Beranda >> info wisata >> Pesona Air Terjun Blawan Bondowoso

Pesona Air Terjun Blawan Bondowoso

Pesona Air Terjun Blawan Bondowoso

Pesona Air Terjun Blawan BondowosoPesona Air Terjun Blawan, Air Terjun Misterius Gunung Ijen.
Pesona Air Terjun Blawan Bondowoso merupakan salah satu daya tarik dari Gunung Ijen. Ya, Gunung Ijen memang bukan hanya menyuguhkan destinasi unik berupa danau kawah dan api biru. Air Terjun Blawan sendiri merupakan tujuan wisata di Gunung Ijen yang lebih tepatnya berlokasi di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Air terjun ini sangat terkenal sebagai tempat singgah pada pendaki setelah lelah menempuh jalur pendakian Kawah Ijen. Mengingat di Air Terjun Blawan Anda berkesempatan untuk bisa melepas lelah sembari berendam di sumber air panas yang tidak jauh dari lokasi air terjun.

Unik dan Misterius Dengan Air Kuning Mengandung Belerang
Ketinggian Air Terjun Blawan mencapai kira-kira 30 meter. Air terjun tersebut merupakan aliran Sungai Banyuapit yang bertemu dengan rembesan air dari danau Kawah Ijen. Air terjun yang satu ini memang sangat unik karena memiliki air yang kekuningan. Hal tersebut tidak lain karena kadar belerang yang ada di dalamnya sangat tinggi. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda mencium bau belerang yang cukup kuat saat berada di dekat Air Terjun Blawan.

Selain itu, lokasinya yang dikepung oleh tebing-tebing tinggi, berada di sekitar air terjun sudah sangat jelas terdengar suara gemuruhnya suara dari aliran Air Terjun Belawan yang sangat deras. Bahkan lokasi tersebut juga menjadikan suara gemuruh cenderung menggema. Membuat debit air yang jatuh dari Air Terjun Blawan memiliki kapasitas yang benar-benar sangat banyak atau besar.

Lebih uniknya lagi, tebing-tebing tinggi yang mengelilingi Air Terjun Belawan menjadikan lokasinya lebih misterius. Bagaimana tidak, air terjun bahkan tidak bisa dilihat dari sembarangan sisi. Hanya bisa dilihat dari sisi barat. Hal yang tidak kalah menariknya lagi, air yang turun dari Air Terjun Blawan bukan jatuh ke permukaan bumi, melainkan langsung masuk ke dalam perut bumi yang kemudian akan menampakkan diri kembali di kawasan Asembagus Situbondo. Selanjutnya air akan terus mengalir serta bermuara di Laut Jawa.

Baca juga:
– Fenomena Milky Way di Kawah Ijen
– Event Musik Jazz Gunung Ijen Banyuwangi

Akses Jalan Menuju Air Terjun Blawan
Karena masih termasuk kawasan PTPN XII perkebunan kopi Blawan, maka Air Terjun Blawan berjarak kurang lebih 52 kilometer dari Kota Bondowoso. Untuk saat ini kawasan air terjun sudah bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah Anda melewati pintu masuk dan tidak lupa membayar karcis pada loket yang tersedia sesuai dengan harga yang ditetapkan, Anda masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 100 meter dengan kondisi jalanan berundak-undak dan naik turun.

Bagi Anda yang turun dari mendaki Kawah Ijen, maka untuk menuju ke Air Terjun Blawan perlu terlebih dahulu menuju ke Sempol dan melanjutkan perjalanan hingga menemukan papan petunjuk ke destinasi Air Terjun Blawan. Silahkan Anda ikuti papan petunjuk tersebut untuk bisa menikmati keunikan sekaligus keindahan destinasi Air Terjun Blawan di Gunung Ijen.

Jika Anda menempuh perjalanan dengan kendaraan umum, maka Anda harus naik angkutan umum yang menuju ke Sempol dari Kota Bondowoso. Kemudian dari Sempol Anda masih harus naik ojek menuju ke PTPN XII. Anda cukup membayar biaya Rp 5.000 untuk memasuki kawasan PTPN XII menuju kawasan air terjun.

Pesona Air Terjun Blawan Bondowoso

Sebagai tambahan informasi, selain pesona Air Terjun Blawan Bondowoso, Anda juga masih bisa menikmati objek wisata lainnya yang masih berada di lingkungan perkebunan kopi Blawan seperti Pemandian Air Panas Dhamar Wulan, Perkebunan Strawberry dan juga Goa Kapur.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour