Beranda >> info wisata jawa timur >> Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Taman Nasional Meru Betiri BanyuwangiObyek Wisata Taman Nasional Meru Betiri di Banyuwangi Jawa Timur.
Taman Nasional Meru Betiri adalah salah satu taman nasional yang berada di dua kabupaten yaitu Jember dan Banyuwangi di wilayah Provinsi Jawa Timur. Luas Taman Nasional Meru Betiri sekitar 58.000 ha. Nama Meru Betiri sendiri diambil dari dua gunung yang berada di kawasan tersebut yaitu Gunung Meru dengan ketinggian 500 mdpl dan Gunung Betiri yang memiliki ketinggian 1.223 m. Pada tahun 1931, kawasan ini ditetapkan menjadi hutan yang dilindungi. Tiga puluh enam tahun kemudian, wilayah hutan ini ditetapkan menjadi Suaka Margasatwa. Penetapan Meru Betiri sebagai taman nasional baru dilakukan pada tahun 1982. Penetapan tersebut dilakukan oleh Menteri Pertanian yang menjabat pada era itu. Penunjukan Meru Betiri sebagai taman nasional diperkuat oleh SK Menteri Kehutanan No. 277/Kpts-VI/97. Obyek wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung di Taman Nasional Meru Betiri adalah hutan dan pantai.

Flora di Obyek Wisata Meru Betiri
Di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi terdapat tanaman langka Rafflesia Zollingeriana. Tanaman lain yang dapat kita jumpai di sini adalah tanaman bakau (Rhizopora sp.), Avicennia sp., rengas (Gluta Renghas), Hibiscus Tiliaceus, pulai (Alstonia Scholaris), Calophyllum Inophyllum, Lagerstroemia Speciosa, 27 spesies anggrek, dan berbagai tanaman obat. Total tanaman yang ada di kawasan wisata Meru Betiri adalah 518 jenis, dimana 239 jenisnya merupakan tanaman obat. Contoh tanaman obat yang endemik di hutan Meru Betiri adalah cabai jawa (Piper Retrofractum Vahl) yang berfungsi untuk mengobati diare. Tanaman obat lainnya yaitu Pollia sp. yang bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, sawi langit sebagai obat kanker getah bening, dan Lunasia Amara Blanco sebagai aprodisiak.

Di kawasan hutan ini juga terdapat perkebunan karet. Perkebunan tersebut merupakan warisan zaman Belanda. Sebelum ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung, Meru Betiri dahulunya merupakan area perkebunan dengan aneka tanaman seperti kopi, karet, dan kakau. Produk perkebunan ini dulu juga beredar di pasar Eropa. Perkebunan yang ada sudah tidak seluas perkebunan yang ada pada masa Belanda. Sekarang, perkebunan ini sudah dikelola oleh pribumi.

Baca juga:
– Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
– Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Fauna di Kawasan Taman Meru Betiri
Beraneka hewan yang dilindungi ada di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi. Beberapa hewan langka tersebut diantaranya adalah macan tutul (Panthera Pardus Melas), harimau jawa (Panthera Tigris Sondaicus), Bos Javanicus, Macaca Fascicularis, Prionailurus Bengalensis Javaensis, Cervus Timorensis Russa, merak, Cuon Alpinus Javanicus, penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, serta beragam hewan lainnya. Jenis mamalian yang terdapat di sini adalah 29 jenis dan spesies burung ada sekitar 180 jenis.

Obyek Wisata di Taman Nasional Meru Betiri
Obyek wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan selain hutan dengan beraneka ragam flora dan fauna adalah pantai. Pantai yang berada di kawasan ini meliputi Pantai Rajegwesi, Teluk Hijau, Pantai Batu, dan Pantai Sukamade. Pantai di sini terkenal masih “perawan” karena memang kondisinya masih alami. Pantai di daerah ini ombaknya kecil sehingga penduduk sekitar pun berprofesi sebagai nelayan. Di Pantai Rajegwesi juga terdapat pasar pelelangan ikan sehingga pengunjung bisa membeli ikan segar langsung tangkapan dari laut. Sedangkan di Pantai Sukamade, kita bisa melihat penyu di sepanjang pantai. Obyek wisata lainnya yaitu Goa Jepang. Goa ini merupakan benteng perlindungan yang digunakan oleh tentara Jepang pada masa penjajahan. Sekarang, Goa Jepang ini menjadi tempat wisata di kawasan Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.