Perbedaan Puncak Penanjakan 1 dan Penanjakan 2 Bromo

Perbedaan Puncak Penanjakan 1 dan Penanjakan 2 Bromo

Perbedaan Puncak Penanjakan 1 dan Penanjakan 2 Bromo – Menikmati pemandangan matahari terbit di Bromo memang memiliki pesona sendiri.

Tak heran setiap masa liburan tiba kepadatan pengunjung untuk menikmati keindahan matahari terbit di puncak penanjakan sudah sangat menjadi-jadi, bahkan bayak wisatawan yang sudah bergegas mulai dari jam 3 pagi untuk berada di puncak demi mendapatkan spot pemandangan The Golden Sunrise terbaik, meski harus melawan rasa kantuk dan dingin yang menusuk.

Namun, sebenarnya masih banyak spot lainnya yang dapat didatangi wisatawan untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit tanpa perlu berdesakan. Salah satu spot alternatifnya adalah puncak penanjakan 2 Bromo. Memang tempat ini berada di tempat yang sama yaitu di gunung Penanjakan, akan tetapi ada sisi perbedaan. Penasaran dengan apa perbedaan puncak penanjakan 1 dan penanjakan 2 Bromo? Berikut ulasan lengkapnya.

Puncak Penanjakan 1 Bromo

Merupakan spot populer yang sudah terkenal dengan sudut pemandangan yang sangat menakjubkan untuk menikmati matahari terbit atau The Golden Sunrise. Memiliki ketinggian 2.770 mdpl puncak penanjakan 1 ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional, yang terletak di arah barat daya Bromo.

Bukan hanya wisatawan dalam negeri yang menyukai pemandangan sunrise di penanjakan 1 Bromo yang terkenal ini, bahkan spot ini sudah sangat terkenal bagi wisatawan mancanegara yang juga memiliki nama sebutan tersendiri yakni “The Famous of sunrise”.

Dari puncak penanjakan 1 Bromo ini pemandangan yang disajikan pun begitu luar biasa. Wisatawan dapat menyaksikan pesona matahari terbit dengan latar belakang Gunung-Gunung eksotis yang memanjakan mata yaitu Gunung bromo, Batok dan Semeru.

Tidak hanya sampai di situ, pemandangan yang tak jarang membuat wisatawan takjub lautan pasir yang menawan dengan sebutan “sea of sand” yang terhampar di antara 3 gunung dilapisi dengan kabut putih tebal, juga memberikan pemandangan berbeda dari spot Sunrise lainnya.

Puncak Penanjakan 2 Bromo

Puncak penajakan 2 Bromo ini merupakan spot alternatif yang dapat digunakan wisatawan untuk melihat pemandangan matahari terbit yang sangat ditunggu-tunggu, jika pada puncak penanjakan 1 sudah sangat dipadati pengunjung atau jika sedang diadakan suatu event khusus.

Puncak penanjakan 2 Bromo memang belum begitu dikenal para wisatawan, karena puncak penanjakan 1 sudah sangat dikenal sebagai spot tertinggi dan terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Bromo.

Selain itu puncak penanjakan 2 yang terletak di desa Seruni kecamatan Sukapura ini, memang baru di buka setelah dilakukan perbaikan dan peresmian oleh pemerintan setempat, yang memang ditujukan sebagai spot alternatif puncak penanjakan 1 yang sudah padat akan wisatawan.

Sebenarnya dari lokasi ini wisatawan juga dapat dengan sempurnya menyaksikan keindahan langsung Gunung Bromo, Batok, Kursi juga Semeru, namun dari sudut yang berbeda. Meski demikian lokasi ini juga tidak kalah menarik dengan puncak penanjakan 1.

Sama halnya dengan penanjakan 1, untuk menuju ke penanjakan 2 juga dibutuhkan kendaraan Jeep, karena jalan yang dilalui juga menanjak.

Setelah itu wisatawan diharuskan untuk menulusuri anak tangga kurang lebih selama 10 menit untu dapat mencapai lokasi puncak penanjakan 2 Seuni point Ini.

Perbedaan Puncak Penanjakan 1 dan Seruni Point

Terlihat perbedaan puncak penanjakan 1 dan 2 adalah dari rute lokasi, ketinggian puncak dan juga view untuk melihat matahari terbit. Namun keduanya memiliki sudut pemandangan masing-masing yang tak kalah menakjubkan. Jadi anda dapat memilih diantara kedua spot tersebut untuk menyaksikan matahari terbit Bromo yang sangat mempesona.