Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Papuma Jember

By | Juni 11, 2022

Harga tiket masuk wisata Pantai Papuma Jember ini bisa kita bilang murah. Di bandingkan dengan suguhan eksotisme dari pantai ini, harga yang di patok belum seberapa. Kami jamin Anda akan terpuaskan di tempat ini. Segala penat dan beban pikiran akan hilang setelah menikmati pemandangan di pantai tanjung papuma ini. Suasana yang di dapat membuat anda lebih tenang dan tak pernah anda dapatkan di tempat lain.

Tarif Masuk Wisata Pantai Papuma Jember

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Papuma Jember Terbaru

Untuk masuk ke lokasi, Anda tidak akan di kenakan biaya mahal. Berikut ini daftar tarif masuk ke papuma atau harga tiket masuk wisata pantai papuma Jember, baik rombongan maupun sendiri.

  1. Wisatawan Lokal Hari biasa: Rp 15.000,- per orang.
  2. Wisatawan Lokal Hari Minggu dan hari libur: Rp 17.500,- per orang.
  3. Wisatawan Mancanegara Rp. 30.000,- per orang.
  4. Parkir kendaraan roda 2: Rp 3.000,00.
  5. Parkir kendaraan roda 4: Rp 6.000,00.

Harga ini masih berlaku hingga tahun 2022, namun bisa sewaktu-waktu berubah. Terjangkaunya tarif masuk inilah yang membuat Pantai Papuma menjadi favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya.

Eksotisme Pantai Tanjung Papuma

Nama Papuma sendiri merupakan kepanjangan dari “Pasir Putih Malikan”. Ya, pantai yang berlokasi di Jember ini memang mempunyai pasir putih yang menawan. Belum lagi dengan kesejukan yang di hadirkan berkat hembusan air laut yang menyegarkan. Tak heran jika banyak wisatawan yang enggan meninggalkan tempat ini meski sudah dari pagi menikmati suasana pantai. Perbukitan yang terhampar di sekeliling pantai juga semakin menambah asrinya suasana.

Bagi Anda yang ingin berenang, jangan khawatir. Di tempat ini Anda di perkenankan untuk berenang di laut, selain di area-area tertentu yang sudah di tetapkan petugas. Indahnya pemandangan sekaligus suasananya yang masih alami juga sangat cocok anda jadikan sebagai tempat untuk outbound atau berkemah. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk menempa diri, tempat ini sangat direkomendasikan.

Lokasi dan Akses Menuju Papuma

Pantai yang sangat indah ini masih merupakan rangkaian dari pantai selatan, tepatnya terletak di Desa Lojejer, Wuluhan, Jember. Akses menuju lokasi ini sangatlah nyaman. Kendaraan pribadi maupun kendaraan sewa dapat dengan mulus melewatinya karena infrastruktur jalannya sudah memadai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan untuk menuju lokasi. Masyarakat sekitar pun dengan ramah akan memberi arahan saat Anda bertanya.

Mitos dan Adat yang Ada di Pantai Papuma

Seperti daerah lainnya, Pantai Papuma juga mempunyai beberapa mitos yang sangat di percaya masyarakat sekitar. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Ombak di pantai ini selalu meminta korban.
    Mitos ini semakin di percaya dengan banyaknya wisatawan yang terseret gulungan ombak yang ganas di pantai ini. Konon, Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatanlah yang meminta korban tersebut.
  2. Batu karang tak bernama di huni oleh ular-ular berbisa.
    Di pantai ini memang terdapat tujuh batu karang yang menyerupai pulau kecil. Masing-masing mempunyai nama, kecuali satu yang tak bernama. Batu karang yang tak bernama inilah yang di percaya masyarakat di huni oleh sekawanan ular berbisa. Tak heran jika tidak ada masyarakat yang berani mengunjunginya.
  3. Sebagai tempat adanya batu malikan.
    Batu Malikan merupakan batu datar yang bentuknya mirip kerang dengan ukuran sangat besar. Konon, di batu inilah Raden Mursada dan Joko Samudera memancing ikan ajaib Raja Mina, namun di lepaskan lagi. Sebagai balas jasa, mereka kemudian di beri cemeti sakti. Ketika mereka memancing kembali, ular raksasalah yang tersangkut di kail. Akhirnya, ular tersebut di belah menjadi tiga menggunakan cemeti tadi.
  4. Terdapatnya Gua Lawa.
    Gua ini ada di salah satu batu karang yang mempunyai ceruk kecil. Gua yang hanya bisa di lihat saat air laut sedang surut ini, merupakan tempat bersemayamnya salah satu putri penguasa pantai selatan, Dewi Sri Wulan.

Nah itulah beberapa legenda dan cerita masyarakat setempat. Jadi, bagi Anda yang tertarik dan merasa penasaran untuk mengunjunginya, jangan ragu dengan harga tiket masuk wisata Pantai Papuma jember.