Beranda >> info wisata >> Museum House of Sampoerna Surabaya

Museum House of Sampoerna Surabaya

Museum House of Sampoerna Surabaya

Museum House of Sampoerna SurabayaKeunikan Museum House of Sampoerna Surabaya lebih dari sekedar museum karena bangunannya sendiri sudah memiliki nilai sejarah serta koleksi didalamnya juga.

Mengunjungi Museum House of Sampoerna Surabaya
Museum House of Sampoerna Surabaya berlokasi di daerah Jembatan Merah serta di kawasan ‘Kota Tua’ di Surabaya. Museum ini adalah salah satu destinasi wisata yang perlu dikunjungi. Tenang, walau nama museum ini identik dengan perusahaan rokok ternama, museum ini bukan berarti sebagai ajang promosi rokok. Museum ini, serta beberapa bangunan di kawasan Kota Tua ini memang terlihat artistik dengan desain ala Kolonialisme Belanda. Wajar jika museum ini juga memiliki desain yang unik bahkan sudah bisa dilihat dari mulai Anda menginjakkan kaki di depan gedung atau museum ini.

Mengenal Museum House of Sampoerna Surabaya
Nama Museum House of Sampoerna Surabaya dikenal juga sebagai Rumah Tua Sampoerna. Berlokasi di Jalan Taman Sampoerna No. 6, Krembangan, Pabean, Cantikan Surabaya, lokasinya memang tidak sulit untuk ditemukan. Bangunan museum ini sudah ada dari ratusan tahun lalu tepatnya didirikan pada tahun 1862. Awal mulanya, bangunan ini dimanfaatkan sebagai panti asuhan dibawah kendali Belanda. Setelah itu, salah satu dari anak yatim yang bernama Liem Seeng Tee kemudian membeli bangunan ini pada tahun 1932. Selanjutnya, bangunan ini digunakan untuk memproduksi rokok.

Tahun 2003, saat ulang tahun perusahaan rokok ini yang ke 90, kompleks ini dikembalikan dan berubah menjadi Museum House of Sampoerna Surabaya walau sebagian bangunan masih juga digunakan sebagai tempat produksi rokok bahkan untuk rokok yang paling bergengsi dengan nama Dji Sam Soe. Maka, wajar saja ketika Anda memasuki museum ini semerbak aroma cengkeh akan menyambut Anda.

Baca juga: Monumen Kapal Selam Surabaya

Hal yang menarik dari Museum House of Sampoerna Surabaya selain memang desain artistiknya, bermacam barang koleksinya, juga tentang bagaimana cara pembuatan rokok dengan menggunakan cara dan peralatan yang masih tradisional. Anda dapat melihatnya secara langsung. Ada ribuan pekerja wanita dimana setiap jamnya diproduksi 325 batang rokok. Bisa dibayangkan setiap harinya berapa, atau setiap bulannya.

Fasilitas Museum House of Sampoerna Surabaya
Memang, alasan kenapa Museum House of Sampoerna Surabaya dijadikan tempat wisata yang menarik di Surabaya adalah karena bangunannya yang memiliki nilai sejarah tinggi serta sebagai perusahan rokok dengan sistem produksi tradisional. Wajar jika aroma cengkeh atau rokok juga dapat dilihat dari mulai empat pilar di depan pintu bangungan yang berbentuk seperti rokok sampai dengan aroma khas cengkeh yang masih alami dan tidak bisa dilupakan.

Museum House of Sampoerna Surabaya terdiri dari empat sektor. Sektor pertama adalah auditorium utama, belakang auditorium ada bagian produksi da nada dua bangunan lain yang lebih kecil yang digunakan sebagai tempat tinggal keluarga. Tidak jauh dari sini, ada juga kafe, galeri seni serta kios. Auditorium pusatnya sendiri sekarang sudah dirubah menjadi museum. Sedangkan pabrik produksi rokok merk Dji Sam Soe masih bisa dilihat di belakang kompeks.

Untuk bisa melihat proses pembuatan rokok merk Dji Sam Soe, disarankan agar mengunjungi Museum House of Sampoerna Surabaya di hari biasa yakni Senin sampai Sabtu sebelum pukul 15.00 WIB. Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki bis bernama Surabaya Heritage Track yang akan berkeliling kota Surabaya secara gratis. Jadwal bus sendiri dari pukul 09.00-10.00 WIB dan 13.00-1400 WIB serta sore pukul 15.00-16.00.

Museum House of Sampoerna Surabaya

Museum House of Sampoerna Surabaya sendiri buka setiap hari dari hari Senin sampai Minggu. Jam buka dimulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB. Untuk tiket masuk tidak dikenai biaya alias gratis. Bagaimana, pastinya ini destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi jika ada di Kota Surabaya.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.