Beranda >> info wisata >> Wisata Gunung Semeru

Wisata Gunung Semeru

Wisata Gunung Semeru

Wisata Gunung SemeruWisata Gunung Semeru, puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru 3.676M dpl, dengan kawahnya yang bernama Jonggring Saloko. Mendaki gunung merupakan aktivitas kekinian saat ini dan begitu banyak peminatnya, baik yang masih pemula maupun yang memang sudah berpengalaman. Rasa syukur dan pasrah, mengakui kebesaranNya akan seluruh alam kekayaan dan keperkasaan gunung yang menjulang menjadi ikon paling menakjubkan saat melakukan pendakian gunung. Wisata Gunung Semeru bisa menjadi pilihan Kamu untuk menantang adrenalin dan kekuatan fisik menaklukan puncak tertinggi di Pulau Jawa ini. Tapi yang patut diingat, kondisi fisik dan mental harus kuat, jangan memaksakan diri terlebih untuk pendaki pemula. Alternatif lain mungkin anda bisa menaklukkan Gunung Bromo yang sama-sama berada di kawasan Jawa Timur.

Baca: Pesona keindahan Wisata Gunung Bromo

Objek wisata gunung Semeru tidak hanya di kenal dengan gunung tertinggi di Pulau jawa, tetapi terdapat juga keindahan di balik Semeru seperti Ranu Pane, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo yang kini di sebut juga Surganya para Pendaki. Berikut beberapa penjelasan yang bisa membantu kita untuk lebih mengenal Gunung Semeru dan serba serbinya.

Perjalanan Panjang Sampai ke Puncak Mahameru
Seperti namanya yang megah, trek perjalanan menuju Puncak Mahameru sungguh berat dan penuh resiko. Fisik kita benar-benar harus fit baik jasmani maupun rohani. Perlengkapan pun harus dicermati sungguh-sungguh, salah-salah nanti kehabisan air minum di tengah perjalanan apabila tidak hati-hati. Dari Ranu Kumbolo, perjalanan dapat dilanjutkan ke Kalimati. Selama perjalanan kita akan disuguhkan pemandang indah mulai dari Tanjakan Cinta, kemudian hamparan padang lavender yang pada musim tertentu akan berbunga ungu eksotis. Setelah melewati padang lavender yang tinggi, sampailah di tempat bernama Cemoro Kandang. Di sini kita bisa beristirahat sejenak sebelum ke pemberhentian terakhir penanjakan yaitu Kalimati. Sesampainya di Kalimati, kita bisa mulai mempersiapkan segalanya yang akan dibawa selama pendakian ke Puncak Mahameru di Wisata Gunung Semeru. Jangan lupa headlamp, air minum yang diusahakan cukup sampai puncak, makanan seperti roti atau coklat untuk penambah tenaga, persediaan oksigen, serta mental yang kuat. Yakinkan dirimu terlebih dahulu apakah ingin ke puncak atau tidak, bentuk kelompok beberapa orang yang dapat siap siaga sewaktu-waktu ada yang memerlukan bantuan. Jangan merasa Kamu sanggup mendaki atau memang sudah berpengalaman sehingga dapat menimbulkan sifat congkak dan egois. Sifat-sifat buruk tersebut tidak akan membawa kita ke puncak, tetap rendah hati dan selalu meminta petunjuk padaNya sebelum memulai perjalanan.

Puncak Mahameru! Ketika sampai di Puncak, tak lupa untuk memanjatkan syukur ke hadirat Tuhan YME atas izinnya kita dapat menikmati dan mencicipi Puncak tertinggi di Jawa ini. Tapi perlu hati-hati, setelah berfoto-foto jangan lupa ada kawah di Wisata Gunung Semeru ini yang masih aktif, yaitu kawah Jonggring Saloka. Gemuruh dari perut gunung masih dapat dirasakan serta asap beracun dapat keluar dari kawah sewaktu-waktu. Setelah mencapai puncak dan menikmati pemandangan, sebaiknya segera turun kembali ke Kalimati untuk menghindari gas beracun.

Kisah Mistis dan Riwayat Keindahan Gunung Semeru Kini
Di daerah Senduro tepatnya Lumajang, terdapat pura tertua untuk sembahyang umat Hindu tepat di kaki Semeru. Ya, Gunung Semeru lekat dengan ceritera dari Agama Hindu, dimana dahulu kala Gunung Meru yang ada di India merupakan asal usul dari lahirnya Gunung Semeru serta jajaran pegunungan yang ada di Pulau Jawa. Gunung Semeru dipercaya merupakan titisan dari Dewa Siwa dan umat Hindu merayakan pemujaan kepada Dewa Siwa di tempat ini.

Wisata Gunung Semeru dewasa ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan khususnya para pendaki yang ingin menguji kemampuannya dalam menaklukan puncak-puncak gunung. Karena ramainya pengunjung, beberapa pendaki tidak bertanggungjawab tidak menjaga kebersihan di gunung sehingga masyarakat banyak mengeluhkan tentang sampah-sampah yang tidak dibawa turun oleh pendaki. Gunungan-gunungan sampah ini menjadi masalah yang harus dipecahkan bersama-sama. Miris rasanya, Wisata Gunung Semeru yang terkenal akan kemegahannya harus rusak seketika oleh ulah manusia. Maksud hati menikmati, malah mengotori lingkungan sekitar gunung. Ayo kita kembalikan Gunung Semeru seperti sediakala jauh sebelum manusia menapakkan kakinya di tempat ini. Ijinkan anak cucu kita agar masih dapat melihat keindahan alam Wisata Gunung Semeru.

Wisata Gunung Semeru

Demikianlah sedikit artikel tentang Objek wisata jawa timur yaitu Gunung Semeru, Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin berwisata ke Gunung Semeru.

Customer Service


Call Cs 1 : +62335-4430361
Call Cs 2 : +62 82 334 900 924
WA : +62 8561 9999 09

Formulir Kontak >>

Paket Wisata Bromo Tour

Paket Wisata Bromo adalah tempat objek wisata yang tersohor di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Obyek wisata Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan dan berlibur ke Wisata Bromo ada 4 lokasi yang wajib di kunjungi yaitu menikmati indahnya Matahari Terbit, Kawah Bromo, Padang Rumput Savanah dan pasir berbisik. apa bila anda ingin mengambil paket wisata bromo segera hubungi kami hanya di Bromo Tour