Bukit Kingkong Bromo – Alternatif Lain Melihat Sunrise

Menikmati Sunrise dari Bukit Kingkong Bromo.

Tak banyak wisatawan yang mengenal pesona Bukit Kingkong ini, terkadang para wisatawan hanya terpaku pada satu titik untuk menyaksikan matahari terbit khas Bromo yakni pada puncak penanjakan 1. Sedangkan, masih terdapat beberapa spot lain yang tak kalah menarik untuk menikmati pemandangan matahari terbit, di antaranya adalah di Bukit Kingkong Bromo. Bukit Kingkong merupakan spot melihat Sunrise yang jaraknya hanya 2,5 km dari penanjakan 1.

Bukit yang memiliki ketinggian 2.600 mdpl yakni sedikit lebih rendah di bandingkan dengan penanjakan 1. Sebenarnya dapat menjadi alternatif yang bagus. Pesona yang di dapatkan pun tak jauh beda, dari sudut pandang yang lebih rendah pengunjung masih dapat menikmati pemandangan pesona matahari terbit dengan latar belakang Gunung-Gunung eksotis yang memanjakan mata yaitu Gunung bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

Bukit Kingkong Bromo
Puncak Kingkong

Pemandangan dari Bukit Kingkong lebih memuaskan di bandingkan dengan Penanjakan 1. Karena lanskap panorama yang di dapatkan dapat lebih luas dan menakjubkan. Wisatawan yang menyaksikan pemandangan matahari terbit dari atas puncak Kingkong ini juga dapat melihat terbentangnya samudera pasir atau kaldera Bromo, Gunung semeru serta pemandangan kota Probolinggo dan Pasuruan.

Bukit Kingkong memiliki asal mula nama menurut beberapa orang, karena pada salah satu bagian tebing di bukit ini terlihat menonjol. Dan jika di lihat lebih seksama tonjolan tebing tersebut terlihat layaknya seperti kepala dan wajah kingkong. Tebing yang menyerupai wajah kingkong itu tentunya terpahat secara alami dan tepatnya berada persis si belakang pagas pembatas keamanan. Di sebutkan bahwa bagian batu yang menonjol dan beberapa cekungan yang terukir di sekitarnya di anggap menyerupai bentuk mata dan hidung kingkong.

Fasilitas Apa Saja yang tersedia di Bukit ini?

Bukit Kingkong Bromo memang belum memiliki beberapa fasilitas umum seperti tempat ibadah. Namun hal ini memang di tujukan untuk kelestarian alami. Untuk fasilitas kenyamanan saat menuju Bukit Kingkong sudah ada sarana dan prasarana seperti jalan yang di paving dan juga pagar pembatas. Selain itu tempat parkiran yang di sediakan juga cukup luas di bandingkan dengan puncak penanjakan 1. Sehingga pengunjung dapat dengan leluasa mengunjungi Bukit Kingkong.

Meski tidak setinggi puncak penanjakan 1 Bromo, Bukit Kingkong memiliki pemandangan yang juga menakjubkan. Berada di puncak bukit ini memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya layaknya berada di negeri atas awan

Dengan view mantahari terbit akan kontras terlihat dengan pemandangan indah lainnya yakni kaldera Bromo, G semeru serta pemandangan kota Probolinggo.

Akses Menuju Bukit Kingkong

Untuk sampai di puncak Kingkong Bromo wisatawan terlebih dahulu perlu menuju kawasan Taman Nasional melalui jalur Wonoktiri atau Probolinggo. Lalu setibanya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa jeep untuk menuju ke Bukit Kingkong. Setelah sampai di kawasan tersebut penggunjung masih perlu berjalan sejaun 200 m untuk menuju puncak Bukit Kingkong. Info pemesanan Jeep bisa hubungi ke +62 82 334 900 924.

Baca juga Paket Wisata Bromo Lainnya: