuk menu makanan sehari-hari saja, tetapi juga berupa cemilan yang bisa dibuat oleh-oleh dan lebih tahan lama. Di lokasi wisata yang satu ini, terdapat 5 makanan khas gunung Bromo dan cemilan khas yang disediakan adalah sebagai berikut:

Baca juga:
– Makanan khas kota Surabaya
– Fenomena Milky way di Gunung Bromo

  1. Nasi Aron yang Berkhasiat Menyembuhkan
    Masyarakat Suku Tengger yang berdomisili di kawasan Gunung Bromo gemar mengonsumsi nasi aron. Nasi aron adalah nasi yang berasal dari bahan pokok jagung yang mengenyangkan, kenyal, tahan lama dan baik untuk menjaga kadar gula darah. Nasi aron disajikan dengan balutan sayur daun ranti yang juga berkhasiat untuk melawan diabetes. Daun ranti rasanya cukup pahit namun di tangan para koki suku Tengger yang handal, sayur tersebut menjadi super lezat sekali. Cita rasa nasi aron disempurnakan dengan tambahan sambal pedas yang akan bikin dower saat memakannya. Ketiga kombinasi rasa dari yang kenyal, pedas, dan juga pahit akan bercampur menjadi satu di menu nasi aron yang satu ini. Nasi aron tidak dijual di setiap spot. Nasi ini dijual khusus di Desa Seruni yang berlokasi di sekitar Penanjakan 2.
  2. Sawut Kabut Bromo
    Kelezatan Sawut Kabut Bromo terkenal hingga ke mancanegara. Makanan ini berasal dari bahan dasar singkong yang diserawut dan dibentuk serupa gunung, kerucut ataupun gumpalan-gumpalan kecil. Sawut dimasing-masing daerah di Bromo memiliki cita rasa yang berbeda sesuai dengan jenis ubi yang digunakan. Untuk memperindah tampilannya, sawut kabut Gunung Bromo ditaburi dengan merbei hitam, mutiara merah dan juga irisan daun pandan yang membuat makanan ini tercium lebih sedap dan lebih cantik saat dipandang. Cara mendapatkannya cukup mudah. Anda bisa mencarinya di toko-toko di Kota Probolinggo. Makanan ini telah menjadi makanan yang identik dengan masyarakat Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo.
  3. Iga Pasir Bromo
    Nama makanan yang unik, bukan? Iga pasir Bromo dimasak dengan cara yang lain daripada yang lain, yaitu di bagian tungkunya terdapat pasir. Iga ini memiliki cita rasa yang cukup panas dan pedas sehingga sangat cocok menjadi santapan Anda saat sedang berada di lokasi yang super dingin ini. Iga pasir Bromo dijual di warung-warung di sekitaran lokasi wisata ini.
  4. Kerupuk Kentang Bromo
    Makanan khas gunung Bromo selanjutnya adalah Kerupuk Kentang Bromo, kerupuk kentang ini dibuat dengan bahan dasar kentang yang merupakan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Ini adalah cemilan yang dibuat dengan cara tradisional dan dibungkus dengan sangat rapi sehingga aman bagi kesehatan. Untuk oleh-oleh yang satu ini, Anda hanya perlu merogoh kocek 10 ribu rupiah per kemasan.
  5. Minuman Herbal Pokak
    Minuman khas Bromo yang satu ini memiliki khasiat menyembuhkan. Bahan utamanya adalah jahe, gula, daun pandan, keningar, serei dan juga cengkeh. Bahan herbal tersebut dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit seperti ginjal, rematik, batuk, pusing kepala, dan juga untuk membuat badan terasa lebih hangat. Untuk satu minuman pokak, Anda hanya perlu menyiapkan kocek sebesar 20 ribur rupiah saja

5 Makanan Khas Gunung Bromo

Itulah beberapa kuliner dan 5 makanan khas gunung Bromo yang bisa anda coba selama anda sedang liburan ke Bromo.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour