Beranda >> info wisata >> Monumen Tugu Malang

Monumen Tugu Malang

Monumen Tugu Malang

Monumen Tugu MalangMonumen Tugu Balaikota Malang yang Ikonik.
Monumen Tugu Malang merupakan salah satu objek wisawa ikonik di kota Malang, letaknya yang berada di tengah-tengah kota membuatnya sangat mudah untuk di jangkau oleh siapapun yang berkunjung di kota apel ini. Ada beberapa alasan banyak orang yang berwisata atau sekedar berkunjung ke monumen, namun sejarah Tugu Malang yang cukup panjang, kondisi lingkungan disekitarnya yang menarik serta lokasinya yang berada ditengah kota menjadikannya sebagai salah satu monumen ikonik kota Malang.

Berwisata di tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah memiliki cukup banyak manfaat, diantaranya :

  • Menambah ilmu pengetahuan
    Ada banyak hal baru yang bisa kita dapatkan saat mengunjungi sebuah monumen, bentuk monumen Tugu Malang yang di puncaknya terdapat bambu tajam merupakan simbol dari perlawanan pejuang melawan penjajah dengan menggunakan bambu runcing, dan keindahan bunga teratai yang berwarna merah dan putih memiliki arti berani dan suci seperti bendera Indonesia.
  • Jadi lebih menghargai perjuangan para pahlawan Indonesia
    Umumnya sebuah monumen dibangun untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa raga mereka untuk kemerdekaan negara, maka dengan mengunjungi sebuah monumen akan membuat kita semakin menghargai para pahlawan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dalam diri kita.
  • Tidak umum (anti mainstream)
    Umumnya para traveler atau saat berlibur akan membagikan foto-foto keindahan pantai, gunung, air terjun dan pemandangan alam lainnya. Jadi bisa dikatakan berwisata sejarah ke sebuah monumen merupakan hal yang langka dan unik yang tidak banyak dilakukan oleh kebanyakan orang, sehingga foto-foto yang Anda bagikan akan menjadi unik dan tidak biasa.

Sejarah Monumen Tugu Malang
Sebelum tahun 1945 atau sebelum proklamasi kemerdekaan kota Malang merupakan sebuah Kotamadya yang dipimping oleh seorang Walikota sejak tanggal 1 Juli 1919, Maka untuk menunjang berbagai kegiatan pemerintahan Belanda diperlukan gedung-gedung dan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas pemerintah. Di awal 1900-an cukup banyak orang Belanda yang datang ke Hindia Belanda (sebutan Indonesia sebelum merdeka), dan golongan inilah yang berkeinginan kuat untuk merubah kota Malang menjadi seperti kota tanah leluhurnya.

Alun-alun bunder sejak awal dibangung menjadi bagian dari berbagai kegiatan dan hunian orang-orang Belanda, dan dijauhkan dari segala kegiatan masyarakat pribumi, sehingga praktis kawasan ini menjadi milik golongan elit orang-orang Belanda dan juga menjadi pusat pemerintahan. Sampai pada tahun 1945 setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan, rakyat Malang bersatu mengambil alih seluruh aset yang berada di kawasan alun-alun Bunder ini, maka untuk menandai kemerdekaan dan sebagai tanda bahwa Alun-Alun Bunder sudah sepenuhnya menjadi milik rakyat Indonesia khususnya masyarakat Malang, maka dibangunlah Monumen Tugu Malang pada tanggal 17 Agustus 1946.

Terjadinya agresi militer Belanda untuk kembali berkuasa di Indonesia membuat rakyat Malang pada akhirnya mengambil politik bumi hangus yang bertujuan agar semua bangunan dan fasilitas yang selama ini digunakan oleh orang-orang Belanda tidak dapat lagi mereka gunakan, sehingga kawasan Alun-Alun Bunder menjadi porak-poranda, kosong, dan hanya tersisa puing-puing gedung dan nampak seperti kota mati.

Sampai pada akhirnya pemerintah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pembangunan Monuman Tugu Malang berupa 6 buah bambu runcing yang berada dalam satu ikatan tidak terpisahkan menjadi bagunan bersejarah yang menjadi simbol perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1953 ribuan rakyat Malang hadir di Alun-Alun Bunder untuk menyaksikan presiden Soekarno meresmikan dengan khidmat simbol kemenangan rakyat Malang dalam mengusir penjajah Belanda.

Baca juga: Toko OEN Malang

 Monumen Tugu Malang

Monumen Tugu Malang masih berdiri kokoh sampai sekarang, sebagai obyek wisata sejarah yang ikonik dan menarik, suasananya disekitarnya yang asri membuatnya menjadi pilihan favorit warga Malang untuk menghabiskan waktu. Bila Anda berencana berkunjung ke kota Malang, jangan sampai lupa singgah di Tugu Balaikota Malang yang kaya akan makna dan ikonik ini.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.