Beranda >> info wisata >> Obyek Wisata Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi

Obyek Wisata Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi

Obyek Wisata Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi

Obyek Wisata Pantai Plengkung G-land BanyuwangiObyek wisata pantai plengkung (G-land) Banyuwangi, spot terbaik untuk surfing.
Obyek wisata pantai plengkung (G-land) Banyuwangi menawarkan spot terbaik untuk surfing. Huruf G pada nama G-land bisa diartikan sebagai Green, Great, atau Grajakan. Green diambil dari pemandangan yang disajikan oleh pantai ini karena letaknya yang berada di tepi hutan yang masih sangat asri. Great karena pantai ini memiliki ombak yang luar biasa, sedangkan Grajagan merupakan nama pelabuhan yang ada di dekat pantai tersebut.

Pantai Plengkung G-land sudah terkenal secara Internasional sebagai spot terbaik untuk surfing. Bagaimana tidak, ombak di pantai ini bisa mencapai 4 – 6 meter. Bahkan pantai ini mendapat gelar The Seven Giant Wave Wonder dan ombaknya dipercaya menduduki nomor kedua terbesar setelah Hawai. Ombak di Pantai Plengkung pun ada sepanjang tahun dan mencapai puncak tertingginya pada bulan sekitar Juni, Juli dan November. Tentu saja itu menjadi salah satu alasan kenapa pantai Plengkung sudah lima kali digunakan sebagai tempat diselenggarakannya acara surfing yang berskala internasional.

Pantai ini mulai dikenal secara internasional berkat 8 kelompok surfers yang blusukan untuk mencari lokasi surfing pada tahun 1972. Mereka melakukan kemah di Pantai Plengkung untuk meninjau kelayakan pantai ini sebagai tempat surfing. Mereka jugalah yang mengenalkan Pantai Plengkung G-land pada dunia sebagai spot surfing. Sejak saat itu semakin hari semakin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang merupakan peselancar mengunjungi tempat ini

Hanya saja, jika anda masih pemula dalam dunia surfing, disarankan untuk tidak berselancar di pantai Plengkung G-land. Ombaknya yang cukup tinggi bisa berbahaya dan hanya dikhususkan untuk peselancar profesional. Meskipun begitu, anda tidak perlu kecewa. Selain menarik karena dianggap sebagai spot terbaik untuk surfing, Pantai Plengkung juga menyajikan pemandangan yang indah dan alami. Pantai ini memiliki pasir putih dan warna air laut yang biru. Pantai ini pun sering sekali digunakan sebagai lokasi camping. Anda bisa menghabiskan waktu anda ditempat ini untuk menikmati pemandangan sambal melihat aksi para peselancar yang menaklukkan ombak.

Baca juga:
– Keindahan Pantai Watu Dodol Banyuwangi
– Pesona keindahan Pantai Bama Baluran

Lokasi pantai plengkung G-land
Pantai ini berada di sebelah tenggara Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Itulah kenapa ombak di pantai ini cukup tinggi. Lokasi tepat dari pantai ini adalah di dalam Taman Nasional Alas Purwo. Akses jalan menuju pantai ini memang tidak cukup baik karena jalannya yang sudah mengalami banyak kerusakan. Akan tetapi karena pesonanya yang memikat, pantai ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Misteri pantai Plengkung G-land
Seperti kebanyakan pantai yang lain yang memiliki cerita misteri, pantai Plengkung G-land pun memiliki cerita misteri tersendiri. Pantai Plengkung terletak diujung Alas Purwo. Alas Purwo sendiri merupakan hutan yang masih sangat alami di Banyuwangi. Nama alas purwo diambil dari Bahasa Jawa yang artinya hutan rimba. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa Alas Purwo ini merupakan pintu gerbang yang menuju istana jin. Bahkan mereka percaya kalau Alas Purwo merupakan pusat berkumpulnya semua jin di pulau Jawa. Penampakan makhluk gaib di sekitar sini sudah sangat sering terjadi.

Obyek Wisata Pantai Plengkung (G-land) Banyuwangi

Di Alas Purwo juga terdapat banyak goa-goa yang banyak digunakan orang-orang untuk bermeditasi. Salah satu goa yang berada disana adalah Goa Istana. Di goa ini anda bisa menemukan sumber mata air yang bernama Sendang Srengenge. Air dari sumber air ini dipercaya dapat membuat awet muda. Penasaran? Coba kunjungi obyek wisata pantai plengkung G-land Banyuwangi.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour