Puncak Mentigen Spot Melihat Matahari Terbit Bromo

By | Januari 16, 2022

Puncak Mentigen, spot melihat matahari terbit, ini adalah salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menikmati keindahan mentari di gunung Bromo. Seperti anda ketahui bersama bahwa Kawasan Bromo memang salah satu obyek wisata Jawa Timur yang mempunyai panorama matahari terbit / Sunrise dan sutset yang begitu indah. Selama liburan jangan sampai melewatkan moment tersebut.

Obyek Wisata Bromo menawarkan beberapa tempat untuk menikmati matahari terbit, seperti puncak penanjakan, Seruni point, Bukit kingkong atau di Bukit Cinta. Namun yang tak kalah menarik untuk melihat sunrise dengan mudah yaitu di Bukit Mentigen. Karena anda tidak perlu naik Jeep Hardtop atau Ojek untuk sampai di atas bukit. Karena lokasinya tidak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di desa Cemoro Lawang.

Puncak Mentigen, Spot melihat Matahari Terbit Bromo

Pesona Mentigen Bromo
Pesona Sunrise dari atas Mentigen

Perlu kita ketahui juga, jika kawasan Bromo sendiri terdapat 4 tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, seperti kawah Bromo, bukit savanna, gunung Penanjakan dan Pasir Berbisik. Setiap tempat wisata mempunyai keindahan panorama alamnya yang unik. Begitu pula di Bukit Mentigen, melihat pemandangan matahari terbit dari lokasi ini begitu sempurna dipadukan dengan hamparan awan serta kawah Bromo.

Puncak Mentigen ini di kenal sebagai tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbit di sisi lain Gunung Bromo. Lokasi ini sendiri memang sudah ada sejak dahulu. Akan tetapi hanya segelintir orang yang mengetahui jalur tersebut. Kini akses menuju bukit tersebut kembali di buka untuk umum. Hingga kini sudah banyak sekali orang yang mengunjungi spot yang satu ini, baik itu turis lokal, maupun mancanegara.

Pesona Keindahan Bukit Mentigen

Bukit Mentigen ini memang cukup indah dan luar biasa. Berada di tempat ini, Anda akan di suguhkan pada pemandangan Bromo dan pemandangan desa Ngadisari yang berada di ketinggian 2.274m.

Jika Anda mengunjungi tempat ini pada pagi hari, ketika matahari sudah beranjak naik, dan sang kabut mulai menyingkir. Anda akan melihat sederetan awan yang berada di atas pasir Bromo, di tambah hangatnya sentuhan dari sang mentari. Dari atas puncak, Anda dapat melihat lautan pasir yang menakjubkan. Tempat ini juga sangat pas untuk Anda yang merayakan acara camping bersama pasangan atau teman, sambil menikmati pemandangan sunrise, tentu saja menyajikan kesan tersendiri.

Ketika Anda mengunjungi kawasan ini pada sore hari, maka Anda akan di suguhkan oleh keindahan matahari terbenam yang sangat cantik. Itu karena tempat ini adalah salah satu tempat tertinggi, di antara bukit lainnya. Dari sini Anda akan menikmati proses matahari terbenam, sekaligus menikmati aneka tempat wisata Bromo yang di sirami lembayung sore.

Keindahan lain yang akan Anda dapatkan ketika mengunjungi kawasan puncak yang satu ini adalah adanya padang rumput nan hijau. Padang rumput ini cukup luas, dan di tanami oleh aneka macam bunga yang indah. Anda yang ingin membuat foto prewedding, maka ini salah satu tempat yang cocok.

Bagaimana Cara menuju Puncak Mentigen ini?

Puncak ini kini menjadi salah satu lokasi favorit bagi para pengunjung kawasan Bromo. Hal ini di sebabkan, karena akses menuju tempat ini tidak terlalu jauh, bahkan dapat di katakan mudah untuk di akses. Puncak ini sendiri adalah salah satu perbukitan yang berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa timur tepatnya di belakang hotel Lava View Lodge.

Untuk mengunjungi spot tersebut, dari desa ini tidak terlalu sulit. Cukup berjalan kaki sejauh 1 km, jika Anda pergi dari kawasan Cemoro Lawang, hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Dari segi kontur jalan, akses jalan menuju kawasan ini juga tidak teralu terjal. Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat sunrise ini bersama keluarga tercinta, tentunya dapat menggunakan jalur yang satu ini. Mengunjungi bukit Mentigen Bromo ini, pastinya menjadi salah satu destinasi wisata baru untuk Anda pada Liburan kali ini.

Pilihan Paket Tour Bromo Lainnya: