Beranda >> info wisata >> Sejarah Letusan Gunung Semeru

Sejarah Letusan Gunung Semeru

Sejarah Letusan Gunung Semeru

Sejarah Letusan Gunung SemeruSejarah letusan gunung Semeru, gunung semeru merupakan gunung berapi di Jawa Timur, gunung ini memiliki banyak fenomena alam mulai dari hal indah hingga suatu bencana. Gunung ini merupakan salah satu gunung teraktif vulkanologi yang sampai saat ini masih bekerja dengan usat pergerakan di kawah Jonggring Seloka, gunung ini merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, gunung ini memiliki beberapa riwayat letusan mulai dari letusan ringan hingga letusan yang benar-benar dasyat.

Letusan gunung Semeru sendiri membentuk lahar-lahar yang turun ke bawah gunung dan menjadikan daerah di gunung Semeru begitu subur, maka dari itu masyarakat sekitar gunung biasanya berprofesi menjadi seorang petani sayur dan peternak hewan karena lokasi yang sangat subur dan dipenuhi dengan tumbuhan hijau. Namun ada satu hal yang menjadi kekhawatiran dari gunung Semeru adalah ketika terjadinya letusan, warga desa setempat harus mengungsi dan rumah serta seluruh aset penduduk habis dilalap oleh lahar dan magma yang turun dari atas gunung.

Baca juga: Legenda gunung Semeru

Gunung Semeru ini memiliki banyak sejarah mengenai letusan, untuk itu disini saya akan mengulas mengenai tahun dan sejarah letusan gunung Semeru yang benar-benar dasyat. Oleh karena itu simak secara terperinci artikel berikut.

  1. Tahun 1818.
    Gunung berapi ini meletus pertama kali, letusan dari gunung Semeru begitu dasyat sampai wilayah seluruh jawa Timur terkena dampak dari letusan gunung Semeru.
  2. Tahun 1942.
    Gunung Semeru kembali meletus dengan dasyat, letusan berada di lereng sebelah timur sampai ketinggian 1400-1755 m. Titik letusan sebanyak 6 tempat dan lelehan lava masuk ke dalam blok semut serta menimbuni pengairan bantengan, lava panas tersebut mengalir dari bantengan sepanjang 6,5 km.
  3. Tahun 1961.
    Gunung Semeru kembali mengamuk, letusan berbentuk tromboli dan dilempar 3000 m di atas permukaan laut, letusan sampai ke arcopodo. Aliran lava terjadi di besuk sat, kaki glidik dan beberapa tempat lainnya dekat arcopodo.
  4. Tahun 1963.
    Gunung Semeru meletus hingga menyebabkan awan panas yang mencapau 8 km dari kawah.
  5. Tahun 1968.
    Pertumbuhan lava terus berlanung, banjir lahar memakan tiga orang warga penduduk desa Sumber Wungkil.
  6. Tahun 1977.
    Gunung Semeru kembali meletus guguran lava kembali memanas, guguran lava turun sepanjang 10 km dari besuk kembar, dan mengalami endapan sedalam 6,4 km.
  7. Tahun 1978.
    Gunung Semeru kembali meletus, dimana gunung ini memunculkan guguran lava hingga 8 km dan mengalami awan panas hingga 7 km.
  8. Tahun 1981.
    Gunung Semeru kembali meletus dan lava mencapai dusun sumpit tengah yang suhunya mencapai 120 derajat celcius.
  9. Tahun 1994.
    Gunung Semeru mengalami letusan dengan dentuman kuat, lava tersebut mengalami dentuman dan hujan abu mencapai seluruh desa di lereng gunung Semeru. 9 orang meninggal akibat lahar panas yang turun dari puncak gunung Semeru. Maka dari itu ini merupakan satu letusan hebat gunung Semeru.

Sejarah Letusan Gunung Semeru

Itulah beberapa letusan gunung Semeru, bahkan sampai tahun 2000an gunung Semeru masih aktif dan meletus. Gunung Semeru ini sewaktu-waktu dapat meletus dan aktif untuk mengeluarkan lahar dan magma, jadi biasanya untuk mengantisipasi letusan yang terjadi, maka pemerintah melakukan sosialisasi penanggulangan bencana bagi warga sekitar gunung Semeru. Oleh karena itu perlu sekali berhati-hati dan tetap wasdapa dengan adanya letusan susulan. Itulah sejarah letusan gunung Semeru yang memang tercatat dasyat dan sering kali terjadi berulang-ulang.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.