Beranda >> info wisata >> Makanan khas kota Surabaya

Makanan khas kota Surabaya

Makanan khas kota Surabaya

Makanan khas kota SurabayaMakanan khas kota Surabaya – berada di kota pahlawan tentunya kurang lengkap apabila tidak mencicipi kuliner khas kota surabaya ini. Salah satu kota terbesar di Jawa Timur ini terkenal dengan memiliki banyak kekayaan kuliner dan aneka makanan dengan cita rasa yang berbeda dari daerah lain dan memiliki banyak makanan yang wajib kita cicipi apabila berkunjung ke kota Surabaya.

Berikut adalah makanan khas kota Surabaya yang terkenal dikalangan pecinta kuliner dan bisa anda nikmati ketika sedang liburan ke Surabaya:

  1. Sate Klopo
    Sama seperti sate – sate pada umumnya, sate klopo ini juga terbuat dari daging bukan kelapa dijadikan sate. Bedanya sate klopo ini mencampurkan jeroan dan lemak sapi dan akan dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar diatas bara api. Bukan hanya berbahan dasar daging sapi, namun sekarang ini sudah divariasikan dengan mengganti bahan dasar daging sapi dengan daging ayam, udang, usus, dan juga sumsum.
    Banyak penjual yang menjajakan panganan ini, namun salah satu yang paling terkenal adalah warung sate klopo ondomohen bu Asih yang berada di jl Walikota Mustajab No. 36 Surabaya. Warung sate ini sangat ramai pengunjung, sehingga apabila mengunjungi warung sate ini anda perlu sedikit bersabar.
  2. Rujak Cingur
    Rujak merupakan makanan yang sudah populer ditelinga masyarakat Indonesia. Namun rujak di kota pahlawan ini sedikit berbeda dari rujak – rujak pada umumnya yang terdiri dari potongan buah – buah segar dan disiram dengan sambal gula merah. Rujak di Surabaya memiliki dua macam, rujak manis adalah rujak yang terdiri dari buah – buah segar seperti yang kita ketahui. Sedangkan rujak di Surabaya yang sangat terkenal di Jawa Timur ini adalah rujak cingur. Rujak cingur ini terdiri dari irisan lontong, sayur mayur, irisan mentimun, bengkoang, nanas, dan juga tak lupa irisan cingur dan juga ditambah dengan bumbu kacang dan petis. Cingur itu sendiri adalah moncong sapi atau kerbau yang direbus dan diiris tipis.
  3. Tahu Tek
    Panganan khas dari kota Surabaya berikutnya adalah tahu tek – tek. Panganan ini berbahan dasar tahu yang diiris kotak kecil – kecil dan digoreng dan disajikan dengan kentang rebus yang dipotong – potong, kecambah, juga mentimun yang dipotong kecil – kecil. Tidak lupa juga disiram dengan bumbu yang terbuat dari ulekan cabai, bawang putih, kacang, dan juga petis. Untuk menambah kenikmatan dari tahu tek adalah dengan menambahkan kerupuk udang dan bawang goreng.
  4. Bebek Tugu Pahlawan
    Bagi kalian yang asli Surabaya pasti mengenal bebek tugu pahlawan yang terkenal akan kelezatannya. Tempatnya yang terletak tepat diseberang tugu pahlawan ini berupa warung tenda. Warung yang buka mulai pukul 6 sore ini selalu rame pengunjung meskipun tempatnya sederhana. Untuk dapat menikmati panganan ini anda perlu bersabar karena banyaknya pengunjung yang antre untuk bisa menikmati makanan ini.
  5. Lontong Balap
    Makanan khas kota Surabaya selanjutnya adalah lontong balap. Diberi nama lontong balap karena dulu penjualnya menjajakan makanannya menggunakan pikulan. Karena terlalu berat maka penjual harus membawa dagangannya dengan cepat dan tergesa – gesa seperti seseorang yang sedang melakukan balapan. Lontong balap ini terdiri dari potongan lontong, lencho dan tauge yang banyak, tahu goreng, dan disiram menggunakan kuah.

Makanan khas kota Surabaya

Itulah beberapa makanan khas kota Surabaya yang terkenal akan kelezatannya. Apabila anda sedang berada di Surabaya bisa mencoba salah satu makanan khas kota Surabaya.

Baca, info wisata lainnya: Wisata Religi Makam Sunan Ampel

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.