Pesona keindahan Air Terjun Madakaripura

By | Mei 13, 2022

Pesona keindahan Air Terjun Madakaripura – Berlibur merupakan cara paling baik untuk mengobati kelelahan, apalagi kalau liburannya bernuansa alam, seperti mengunjungi air terjun, misalnya. Air terjun madakaripura merupakan tempat wisata yang berlokasi di Dusun Branggah, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinya berada tidak jauh dari Kota Probolinggo dan berada pada jalur Surabaya-Bromo. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter ini menawarkan kesejukan dan keindahan alam yang luar biasa.

Pesona keindahan obyek wisata Madakaripura

Madakaripura; Tempat Peristirahatan Terakhir Mahapatih Gajah Mada

Di luar dari keindahan fisik, ada cerita di balik tempat ini. Tentang sebuah sejarah yang menyebutkan bahwa air terjun Mada ini merupakan tempat peristirahatan terakhir mahapatih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit. Siapa yang tidak pernah mendengar Patih Gajah Mada ini, ya. Sedari sekolah dasar bahkan sampai dengan SMA sudah dipelajari mengenai kerajaan-kerajaan di Nusantara, termasuk salah satunya Kerajaan Majapahit dengan seorang patihnya yang hebat, yaitu Patih Gajah Mada.

Pesona keindahannya tidak hanya habis sampai di sana. Selain sebuah cerita sejarah yang terdapat di dalamnya, juga tersuguhkan pemandangan pegunungan dengan hawa lembab dan dedaunan hijau dari pepohonan pegunungan yang mengapit sisi kanan dan kiri air terjun ini. Selain dari itu juga akan terlihat gundukan perbukitan dan lembah yang memanjakan mata dengan keindahan yang tiada batasnya.

Madakaripura merupakan tempat wisata yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Obyek wisata ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Di lokasi ini, terdapat beberapa tetesan yang mirip seperti gerimis dari seluruh bidang tebingnya. Bahkan beberapa ada yang mengalir deras sehingga membentuk air terjun lain. Ketika cuaca sedang cerah, terkadang bisa ditemukan pelangi yang indah.

Rute Menuju lokasi Air Terjun Madakaripura

Terdapat beberapa rute agar dapat mencapai lokasi tersebut, di antaranya, jika melalui Surabaya, bisa langsung ke Kecamatan Lumbang, Probolinggo melalui jalur Pasuruan-Probolinggo. Jika sudah memasuki Kecamatan Lumbang, lanjutkan perjalanan ke Desa Negororejo, tempat air terjun tersebut berada. Selain itu bisa juga melalui rute dari terminal Probolinggo atau rute dari Bromo. Ketiganya pada akhirnya akan menemui tujuan yang sama.

Di balik obyek wisata Madakaripura yang penuh dengan keindahan serta sejarah, ada juga sebuah goa yang benar-benar terletak di lokasi tersebut. Untuk menuju ke lokasi goa tersebut, harus melewati kolam air seluas 25m2 yang tepat berada di bawah air terjun tersebut. Kolam tersebut memiliki kedalaman 7 meter dengan arus yang sangat deras. Cukup berbahaya juga, ya, sepertinya.

Pesona keindahan Air Terjun Madakaripura

Tanah Jawa memang selalu menghadirkan sejuta pesona alam dan balutan sejarah yang menarik untuk dijelajahi, ya. Pesona pantai, gunung, air terjun, dan lain sebagainya tidak pernah berhenti membuat sepasang mata dan sepasang kaki kita untuk melihat serta mengunjungi lokasi-lokasi elok tersebut. Yang terpenting dari semua perjalanan liburan yang dilakukan adalah untuk tetap mensyukuri betapa besar karunia Tuhan untuk senantiasa menyuguhkan keindahan alam yang tiada tara dan tidak ada bandingannya dengan apa pun. Pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa detik ini seluruh indera kita masih bisa meresapi keindahan alam tersebut, termasuk di dalamnya pesona keindahan air terjun madakaripura ini.