Beranda >> info wisata >> Makanan khas Kota Batu

Makanan khas Kota Batu

Makanan khas Kota Batu

Makanan khas Kota BatuRasakan 9 Makanan Khas Kota Batu yang Unik.
Makanan khas kota Batu sangatlah banyak dan unik. Ada beberapa makanan yang tidak bakal Anda temui di tempat lain, meskipun dalam sajian modifikasi. Rugi bagi Anda jika tidak mencoba atau membelinya sebagai bahan oleh-oleh.

Kota Batu memang dikenal dengan tempat wisata populer, namun dibalik semua itu, sajian kuliner di tempat ini menyuguhkan makanan khas yang begitu lezat dan enak. Lantas, spa saja makanan khas kota Batu itu? Simak artikel ini ya!

  1. Cincau
    Cincau merupakan makanan khas Batu. Makanan yang terbuat dari daun cincau yang diambil sarinya ini menyerupai jelly kenyal. Daerah penghasil cincau di kota ini ada di desa Tlekung, kecamatan Junrejo. Bahkan, Anda bisa melihat secara langsung cara pembuatan cincau di tempat ini.
  2. Modifikasi Makanan dari Apel
    Apel merupakan buah yang banyak dihasilkan kota ini. Selain buah apel itu sendiri, diciptakan juga berbagai modifikasi dari apel yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Batu. Sebut saja cuka apel, dodol apel, dan keripik apel. Pada umumnya, semua produk tersebut dikemas dalam sebuah tempat kecil dan dimasukkan dalam kardus dengan packaging yang menarik. Bahkan, saat ini juga dihasilkan keripik dengan bahan dasar berbagai macam buah, seperti nangka, nanas, durian, dan salak.
  3. Sate Kelinci
    Tempatnya yang dingin, membuat sate kelinci menjadi makanan paling enak di tempat ini. Ditambah lagi dengan olahan bumbu saus kacang yang dibalurkan di atasnya. Hemmm…, membuat lidah Anda bergoyang. Ada banyak penjual sate kelinci di sini. Semuanya menyajikan sate kelinci dengan daging yang empuk dan gurih.
  4. Angsle
    Minuman yang mirip dengan ronde ini merupakan minuman khas kota Batu. Isi dari minuman ini adalah kacang hijau, potongan roti tawar, kacang tanah yang disangrai, dan kembang mayang. Kesemuanya itu disajikan setelah diguyur santan dan dalam kondisi hangat.
  5. Ketan
    Makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan putih atau hitam ini merupakan makanan khas kota Batu. Uniknya, di kota ini, ketan dipadukan dengan berbagai citarasa, seperti coklat, susu, atau keju. Keistimewaan lain dari ketan ini adalah rasanya yang manis dan bentuk sangat lengket namun tetap nikmat untuk dimakan. Tempat ketan populer di Batu saat ini adalah Ketan Yuni Shara yang berada di alun-alun kota Batu.
  6. Rujak Cingur
    Rujak cingur memang merupakan makanan khas Jawa Timur. Nah, khusus di kota Batu ini, rujak cingur yang ada terkenal sangat pedas. Tentu saja kuliner ini sangat menarik bagi Anda penggemar pedas. Tantangan rasa pedas inilah yang membuat rujak cingur di kota Batu menjadi terkenal dan sangat cocok dinikmati di daerah dingin.
  7. Pecel Kawi
    Banyak daerah yang mempunyai makanan khas berupa pecel, misalnya Yogyakarta. Nah, pecel kawi merupakan makan khas dari kota Batu. Rasanya tentu berbeda dengan pecel pada umumnya. Sebab, di atasnya diberi guyuran bumbu kacang yang memberikan citarasa gurih, manis, dan asin secara bersamaan.
  8. Putu
    Putu merupakan salah satu makanan khas kota Batu. Putu mempunyai ciri khas suaranya yang melengking saat tidak dijajakan. Lengkingan suara ini berasal dari bambu yang ditancapkan di atas tempat masak. Rasanya yang manis legit, ditambahkan parutan kelapa di atasnya, dan disajikan dalam kondisi hangat, sangat cocok untuk dinikmati di daerah dingin seperti kota Batu.
  9. Pluntiran
    Makanan khas yang berbentuk melintir memanjang dengan rasa gurih dan renyah ini membuat banyak wisatawan yang menggemarinya. Bahkan bisa dibilang, makanan ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus Anda beli saat berlibur di kota Batu. Makanan yang bisa Anda temukan di kios-kios sekitar Jln. Simpang Piranha Atas ini menjadi salah satu makanan khas kota Batu.

Makanan khas Kota Batu

Demikianlah beberapa informasi makanan khas kota Batu yang dapat anda dapatkan ketika berada di Batu. Perlu di ingat ya, salama liburan di Batu, selain menyusuri tempat wisatanya jangan lupa untuk menyusuri tempat kulinernya juga.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour