Beranda >> info wisata >> Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Semeru

Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Semeru

Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Semeru

Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung SemeruRute dan akses menuju wisata gunung Semeru – Gunung Semeru adalah salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia yang masih aktif, tidak hanya itu gunung ini juga tercatat sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini berada di daerah kabupaten Lumajang dan juga Malang. Bagi para pencinta alam kawasan gunung Semeru adalah salah satu kawasan yang sangt cantik dan tentunya patut untuk didatangi. Pesona alamnya yang indah, dan juga asri, yang paling spesial adalah danaunya, Ranu Kumbolo.

Ada banyak sekali orang yang mengunjungi kawasan ini, tidak hanya wisatasan lokal, banyak juga para pencinta alam yang datang dari luar daerah bahkan dari manca negara. Berikut adalah info lengkap mengenai Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Semeru

Malang
Jika Anda hendak mengunjungi kawasan wisata gunung Semeru, maka hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah berada di kota Malang, dari kota inilah Anda akan dapat melanjutkan perjalanan ke kawasan gunung Semeru. Anda dapat menggunakan jalur angkot dengan jurusan terminar Arjosari. Dari terminal Arjosari Anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan angkot dengan tulisan TA menuju pasar Tumpang.

Setelah Anda sampai di daerah Tumpang, selanjutnya Anda menuju kantor Perhutani, untuk mendapatkan izin pendakian. Anda perlu menyerahkan fotocopi KTP, materai, dan surat keterangan sehat dari dokter.

Setelah Anda mendapatkan surat izin, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah mencari angkutan menuju Ranu Pani. Saat ini jalur menuju ke Rani Pani ini menggunakan mobil jeep. 1 buah mobil Jeep dapat mengangkut sekitar 14 orang, dengan ongkos sekitar Rp. 38.000,- per orang, atau Anda dapat menyewa 1 buah jeep dengan harga Rp. 550.000,- untuk 1 mobil jeep.

Sampai di tempat tujuan, para pendaki harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 17.000/orang/hari, harga tiket ini untuk hari senin hingga hari sabtu. Sedangkan harga tiket Rp 22.000/ hari, khusus untuk hari minggu dan hari besar lainnya, sedangkan harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara adalah Rp. 250.000/hari (hari kerja), dan Rp. 325.000/hari (Hari libur: Jum’at Sabtu Minggu ).

Jalur pendakian
Ketika Anda telah sampai di daerah Ranu Pane ini, atau desa terakhir, Anda perlu mengunjungi pos pemeriksaan untuk para pendaki. Di tempat ini juga ada tempat untuk bermalam bagi para pendaki yag ingin melakukan perjalanan pagi hari. Desa Ranu Pane ini adalah sebuah perkampungan kecil yang dihuni oleh para suku Tengger. Para penduduk desa ini melakukan pekerjaan sebagai petani.

Terdapat 2 jalur yang biasa digunakan para pendaki yaitu jalur pintas dan jalur Watu Rejeng. Yang dimaksud dengan jalur pintas adalah jalur curam yang melintasi Gunung Ayek-Ayek, pada perjalanan awal, para pendaki akan menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi alang-alang. Di tempat ini terdapat banyak sekali petunjuk jalan. Anda hanya perlu mengikuti jalur tersebut, dan tujuan akhir adalah danau Ranu Kumbolo.

Sedangkan jalur lainnya yang juga banyak digunakan adalah jalur Watu Rejeng, dimana waktu tempuhnya 4 hingga 5 jam. Jalur ini terlihat lebih nyaman dan digunakan sebagai jalur wisata, para pendaki pemula juga dapat menggunakan jalur ini. Di tempat ini terdapat beberapa pondok atau shelter yang dapat digunakan untuk beristirahat. Di lereng bukit ini banyak ditumbuhi pohon Edelweis, di ujung tempat ini ada sebuah tebung terjal dengan pemandangan yang sangat memukau. Tak jauh dari tebing tersebut Anda akan dapat melihat danau Ranu Kumbolo yang sangat indah.

Ranu Kumbolo – Kalimati – Mahameru
Setelah puas menikmatipemandangan danau Ranu Kumbolo, para pendaki akan mengawali pendakian dengan bukit yang cukup terjal, orang menyebut bukit ini dengan bukit cinta. Menurut mitos ketika seseorang dapat mendaki tanjakan ini tanpa henti maka cintanya akan abadi. Lama perjalanan dari Ranu Kombolo ke Kalimati sekitar 5 KM atau sekitar 2 hingga 3 jam.

Untuk mencapai puncak, dari Kalimati para pendaki biasanya memulai pendakian pagi-pagi sekali, biasanya para pendaki mmemulai perjalanannya pada jam 2 dini hari. Lama perjalanan menuju ke puncak sekitar 5 hingga 6 jam. Jika sudah berada di puncak maka para pendaki akan dapat melihat puncak Mahameru dan juga melihat kawah yang disebut dengan Jongring Saloko. Suhu di puncak Mahameru ini sekitar 4 hingga 10 0C. Tidak heran jika di puncak ini, para pendaki dapat melihat kristal es.

Rute dan Akses Menuju Wisata Gunung Semeru

Persiapan yang matang dan juga kondisi fisik yang kuat akan membuat Anda merasa nyaman selama perjalanan dan selama pendakian, demikianlan ulasan menganai rute dan akses menuju wisata gunung Semeru semoga bermanfaat untuk semua.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour