Rute dan Akses Jalan Menuju Air Terjun Madakaripura

By | Mei 15, 2022

Jawa Timur merupakan sebuah daerah di Indonesia yang juga memiliki kekayaan wisata alam yang mengagumkan. Salah satu kawasan di daerah Jawa Timur yang populer adalah wisata gunung Bromo dan air terjun. Salah satu wisata air terjun yang populer adalah Air Terjun Madakaripura. Sebelum anda memutuskan untuk liburan ke lokasi tersebut, alangkah baiknya untuk mengetahui rute dan akses jalan menuju Air Terjun Madakaripura dengan mudah.

Pesona Madakaripura memang terkenal dengan keindahannya. Lokasi air terjun ini berada di Branggah, Negororejo, lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dan kelilingi oleh perbukitan dan jurang serta berada di dalam satu kawasan Taman Wisata Bromo Tengger Semeru, serta merupakan air terjun tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Lokasinya yang cukup tersembunyi tentu harus di tempuh dengan penuh kesabaran. Udara yang sejuk dan suasana yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan akan membuat anda merasa fesh dan rileks.

Akses Jalan dan Rute Menuju Air Terjun Madakaripura yang Eksotis dan Mengagumkan.

Madakaripura waterfalls memang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan. Meskipun letaknya yang berada di antara tebing yang curam, namun ternayata untuk jalur menuju Madakaripura bisa di akses dengan mudah baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Berikut penjelasan mengenai lokasi beserta Rute dan akses Jalan menuju Air Terjun.

Informasi Map ke lokasi obyek wisata Madakaripura
Jalur Map Menuju lokasi Wisata Madakaripura

Menggunakan Kendaraan Umum

  • Untuk jalur menuju Madakaripura, anda bisa naik bus menuju Terminal Probolinggo. Dari Probolinggo anda bisa langsung naik angkot yang memang melayani perjalanan menuju ke obyek wisata tersebut.
  • Pilihlah angkutan umum dengan jurusan Lumbang – Bromo. Setelah anda sampai di kecamatan Lumbang, anda harus pindah angkutan umum lagi. Atau bisa juga dengan menggunakan ojek untuk menuju ke lokasi Air Terjun.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

  • Jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi, sebenarnya untuk akses ke Air Terjun juga tidak berbeda. Anda bisa melalui jalur Probolinggo – Bromo menuju Tongas.
  • Dari Tongas ini kemudian anda akan bertemu dengan pertigaan Sukapura. Di sana anda memilih arah belok kanan menuju kecamatan Lumbang.
  • Perjalanan akan di tempuh sekitar 30 menit. Setelah sampai di Lumbang, anda menuju ke arah Pasar Lumbang, kemudian pilih arah belok kanan menuju wisata Madakaripura.

Rute dan Akses Jalan Menuju Air Terjun Madakaripura

Itulah tadi Rute dan akses jalan menuju Air Terjun Madakaripura. Meskipun perjalanan yang di tempuh cukup panjang dan melelahkan, namun sesampainya di sana semua rasa lelah anda akan terbayar dengan panorama pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Pastikan anda memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman. Karena akses ke air terjun harus melewati jalan setapak sambil sesekali menyeberangi sungai. Sehingga anda harus selalu berhati – hati selama perjalanan. Jika memang baru pertama kali, sebaiknya anda menggunakan jasa guide yang bisa memandu anda selama perjalanan menuju Madakaripura.