Beranda >> info wisata >> Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho SurabayaNuasan Masjid Cheng Ho Surabaya terlihat sangat indah dari sisi sejarah, desain serta simbol-simbolnya. Ini yang menjadikan masjid ini menarik untuk dikunjungi.

Wisata Religi dan Arsitektur; Rahasia di Balik Masjid Cheng Ho Surabaya.
Berkunjung ke Surabaya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke destinasi wisatanya termasuk wisata religi seperti Masjid Cheng Ho Surabaya. Dari nama masjid ini memang sudah mengundang banyak pertanyaan. Seakan, banyak fakta yang harus diungkap. Pastinya, Anda juga penasaran dengan masjid kecil yang satu ini. Namanya memang sudah tidak asing lagi, Cheng Ho sendiri diambil dari nama orang besar kala itu, yakni Laksamana Cheng Ho yang ketenaran namanya sudah sering terdengan bagi penduduk Indonesia baik etnis Tionghoa atau kaum Muslim Indonesia.

Mengenal Sejarah Masjid Cheng Ho Surabaya
Masjid Cheng Ho Surabaya memiliki nama yang diambil dari seorang ternama, Laksamana Cheng Ho yang memang sejarahnya tidak bisa dihapus dari sejarah Indonesia. Persinggungan antara Laksmana Cheng Ho dengan tanah Indonesia memang tidak sedikit. Dari tahun 1405 hingga 1433, dalam kurun waktu tersebut, sudah ada 7 kali eskpedisi pelayaran ke beberapa wilayah di Indonesia yang sudah dilakukan oleh Cheng Ho. Sejarah mencatat perjalanan atau ekspedisi pelayarannya bisa dilihat dari Aceh, Palembang bahkan sampai ke Pulau Jawa.
Masjid Cheng Ho Surabaya memang lebih dari sekedar simbol. Kedatangan Cheng Ho ke Indonesia pada saat itu memang tidak untuk menjajah karena ia begitu menghormati warga pribumi atau warga lokal dimanapun tempat yang ia singgahi. Misinya ke Tanah Air memang bukan untuk menjajah atau berperang tapi membawa kedamaian. Wajar jika kedatangannya selalu disambut hangat oleh para raja di Nusantara termasuk juga penduduk pribumi yang sangat menghormatinya. Wajar juga jika ada beberapa tempat di Indonesia yang memiliki ikatan dengan Chengh Ho.

Baca, obyek wisata lainnya: Jembatan Merah Surabaya

Bisa dikatakan adanya klenteng dan pavilion termasuk juga masjid yang memang dibangun untuk menghormati serta mengenang kedatangannya ke Indonesia. Masjid Cheng Ho Surabaya adalah salah satu contoh kenapa masjid ini diberi nama Cheng Ho. Memang masjid ini memiliki nama yang sangat unik. Bahkan, digadang-gadang, masjid in satu-satunya atau yang pertama kalinya menggunakan nama etnis Tiong hoa bukan nama Arab sebagaimana kebanyakan masjid di Indonesia.

Hasan Basri atau bernama asli Lin Puk San, sebagai Ketua Harian Masjid Cheng Ho Surabaya mengatakan bahwa dimana ada laut, maka di situ ada Cheng Ho. Basri mengatakan bahwa keberadaan masjid ini kenapa dibangun di Surabaya bukan tanpa sebab. Memang dari sisi lokasi tidak bersinggungan langsung dengan lokasi yang menjadi jejak perjalanan Laksmana Cheng Ho. Namun, masjid yang berlokasi di Jalan Gading No 2 ini memang dibangun karena landasan semangat serta bermacam nilai luhur yang telah dibawa oleh Cheng Ho.

Desain Pembangunan Masjid Cheng Ho Surabaya
Pembangunan Masjid Cheng Ho Surabaya didukung penuh oleh PITI yang juga merupakan organisasi yang mengayomi Islam Tionghoa di Indonesia. Warga di sekitar masjid juga mendukung adanya Masjid ini walau banyak diantara mereka yang berbeda keyakinan. Jadi, keberadaan masjid ini juga merupakan simbol toleransi. Selain itu sebagai tanda semangat agama Islam di daerah tersebut. Berbeda keyakinan memang tidak dilarang selama saling menghormati. Itulah paling tidak, yang diajarkan oleh masjid ini.

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya memiliki ukuran yang kecil. Ukurannya hanya berkisar 11×11 meter. Ukuran dengan angka tersebut diambil dari ukuran Ka’bah pada saat pertama kalinya dibangun oleh Nabi Ibrahim. Hasri mengungkapkan bahwa ukuran ini diharapkan bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong orang yang beribadah di masjid ini untuk meningkatkan level ibadah sholat yang khusyu layaknya sholatnya Nabi Ibrahim.

Masjid ini, dari tampilan luar tampak seperti klenteng namun jika diperhatikan secara detail, ada ornamen bertuliskan huruf Arab tepat di bagian depan masjid yang menandakan bahwa bangunan itu bukan kelenteng. Memasuki area Masjid Cheng Ho Surabaya, Anda akan merasa takjub dengan desain dan ornament yang cantik serta warna-warna yang indah dari mulai atapnya, dindingnya, struktur anak tangganya, serta hal-hal lainnya. Selain itu, setiap sisi desain mengandung makna tertentu seperti desain langit-langit kubah dengan bentuk sarang laba laba dengan sudut angka 8. Angka 8 adalah angka keberuntungan etnis Thiong Hoa sedangkan sarang laba-laba diambil dari cerita Nabi Muhammad yang diselamatkan oleh sarang laba-laba saat dikejar Quraisy.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.