Beranda >> info wisata >> Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan SurabayaTugu Pahlawan Surabaya; Heroic Monument of Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya memiliki arti yang sangat penting bagi warga Surabaya dan Indonesia pada umumnya lantaran nilai sejarah dan perjuangannya.

Tugu Pahlawan Surabaya atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Heroes Monument atau Heroic Monument memang menjadi ikon penting dari Kota Surabaya. Bahkan, nama Kota Pahlawan yang disematkan pada Kota Surabaya sendiri memiliki latar belakang yang kuat dengan peristiwa sejarah dimana akhirnya tugu atau monument ini didirikan. Ya, saat ini monument tersebut sudah menjadi lokasi atau destinasi wisata sejarah yang tidak pernah sepi pengunjung karena memang menjadi ikon kota Surabaya.

Sejarah Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya yang terletak di jantung kota Surabaya ini memiliki tinggi 41,15 meter, diameter atas 1,3 meter sedangkan diameter bawah 3,1 meter. Tugu ini menjadi simbol penting dari peristiwa bersejarah serta untuk memperingati peristiwa terkenal Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November tahun 1945. Peristiwa 10 November ini memang tidak bisa begitu saja terlupakan oleh warga Surabaya. Di tanggal itu, arek-arek Surabaya berperang dengan gigih untuk mengusir penjajah.

Memang, kekokohan Tugu Pahlawan Surabaya menggambarkan semangat pejuang arek-arek Surabaya mengusir Belanda dan Sekutu bermodalkan bambu runcing serta senjata rampasan. Mungkin, memang ada maksud dan gambaran yang tidak bisa dipisahkan dari sejarahnya kenapa bentuk tugu ini menyerupai sebuah paku lancip terbalik. Dari sisi sejarah, memang tugu ini menjadi simbol sejarah, kehormatan serta kebanggan warga Surabaya. Wajar jika keberadaannya menjadi ikon yang sangat vital.

Tugu Pahlawan Surabaya dibangun tepat di atas lahan dengan luas 2,5 hektar. Di atas lahan ini juga terdapat Pengadilan Tinggi atau Raad van Justitie pada era colonial Belanda. Lokasi ini juga dijadikan tempat latihan bagi para polisi militer Indonesia di zaman pendudukan Jepang. Mereka berlatih untuk berperang melawan pendudukan Jepang. Sayangnya, Pengadilan Tinggi itu hancur saat serangan Sekutu pada peristiwa Pertempuran Surabaya tanggal 10 November tahun 1945.

Tugu Pahlawan Surabaya diresmikan secara langsung oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang meletakkan batu pertama tepat pada tanggal 10 November 1951. Artinya, 6 tahun setelah pertempuran mematikan tersebut, museum ini dibangun. Usai pengerjaan kontruksi yang memakan waktu satu tahun, area tugu ini kemudian buka untuk umum. Di dalamnya ada banyak lokasi menarik yang bisa dikunjungi, selain Tugu Pahlawan tersebut.

Ada patung Ir. Soekarno dan Moh. Hatta yang sedang membacakan proklamasi kemerdekaan, ada makam pahlawan tanpa nama dan lain-lain. Pengunjung Tugu Pahlawan Surabaya juga bisa melihat koleksi senjata termasuk diorama dari Pertempuran 10 November termasuk juga ada foto dan patung. Semuanya memberikan gambaran detail tentang bagaimana pertempuran itu terjadi. Anda pasti akan berdecak kagum menikmati sejarah serta nilai dari museum ini.

Lokasi, Fasilitas dan Tiket Masuk Tugu Pahlawan Surabaya
Jika Jakarta memiliki Monas, maka Surabaya memiliki Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan Surabaya berlokasi di Jalan Pahlawan tepat di depan Kantor Gubernur Jawa Timur. Ini membuat Anda yang ingin mengunjungi wisata ini sangat mudah baik menggunakan kendaraan pribadi atau taxi. Anda juga bisa membeli souvenir dari penjual souvenir yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata ini termasuk juga tempat makan dan istirahat sambil memandangi kokohnya Tugu Pahlawan ini.

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya dibuka setiap hari Selasa sampai Jumat mulai pukul 07.00 sampao 15.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu buka dari 07.00 sampai 12.00 WIB. Untuk biaya tiketnya, setiap pengunjung dikenai biaya Rp 5.000,-. Rencanakan hari libur Anda untuk datang kesini.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour