Beranda >> Ijen tour info wisata wisata kawah ijen >> Wisata Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen

wisata kawah ijenWisata Kawah Ijen | Gunung Ijen adalah sebuah lokasi wisata liburan di Jawa Timur berupa danau kawah yang memiliki pesona keindahan luar biasa.

Membicarakan wisata kawah ijen pasti identik dengan fenomena langkanya yang membuat wisata kawah ijen ini terkenal hingga mancanegara. Wisata yang terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur dan berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen ini benar-benar mempesona dengan keunikannya yaitu fenomena alam blue fire atau api biru.

Kawah ijen adalah sebuah danau vulkanik yang ada di gunung Ijen. Sehingga untuk mencapai lokasi wisata kawah Ijen kita harus mendaki gunung Ijen karena lokasi kawahnya sendiri berada pada ketinggian 2.443 mdpl. Fenomena blue fire di kawah Ijen ini baru bisa kita nikmati dengan sedikit pengorbanan. Ya. pengorbanan karena kita harus mendaki dan juga mengunjungi lokasi kawah pada dini hari. Fenomena blue fire tidak bisa dilihat sewaktu-waktu dan waktu paling tepat untuk menyaksikan fenomena alam unik ini pada saat dini hari.

Baca recommend paketnya:
– Paket Wisata Kawah Ijen Tour 2 hari 1 malam

Fakta-fakta Blue Fire
Ternyata, walaupun namanya adalah blue fire/blue flame namun api biru pada wisata kawah Ijen ini bukan merupakan api sesungguhnya. Bukan seperti ekspektasi kita yang membayangkan seperti api pada kompor yang warnanya biru. Blue fire pada wisata Kawah Ijen ini merupakan hasil reaksi dari gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada kondisi suhu tertentu. Dan fakta inipun baru diketahui 6 tahun yang lalu setelah oeneliti dari Swiss melakukan penelitian pada Kawah Ijen.

Namun terlepas dari itu semua, Indonesia patut bangga karena fenomena seperti ini sangat langka sekali. Bahkan di dunia hanya terdapat 2 lokasi dengan fenomena seperti ini. Yang pertama adalah di wisata lawah ijen sedangkan yang satunya lagi berasa di negara Islandia. Sehingga tak heran jika banyak turis baik lokal maupun dari mancanegara seringkali mengunjungi lokasi wisata Kawah Ijen ini.

Fenomena blue fire ini baru diketahui oleh para penduduk sekitar pada tahun 1950 an, diprediksi yang pertama kali mengetahui adanya fenomena langka yang satu ini adalah warga setempat yang melakukan penambangan belerang. Sejak saat itu hingga sekarang lokasi ini menjadi sebuah tempat wisata yang terkenal dan warga sekitar pun ikut merasakan dampak positif dengan berkembangnya sektor pariwisata di kawasan wisata Kawah Ijen ini.

Kearifan Lokal Penduduk Setempat
Selain sektor pariwisatanya yang maju, penduduk sekitar wisata Kawah Ijen ini juga bermata pencahariaan sebagai penambang belerang. Ya.. kawah ijen memiliki potensi alam yang sangat melimpah sehingga penduduk sekitar pun bisa mengambil kekayaan alam tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Maka tak heran jika kita para wisatawan sedang melakukan pendakian menuju lokasi fenomena blue fire kita akan melihat para penduduk sekitar melakukan kegiatan penambangan belerang dengan masih menggunakan cara tradisional. Disepanjang jalur trek pendakian pun kita akan sering menjumpai para penambang memikul belerang hasil mereka menambang. Tak main-main sekali turun, para penambang tersebut bisa membawa belerang yang beratnya hingga 60 kilogram. Yang juga menjadi suatu hal yang bisa kita nikmati ketika melakukan perjalanan wisata kawah ijen ini kita juga bisa menyaksikan kearifan lokal penduduk setempat dimana mereka masih mempertahankan pola kehidupan tradisional yang bersahabat dengan alam.

Wisata Kawah Ijen

Wisata kawah ijen ini tidak hanya bisa dinikmati pada dini hari, karen pada saat hari sudah terang pun kita bisa menikmati keindahan alam dari kawah ijen ini. Kawah ijen sendiri merupakan danau asam terbesar di dunia dengan luas kawah sekitar 54 hektar dan kedalamannya mencapai 200 meter. Kawah Ijen memiliki pemandangan air yang warnanya sangat cantik yakni biru tosca. Namun kandungan asam yang sangat tinggi membuat danau ini tidak bisa didekati dan di sentuh airnya.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour