Beranda >> gunung bromo info wisata >> Pasir Berbisik Bromo

Pasir Berbisik Bromo

Pasir Berbisik Bromo

Pasir Berbisik BromoWisata Bromo memang tidak lepas dari keindahan alam yang begitu mempesona dan mengalihkan dunia, Untuk Anda yang pernah mengunjungi kawasan Bromo tentu tidak asing dengan istilah Pasir Berbisik Bromo. Tetapi untuk Anda yang belum pernah mengunjungi kawasan ini, mungkin sedikit bingung dengan penamaan kawasan tersebut

Asal usul nama
Seperti dijelaskan di atas, kawasan ini terdiri atas lautan pasir, namun kini lebih dikenal dengan nama pasir berbisik. Adalah berkat sebuah film yang disutradarai oleh Nan Achnas dengan judul yang sama yaitu “Pasir Berbisik” tahun 2001. Film ini sendiri diperankan oleh para aktor dan aktris kawakan Indonesia, seperti Dian Sastrowardoyo (Daya), Christine Hakim (Berlian), Slamet Rahardjo (Agus), serta aktor kawakan lainnya. Film tersebut mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang wanita muda yang bernama Daya yang tinggal bersama Ibunya (Berlian), karena ditinggal Ayahnya (Agus). Karena tidak adanya suami inilah yang membuat sang ibu menjadi protektif terhadap anaknya. Ini juga yang terkadang membuat Daya bertingkah sedikit aneh, yaitu menelungkupkan tubuhnya ke pasir untuk mendengarkan suara pasir berbisik.

Setting film ini sendiri menggunakan kawasan lautan pasir yang ada di kawasan Bromo, dan usut punya usut. Kawasan ini, sering dilanda angin yang cukup kencang, sehingga meniupkan berbagai butiran pasir ke atas. Kondisi seperti ini yang kemudian membuat desiran suara, seperti ketika seseorang sedang berbisik. Itu sebabnya hingga kini orang menyebut kawasan ini dengan daerah pasir berbisik. Ada pula yang menyebutkan jika kasawan pasr berbisik terjadi karena pada saat musim kemarau tiba pasir yang berada di tempat itu seperti sedang berbisik, oleh sebabnya lokasi shooting dari sebuah film di beri judul pasir berbisik. Sejak saat itu lautan pasir yang terdapat di kawasan wisata Bromo ini terkenal dengan nama sebutan pasir berbisik.

Berwisata ke Lautan Pasir
Pasir Berbisik Bromo adalah salah satu keunikan lain dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu berupa padang pasir, Kawasan ini sendiri berada di bagian timur dari kawah Bromo, jika dilihat dari permukaan laut, maka ketinggian dari tempat ini sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Pasir Berbisik Bromo itu sendiri sebenarnya ialah kaldera raksasa, bagian dari kawasan pegunungan tengger yang diameternya sekitar 8-10 Km. Jadi ketika anda berada di lautan pasir Bromo, sebenarnya anda sedang berada di area pegunungan tengger yang beberapa gunungnya masih sangat aktif salah satunya Bromo.

Seperti diketahui bersama kawasan wisata Bromo ini memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, dimana Anda dapat mengunjungi bukit savanah atau sering disebut dnegan bukit teletubies, mengunjungi puncak pentingen, kawah Bromo, dan yang lainnya. Ada salah satu tempat yang tentunya cukup menarik untuk Anda kunjungi yaitu kawasan lautan pasir di Bromo.

Ketika Anda mengunjungi kawasan lautan pasir tepatnya di atas puncak kawah Bromo untuk menikmati matahari terbit, ada baiknya jika Anda menggunakan pakaian yang cukup tebal, karena udara di kawasan ini cukup dingin, terutama dini hari. Akan tetapi, apabila Anda tidak membawa pakaian yang cukup hangat, tidak perlu khawatir, karena di tempat ini, terdapat penyewaan jaket. Selain itu, tempat ini memang pas jika dikunjungi pada dini atau pagi hari. Selesai menikmati pemandangan matahari terbit, Anda dapat mengisi waktu dengan menikmati hamparan lautan pasir. Siang hari, kawasan ini akan menjadi sangat terik, oleh pantulan sinar matahari.

Keindahan panorama
Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan di tempat ini, seperti melakukan foto frewedding, dengan latar belakang hamparan pasir. Kegiatan lainnya yang tidak kalah seru adalah Anda dapat menyewa seekor kuda untuk digunakan mengelilingi kawasan ini. Di kawasan pasir berbisik ini memang ada beberapa warga lokal yang sengaja menyewakan kudanya untuk keliling kawasan ini.
Apabila Anda merasa haus atau sedikit lapar, tidak perlu khawatir, karena di beberapa titik di kawasan ini ada pedagang yang menjajakan makanan dan minuman dalam kemasan tertutup.

Akses Menuju Lautan pasir Berbisik
Jika Anda ingin mengunjungi kawasan ini, Anda dapat menyewa aneka mobil jeep yang sengaja disewakan untuk acara berkeliling kawasan ini, atau Anda dapat mengelilingi kawasan ini dengan cara menunggang kuda. Untuk harga biasanya memang sudah dibandrol. Akan tetapi jika Anda mengunjungi kawasan ini dengan mengikuti paket wisata, biasanya paket wisata tersebut akan menyertakan salah satu alat traksportasi untuk berkeliling kawasan pasir berbisik Bromo ini.

Biasanya trip mengunjungi Pasir Berbisik Gunung Bromo di mulai dari mengunjungi matahari terbit di puncak Gunung Penanjakan 1, kemudian di lanjutkan menuju Kawah Gunung Bromo, selanjutnya Jeep bromo berpetualang menuju Padang Savana / Bukit Teletubbies dan setelah cukup puas Pasir Berbisik Gunung Bromo adalah trip terakhir dalam sebuah paket wisata bromo. yang ditawarkan.

Pasir Berbisik Bromo

Wisata Gunung Bromo memang mempunyai keindahan pesona alam yang sangat lengkap sekali, dimulai dari pemandangan cantik matahari terbit (sunrise), deretan megah kawah gunung bromo, lautan padang pasir atau Pasir Berbisik Bromo begitu luas dan juga hamparan rumput yang terdapat di padang savana ini. Bebagai keindahan alam dapat Anda temukan di sekitar gunung Bromo, jika anda berminat untuk berwisata menuju gunung Bromo, saya rekomendasikan untuk menggunakan Paket wisata Bromo.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour