Beranda >> info wisata >> Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Pulau Gili Ketapang ProbolinggoPesona Pulau Gili Ketapang Probolinggo.
Probolinggo merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur, Indonesia. Kota Probolinggo berbatasan langsung dengan Selat Madura pada sebelah Utara, Probolinggo Barat, Timur, Dan Selatan, dan jaraknya hanya 100 km dari sebelah tenggara Surabaya.

Probolinggo memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Probolinggo terkenal akan salah satu objek wisatanya yakni Gunung Bromo. Selain gunung bromo sebenarnya banyak objek wisata yang juga wajib untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata Probolinggo yang menarik untuk dikunjungi dan menjadi daya tarik adalah Pulau Gili Ketapang.

Gili Ketapang, Probolinggo
Gili Ketapang merupakan sebuah desa di Selat Madura dan berada di Kecamatan Sumberasih. Pulau Gili Ketapang adalah sebuah pulau kecil yang berada 5 mil di tengah laut dan berada diantara Pulau Madura dan Jawa. Untuk menuju pulau ini masih belum ada akses jembatan penghubung maupun kapal penumpang. Namun, bagi para wisatawan yang ingin menuju pulau tersebut, para wisatawan bisa menaiki perahu motor. Sebab sudah disediakan perahu motor untuk bisa sampai pada pulau tersebut. Akan tetapi, jumlah perahu motornya pun sampai saat ini masih sangat terbatas.

Masyarakat sekitar percaya, bahwa Pulau Gili ketapang Probolinggo sebelumnya menyatu dengan Pulau Jawa, dan setelah gempa yang diakibatkan oleh gunung Semeru yang meletus, maka gili ketapang terpisah dengan pulau Jawa. Sehingga nama pulau ini Gili Ketapang yang berasal dari bahasa Madura, gili yang artinya mengalir, dan ketapang adalah nama desa ketapang itu sendiri.

Suasana Pulau Gili Ketapang, Probolinggo
Dikarenakan tempatnya yang sulit untuk dijangkau, maka pulau ini masih sangat sepi pengunjung. Dipulau ini mayoritas penduduk yang menghuni adalah keturunan Madura yang memiliki profesi sebagai nelayan. Suasana di Pulau Gili Ketapang ini sangat menenangkan dan damai, sebab warna air laut yang terlihat sangat biru, ombak pantai di pulau yang sangat tenang, hamparan pasir putih pantai yang sangat luas, dan juga keramahan penduduk sekitar pulau menambah ketenangan.

Gua Kucing, Gili Ketapang
Di Pulau Gili Ketapang Probolinggo ada salah satu tempat menarik yakni gua kucing. Wisata religi gua kucing ini konon merupakan salah satu dari petilasan Sunan Giri, salah satu wali songo yang terkenal. Salah satu bukti bahwa tempat itu pernah disinggahi oleh sunan giri adalah adanya pohon santiki, di Situbondo juga ditemukan kayu yang sama dan menurut cerita juga merupakan petilasan Sunan Giri.

Menurut cerita, adik dari Sunan Giri yakni Sunan Gresik memelihara ribuan kucing, dan juga ada kucing yang kepalanya bertuliskan Bahasa Arab. Dan pada saat tokoh penyebar agama meninggalkan pulau Gili, kucing tersebut ditinggalkan begitu saja dan hilang entah ke mana.

Akan tetapi, suara – suara kucing tersebut terdengar di sela – sela gua yang gelap dan hal ini terjadi setiap malam Jumat Legi. Sehingga setiap Jumat Legi diadakan doa bersama.

Snorkeling Gili Ketapang, Probolinggo
Keindahan terumbu karang di Pulu Gili Ketapang Probolinggo, menjadi salah satu objek wisata untuk para wisatawan dan digunakan untuk snorkeling. Ombak yang cukup tenang juga membuat pulau ini menjadi tempat untuk snorkeling. Akan tetapi meskipun jumlah karang yang terhitung sedikit, namun banyak wisatawan yang menyukai snorkeling di pulau ini dan sangat cocok digunakan oleh pemula snorkeling.

Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Demikian sedikit ulasan mengenai salah satu pulau yang ada di Jawa Timur yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jika anda berkunjung ke Probolinggo, jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke Pulau Gili Ketapang, Probolinggo.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour