Beranda >> info wisata >> Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam SurabayaMonumen Kapal Selam Surabaya (Monkasel) adalah destinasi wisata yang menarik dan mendidik. Anak-anak pasti suka untuk belajar tentang sejarah kapal selam di Indonesia.

Ayo Berkunjung ke Monumen Kapal Selam Surabaya
Kota Surabaya memiliki alasan kenapa juga disebut sebagai Kota Pahlawan. Monumen Kapal Selam Surabaya (Monkasel) menjadi salah satu alasan kenapa Surabaya disebut Kota Pahlawan. Monumen ini juga disingkat dengan sebutan Monkasel dan dalam bahasa Inggris disebut dengan Submarine Monument Surabaya. Monumen ini digadang-gadang sebagai monumen kapal selam yang terbesar di seluruh kawasan Asia. Monumen ini dibangun di area sungai Kalimas, Surabaya. Ide pembangunan monumen ini lahir dari mereka yang tergabung di Kapal Selam dari Angkatan Laut.

Sejarah dan Konsep Monumen Kapal Selam Surabaya
Monumen Kapal Selam Surabaya ini dibuat dari Kapal Selam KRI Pasopati 410. KRI Pasopati 410 sendiri dibuat oleh Uni Soviet dan termasuk jenis SS Whiskey Class yang didesain oleh Vladi Wostok Rusia di tahun 1952. KRI Pasopati 410 ini juga berpartisipasi pada perjuangan Angkatan Laut dari tahun 1962 dan memiliki tugas utama untuk menghancurkan musuh atau anti-shipping. Selain itu, tugasnya adalah mengawasi serta melakukan penggerebekan secara rahasia. Kapal selam ini memiliki andil yang besar dalam mempertahankan hukum kelautan Indonesia seperti yang terjadi pada saat Operasi Trikora.

Baca juga: Tugu Pahlawan Surabaya

Karena Monumen Kapal Selam Surabaya dibuat dari kapal selam asli, artinya, monument ini bukanlah sebuah replika melainkan asli dari kerangka kapal selam itu sendiri. Kapal selam ini adalah milik Armada Divisi Timur. Pembangunan monumen ini dimulai dari bulan Juli tahun 1995 oleh Gubernur Jawa Timur saat itu yakni Basofi Soedirman. Beliau yang meletakkan batu pertama sebagai pondasi monument ini. Di saat yang sama, KRI Pasopati 410 ini kemudian dipotong menjadi 16 bagian dan dilakukan oleh PT. PAL Indonesia yang bertujuan untuk memudahkan proses pengangkutan dari laut ke darat.

Monumen Kapal Selam Surabaya kemudian resmi dibuka untuk umum pada 27 Juni 1998. Monumen ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorite untuk anak-anak dan keluarga di Surabaya. Adapun konsep wisata Monumen Kapal Selam Surabaya ini adalah;

  • Sebagai destinasi wisata baru Jawa Timur
  • Sebagai warisan sejarah dan mencerminkan Indonesia negara maritime
  • Menjaga keamanan serta menjadi objek konservasi
  • Menjadi kenangan yang memang didedikasikan untuk pare pejuang.

Ruangan dan Fasilitas Monumen Kapal Selam Surabaya
Di dalam Monumen Kapal Selam Surabaya ada beberapa ruangan yang menjadi daya tarik utama dari monument ini. Diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Ruang Tinggal Perwira
  • Ruang Torpedo Buritan
  • Ruang Diesel
  • Ruang Listrik
  • Ruang ABK atau Anak Buah Kapal
  • Ruang Periskop sebagai Pusat Informasi Tempur
  • Ruang Torpedo Haluan dengan 4 peluncur torpedo

Selain itu, ada beberapa fasilitas yang disediakan Monumen Kapal Selam Surabaya. Tentu, sebagai destinasi wisata, tak cukup jika hanya museum saja yang menjadi atraksi utamanya. Di sini pengunjung bisa menonton Video Rama yang menampilkan sejarah kapal selam terutama di Indonesia. Ada musik yang diadakan di panggung terbuka khususnya pada akhir pekan hari Sabtu dan Minggu. Ada juga pemutaran film peperangan di Laut Aru. Bermain wisata air di dekat Kali Mas atau olahraga juga menyenangkan.

Monumen Kapal Selam Surabaya

Terdapat juga beberapa fasilitas umum seperti mencicipi kuliner khas Surabaya di sekitar area Monumen Kapal Selam Surabaya. Museum ini sendiri dibuka tiap haro. Hari Senin sampai Jumat buka pukul 08.00 – 20.00 WIB, akhir pekan Sabtu dan Minggu dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Untuk biaya tiketnya, tiap pengunjung dikenai biaya Rp 10.000,-. Berminat untuk berwisata di sini ?

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.