Beranda >> info wisata >> Pantai Sukamade, Sarang Penyu Bertelur di Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Sukamade, Sarang Penyu Bertelur di Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Sukamade, Sarang Penyu Bertelur di Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Sukamade, Sarang Penyu Bertelur di Taman Nasional Meru BetiriPantai Sukamade Rumah Penyu Bertelur di Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi.
Pantai Sukamade sarang penyu bertelur menjadi salah satu destinasi pilihan Anda saat berkunjung ke Banyuwangi. Destinasi pantai ini menjadi salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri yang berada di Banyuwangi. Tidak hanya menikmati suasana pantai yang indah, Anda juga akan diajak untuk melihat dari dekat hewan eksotis yang biasanya hanya bisa Anda saksikan di layar televisi. Atraksi wisata di Banyuwangi ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung, sehingga Pantai Sukamade menjadi salah satu pantai yang cukup popular dan sangat direkomendasikan bagi para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Jika Taman Nasional Meru Betiri sangat terkenal menjadi surganya flora dan fauna, maka julukan yang tepat untuk Pantai Sukamade ialah surganya penyu bertelur. Pantai yang di Banyuwangi ini menyuguhkan pemandangan yang tidak akan Anda lupakan, dimana pengunjung akan menyaksikan secara langsung penyu-penyu bertelur, melihat penangkaran hewan penyu ini serta mengikuti kegiatan pelepasan anak penyu (tukik) ke laut lepas.

Pantai Sukamade sarang penyu bertelur di Taman Nasional Meru Betiri ini sangat popular dan dikenal menjadi salah satu destinasi wisata dari tiga destinasi wisata yang utama di Banyuwangi, yakni Gunung Ijen dan Pantai Plengkung. Ketiganya merupakan lokasi yang menjadi andalan sebagai sektor pariwisata yang menyedot banyak perhatian wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi. Ketiga tempat wisata tersebut juga memiliki julukan yang unik yakni Triangle Diamonds dimana jika ketiga tempat tersebut ditarik garis lurus maka akan terbentuk sebuah segitiga atau triangle.

Sejarah Pantai Sukamade
Pantai Sukamade sarang penyu bertelur – Pada awalnya Pantai Sukamade ini ditemukan oleh orang Belanda pada tahun 1927. Sukamade sendiri merupakan wilayah hutan lindung yang berada di daerah Jawa Timur dan berhubungan dengan tempat penangkaran penyu. Di wilayah ini juga terdapat areal seluas kurang lebih 1200 Hektar yang digunakan sebagai area perkebunan kopi, karet dan coklat. Dan saat ini wilayah ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Banyuwangi.

Pantai Sukamade sendiri adalah salah satu pantai dari dua lokasi pantai yang digunakan sebagai tempat bertelurnya penyu di Banyuwangi, pantai lain yang juga digunakan adalah Pantai Ngagelan. Mungkin habitat penyu di Indonesia terbesar terdapat di kedua pantai tersebut. Selama ribuan tahun Pantai Sukamade menjadi tempat aman bagi penyu untuk dapat bertelur tanpa harus takut akan gangguan manusia, karena dulunya lokasi ini memang sangat terpencil dan menjadi lokasi yang dapat diandalkan mampu menjaga habitat penyu-penyu tersebut.

Baca juga:
– Pesona Pantai Pulau Merah Banyuwangi
– Teluk Hijau Banyuwangi

Rute Menuju Pantai Sukamade Sarang Penyu Bertelur
Pantai Sukamade berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, sehingga jika memiliki waktu luang Anda bisa melakukan kunjungan di Pantai Teluk Hijau dan Pantai Rajegwesi yang searah dengan Pantai Sukamade tersebut. Jarak tempuh dari Pantai Teluk Hijau ke Pantai Sukamade kurang lebih sekitar 15 km, namun meskipun jaraknya cukup dekat Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Pantai Sukamade, mengingat rute yang harus Anda lewati cukup terjal karena harus melalui jalanan berbatu serta melewati sungai. Hal ini tentu sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang karena adrenalin Anda akan semakin tertantang. Setelah sampai di pintu gerbang Taman Nasional Meru Betiri Anda dapat menuju Pantai Sukamade dengan berjalan kaki, naik motor maupun menggunakan mobil dobel garden.

Pantai Sukamade Sarang Penyu Bertelur
Pantai Sukamade menjadi surganya penyu bertelur atau menjadi sarang bertelurnya penyu, karena dalam setiap harinya penyu yang mendarat di pantai ini bisa mencapai jumlah 80 ekor yang terjadi mulai dari petang hingga pagi hari. Akan tetapi belakangan memang jumlah ini terus mengalami penurunan hingga menjadi belasan ekor saja. Hal ini dikarenakan banyaknya kapal nelayan yang berada di sekitar Pantai Sukamade membuat wilayah pantai menjadi terang karena penerangan lampu yang terdapat pada kapal-kapal nelayan. Hal ini mengakibatkan penyu-penyu tersebut menjadi takut untuk mendarat dan bertelur di Pantai Sukamade, karena penyu tidak menyukai cahaya terutama pada saat bertelur.

Pantai Sukamade, Sarang Penyu Bertelur di Taman Nasional Meru Betiri

Terdapat 4 spesies penyu yang mendarat dan bertelur di kawasan Pantai Sukamade ini, yakni diantaranya adalah Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyi Belimbing (Dermochelys Coriaceae) dan Penyu Slengkrah (Lepidochelys Olivacea). Dari keempat spesies penyu tersebut Penyu Hijau merupakan jenis yang paling mudah ditemukan karena menjadi spesies paling banyak di Pantai Sukamade, hal ini diketahui dari laporan penelitian World Wide Fund for Nature. Pantai Sukamade kemudian dijuluki menjadi salah satu tempat terbaik bagi pendaratan penyu hijau di Indonesia. Pantai Sukamade sarang penyu bertelur di taman nasional Meru Betiri akan menjadi destinasi wisata yang akan membawa kesan tersendiri bagi Anda yang mengunjunginya.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.