Beranda >> info wisata >> Upacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger Bromo

Upacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger Bromo

Upacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger Bromo

Upacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger BromoUpacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger Bromo merupakan sebuah ritual upacara yang dilaksanakan di hari ke empat belas pada bulan Kasada, rangkaian acaranya pun diselenggarakan hingga hari ke enam belas. Pada hari itu, berbagai sesembahan sesaji di haturkan kepada Sang Hyang Widhi dan para leluhur. Bulan Kasada merupakan sistem penanggalan kalender tradisional agama Hindu suku Tengger.

Suku Tengger merupakan pemeluk agama Hindu kuno yang cara dan tempat ibadatnya berbeda dengan pemeuluk agama Hindu di daerah lainnya. Mereka tidak beribadat di candi, melainkan di sebuah lahan di kawasan hamparan pasir di kaki Bromo yang dinamai dengan sebutan Poten. Poten sendiri terdiri dari tanan-tatanan bangunan dalam komposisi yang terbagi menjadi tiga mandala.Nah, di tempat inilah Upacara Yadnya Kasada Bromo dilaksanakan. Selain di Poten, pemeluk Hindu suku Tengger juga melakukan ibadat di Danyang dan Punden

Upacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger Bromo ini bertujuan untuk memperingati leluhur mereka yaitu Raden Kusuma yang merupakan anak bungsu dari Jaka Seger dan Rara Anteng yang rela berkorban di kawah gunung Bromo demi keselamatan seluruh masyarakat Tengger pada waktu itu. Cerita selengkapnya bisa di dapatkan dari kisah-kisah legenda Gunung Bromo. Selain sebagai peringatan leluhur, Upacara Yadnya Kasada Bromo ini juga sebagai sarana untuk memohon keselamatan dan berkat kepada Sang Hyang Widhi. Upacara Yadnya Kasada Bromo ini telah dilaksanakan dari masa Kerajaan Majapahit.

Saat upacara ini berlangsung, para masyarakat suku Tengger akan berkumpul dan membawa berbagai macam hasil bumi dan binatang peliharaan yang di bawa dalam sebuah tempat yang disebut dengan Ongkek. Selanjutnya, sesembahan itu akan di lemparkan ke kawah gunung Bromo.

Berbagai tahapan runtut harus dilaksanakan dalam Upacara Yadnya Kasada Bromo ini. Yakni dimulai dengan Puja Purkawa, Manggala Upacara, Ngulat Umat, Tri Sandiya, Muspa, Pembagian Bija, Diksa Widhi dan terakhir pemberian sesaji ke dalam kawah Gunung Bromo.

Berbagai rangkaian acara yang harus sama setiap tahunya juga berjalan runtut. Dari rangkaian pertama yaitu Sadya Kala Puja hingga rangkaian acara terakhir yang disebut dengan Surya Puja yang merupakan acara inti yaitu pengorbanan hasil bumi oleh seluruh masyarakat Tengger di kawah gunung Bromo.dan Puden Cemara Lawang.

Baca juga:
Jasa sewa Jeep Bromo Murah
– Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo

Pada rangkaian awal acara, dibuka dengan pengukuhan dukun atau sesepuh Suku Tengger setelah mereka lulus uji dengan melafalkan mantra-mantra. Dukun di dalam tata masyarakat Suku Tengger ini merupakan pemimpin agama yang berperan untuk memimpin jalannya uoacara ritual keagamaan, ritual perkawinan, dll, kemudian disajikan pementasan sendratari Rara Anteng Jaka Seger di panggung terbuka Desa Ngadisari. Terdapat mitos yang masih dipercaya hingga kini dari rangkaian acara tersebut yaitu aturan gerakan dan ururtan tarian tidak boleh dirubah karena jika dirubah maka akan membawa dampak peningkatan aktivitas kawah aktif gunung Bromo. Untuk kostum Jaka Seger pun para leluhur disana harus memberikan mantra-mantra terlebih dahulu.

Upacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger Bromo

Upacara Yadnya Kasada Bromo ini merupakan salah satu wujud pelestarian budaya yang mengandung nilai-nilai yang dapat dipetik dan terus dilestarikan oleh generasi penerus. Di luar masyarakat Tengger yang memiliki kepercayaan menganai upacara adat yadnya kasada suku tengger Bromo, masyarakat umum pun dapat menilai bagaimana uniknya Upacara Yadnya Kasada Bromo ini dan inilah letak dimana masyarakat dapat menilai bagaimana kayaknya kearifan lokal yang dimiliki. Dan hal ini juga membawa manfaat tersendiri bagi masyarakat setempat selain tujuan Upacara Yadnya Kasada Bromo terkait dengan kepercayaan mereka, mereka juga mendapat keuntungan dari segi pariwisata dimana akan terjadi lonjakan wisatawan yang cukup meningkat karena upacara tersebut mampu menarik animo berbagai kalangan masyarakat.

CUSTOMER SERVICE


Call Cs 1 : (+62335) - 4430 361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

FOLLOW US

PAKET WISATA BROMO TOUR

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.