Rute dan Akses Terbaik Menuju Wisata Kawah Ijen

By | Mei 25, 2022

Rute dan Akses Terbaik Menuju Wisata Kawah IjenKawah Ijen merupakan sebuah danau vulkanik yang berlokasi di puncak gunung Ijen yang berada pada ketinggian 2.443 mdpl. Untuk mencapai lokasi wisata Ijen dari desa terdekat harus melewati jalur trek pendakian sepanjang kurang lebih 3 kilometer dengan waktu tempuh rata-rata 2 jam. Tiba di atas puncak, anda akan menyaksikan pesona alam kawah ijen yang luar biasa pada saat matahari telah menyinari kawah.

Rute dan Akses Terbaik Menuju Wisata Kawah Ijen
Jalur Maps menuju ke gunung Ijen Banyuwangi

Rute dan Akses Terbaik Menuju Wisata Kawah Ijen

Menuju kawasan wisata Ijen kalian bisa menempuhnya dari 2 kabupaten yakni dari Banyuwangi atau Bondowoso. Adapun rute tersebut dapat anda pelajari sebelum melakukan perjalanan ke gunung Ijen. Berikut akan kami berikan info mengenai jalur dan rute mudah ke kawah ijen.

Rute dari Kabupaten Banyuwangi

  • Rute dan akses menuju Ijen dari kabupaten banyuwangi dapat anda tempuh selama 1,5 jam dengan mobil ataupun motor karena jaraknya hanya sekitar 35 kilometer. Jalurnya sudah nyaman sehingga rute dari Banyuwangi ini cukup sering di lewati oleh wisatawan dari pulau Bali. Daerah yang di tuju adalah Licin. Setelah sampai di desa tersebut, maka melanjutkan perjalanan ke Paltuding dengan jarak sekitar 18 kiloneter. Jalur ini masih dapat di lalui oleh kendaraan bermotor. Biasanya kendaraan yang di gunakan untuk mencapai Paltuding adalah jeep double gardan.
  • Pada kilometer ke 12 terdapat jalan tanjakan yang di namakan erek-erek. Tanjakan tersebur cukup ekstrim karena selain menanjak juga menikung membentuk huruf s. Karena medan yang cukup sulit dari daerah licin menuju Paltuding ini memakan waktu hingga 1 jam. Di perjalanan kalian juga bisa berpapasan dengan truk pengangkut belerang. Nah truk truk pengangkut belerang ini juga menjadi pemicu jalannya rusak. Dari daerah paltuding, bisa anda lanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalur trek setapak dan tebing kaldera yang total jaraknya mrncapai 3 kilo meter menuju puncak gunung Ijen.

Rute dari Kabupaten Bondowoso

  • Adapun rute dan akses terbaik menuju wisata kawah ijen dari kabupaten Bondowoso tepatnya dari daerah Wonosari menuju daerah sempol. Nah dari daerah Sempol ini melanjutkan perjalanan hingga ke daerah Paltuding. Untuk menuju Paltuding ini tidak sesulit rute dari banyuwangi karena jalannya cukup mulus sehingga untuk sampai ke Paltuding dapat di lalui dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Namun memang jarak yang di tempuh lebih jauh. Dari Situbondo ke Paltuding jaraknya sekitar 93 kilometer. Karena jalannya mulus bisa di tempuh dalam waktu 2,5 jam.
  • Karena rute ini berada di area perkebunan kopi arabika maka jangan heran jika kalian akan menemukan 3 pintu gerbang yang berbeda dan kalian di minta untuk mengisi buku tamu dan tujuan perjalanannya. Selain itu kawasan hutan pinusnya pun masih dalam kawasan cagar alam ijen.

Rute dan Akses Terbaik Menuju Wisata Kawah Ijen

Menuju kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi sendiri kita bisa mencapainya dengan transportasi umum dari Kota Surabaya maupun dari kabupaten kabupaten sekitar. Untuk jaraknya sendiri dari kota surabaya menuju kabupaten Bondowoso ataupun kabupaten Banyuwangi sekitar 200 km.

Dari titik awal pendakian di Paltuding sendiri kalian harus benar-benar menyiapkan kondisi yang fit karena di sana kalian harus melewati jalan setapak dan juga tebing kaldera. Selain itu biasanya pendakian di lakukan di malam hari karena tujuan utama ke Puncak ijen ini biasanya untuk menyaksikan fenomena alam Api Biru (Blue Fire).