Rute dan Jalur Pendakian ke Ranu Kumbolo

Info Rute dan Jalur Pendakian ke Ranu Kumbolo di Gunung Semeru yang perlu di ketahui

Rute dan jalur pendakian ke Ranu Kumbolo harus dimulai dari lokasi awal. Dimana Danau Ranu Kumbolo merupakan area danau yang berada di Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Malang, Jawa Timur. Letak pastinya berada di pegunungan Tengger, yang berada di kaki Gunung Semeru. Memiliki luas 15 Hektar Lokasi ini merupakan titik awal untuk keberangkatan pendakian di Gunung Semeru. Disana juga disediakan perkemahan bagi pendaki yang akan bersiap – siap untuk naik mendaki ke puncak gunung.

Rute dan Jalur Pendakian ke Ranu Kumbolo
Map untuk menuju ke Ranu Kumbolo

Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang masih aktif yang mengkerucut dan sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa. Peringkat ketiga gunung tertinggi di Indonesia setelah gunung kerinci dan juga gunung Rinjani. Hal ini merupakan kebanggaan wisata daerah di Jawa Timur, karena merupakan gunung dengan rute dan jalur yang sangat di sukai oleh tim pendaki. Karena memiliki tingkat kesukaran dalam proses mendakinya.

Kawah yang berada di puncak gunung Semeru ini bernama Jonggring Saloko. Kawah ini sangat berbahaya suka memberikan semburan dan percikan api panas. Sehingga dapat membahayakan pendaki yang berada di gunung Semeru tersebut, dan ini merupakan tantangan yang berat dalam pendakian tersebut.

Akses menuju Kumbolo dari Malang

Tahap awal menuju Rute dan jalur pendakian ke Ranu Kumbolo, adalah dengan melewati desa kecil bernama desa Ranu Pani. Dari desa inilah kita akan mulai perjalanan mendaki nanti. Sebelumnya para calon pendaki harus melewati perjalanan ke Tumpang dari kota Malang atau dari Surabaya. Perjalanan dapat ditempuh dengan bantuan kendaraan dengan kisaran waktu sekitar 3 jam dari malang. Setelah tiba di desa Tumpang baru bisa melanjutkan ke danau pani dengan sewa kendaraan jeep sampai ke desa ranu pani. Setelah sampai di desa ini barulah perjalalanan pendakian anda akan dimulai.

Di desa ranu pani inilah anda bisa melakukan pendaftaran untuk mendaki dan diberikan ke pos pemeriksaan yang berada di desa tersebut. Lalu dilanjutkan perjalanan ke Danau Ranu Kumbolo untuk mendaki ke Gunung Semeru. Tahap awal anda akan menjalani jalan aspal yang mulus baru setelah itu memasuki kawasan hutan yang mulai berkelok tetapi belum terlalu menanjak. Kurang lebih perjalanan sampai ke Danau Ranu Kumbolo adalah 4 jam, dengan keindahan danau ditempat ini para pendaki akan memulai untuk berkemah dan bermalam disini. Semua fenomena milky way ranu kumbolo juga bisa disaksikan di sini, sehingga anda akan mempersiapkan kondisi anda yang lebih baik saat akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru.

Pendakian menuju Puncak Semeru

Apabila para calon pendaki masih kurang puas hanya menikmati pesona keindahan danau kumbolo saja. Para pendaki pun bisa melanjutkan perjalanan menaklukkan puncak Semeru, rute perjalanannya dimulai dari danau Ranu Kumbolo menuju Kalimati camp. Para pendaki sebelumnya akan melakukan perjalanan ke oro oro ombo dengan melewati tanjakan cinta yang terkenal. Dari oro oro lombo perjalanan dilanjutkan ke kalimati, disini banyak memiliki pemandangan yang indah dan mempesona dengan bunga – bunga yang bertebaran menambah keindahan panorama alam di pegunungan ini.

Setelah berada di Kalimati maka pendaki terus menuju ke lokasi Arcopodo atau tempat untuk perkemahan terakhir. Menuju ke lokasi ini anda akan melewati hutan cemara yang indah, dan tempo perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 5 – 6 Jam perjalanan. Disini pendaki akan mulai merasa tantangan akan derajat dingin yang dirasakan sekitar 4 – 10 derajat celcius. Ssetelah dari Arcopodo maka pendaki akan mulai untuk melanjutkan perjalanan ke Mahameru atau puncak gunung Semeru dengan ketinggian 3.676M dpl.

Rute dan Jalur Pendakian ke Ranu Kumbolo

Itulah beberapa gambaran perjalanan untuk pendaki dan wisatawan yang ingin menikmati berpetualang di gunung Semeru. Dengan segala banyak keindahan dan juga tantangan yang memang harus dilalui para pendaki untuk mencapai danau Kumbolo dan puncak Mahameru tersebut. Jangan lupa untuk meminta bimbingan tour guide atau orang yang berpengalaman mendaki dengan memahami rute dan jalur pendakian ke Ranu Kumbolo.