6 Tips Penting Saat Berwisata Arung Jeram

By | Juni 7, 2022

6 Tips Penting Saat Berwisata Arung Jeram. – Pernahkah kamu mencoba berwisata arung jeram di sungai Pekalen saat sedang liburan?. Kegiatan yang satu ini sedang booming dan banyak di gemari orang, khususnya para anak muda yang sangat menyukai tantangan.

Saat musim liburan sebentar lagi akan tiba, pastinya kamu sudah mulai menyiapkan segala amunisi untuk merayakannya bukan?. Pastinya kamu juga bosan dengan kegiatan wisata yang biasa-biasa saja seperti bermain di pantai, berkemah, ataupun jalan-jalan di mall. Mencoba berwisata arung jeram atau rafting sungai Pekaln bisa kamu jadikan alternatif liburan agar kamu mendapatkan pengalaman dan tantangan baru.

6 Tips Penting Saat Berwisata Arung Jeram
Tips Penting Saat Berwisata Arung Jeram

Perlu Anda Perhatikan Sebelum Wisata Arung Jeram Pekalen

Sebenarnya, permainan arung jeram merupakan sebuah olah raga ekstrim dan menegangkan. Hal tersebut karena arung jeram di lakukan di sungai-sungai yang memiliki arus atau aliran yang sangat deras seperti sungai Pekalen ini. Kegiatan ini sendiri juga membutuhkan teknik dan persiapan yang tidak sembarangan. Karena tergolong cukup berbahaya, maka untuk melakukan permainan ini akan ada tim pemandu serta penyelamat. Meskipun terlihat menakutkan karena harus terhempas arus, menabrak bebatuan sungai beberapa kali, atau bahkan sampai tercebur ke dalam sungai, tetapi berwisata arung jeram sangat seru dan menarik.

Inilah 6 Tips Penting Saat Kamu Berwisata Arung Jeram!

Bagi kamu yang ingin sekali mencoba permainan yang satu ini. Ada 6 tips penting saat rafting di sungai Pekalen Probolinggo, dengan aman dan nyaman.

Pemanasan Lebih Dulu

Lakukanlah pemanasan sebelum kamu melakukan aktivitas arung jeram dan turun ke sungai. Tubuh akan mudah mengalami kram apabila terlalu lama berada di dalam air. Jika kamu tidak melakukan pemanasan yang cukup, bisa jadi kaki atau tangan kamu merasa kaku sehingga sulit bergerak dengan leluasa. Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya!

Ikuti Perintah Pemandu

Selanjutnya, hal yang wajib kamu perhatikan tentu saja aba-aba serta perintah dari tim pemandu. Karena mereka sudah ahli dan berpengalaman, pastinya sangat tau benar seluk beluk permainan arung jeram. Tim pemandu biasanya akan melakukan briefing singkat sebelum terjun ke sungai yang berisi tentang tata cara mendayung, duduk, menjelaskan teknik arung jeram, dan sebagainya. Demi keamanan dan keselamatan nyawa, sebaiknya kamu harus terus mengikuti peraturan yang berlaku seperti aba-aba maju, mundur, stop, dll.

Gunakan Alat Pengaman Lengkap

Menggunakan berbagai alat pengaman lengkap seperti yang sudah dijelaskan oleh pemandu arung jeram. Kamu akan diberikan sebuah jaket pelampung, helm, dan juga dayung. Ada baiknya kamu memastikan kalau jaket dan helm terpasang dengan baik. Sering terjadi kasus dimana tali pengait pada jaket pelampung terlepas karena ikatannya terlalu kendor.

Perhatikan Posisi Duduk

Ini juga penting agar posisi perahu tetap stabil dan tidak mudah terbalik. Selain itu, posisi duduk yang benar juga akan memudahkan kamu dan anggota tim lain untuk mengayuh dayung agar tidak saling bersenggolan. Tim pemandu akan mencontohkan posisi duduk yang benar saat di dalam perahu karet yaitu secara menyerong.

Jangan Mudah Panik

Dalam berwisata arung jeram, menghadapi arus yang deras, menabrak bebatuan, terbalik dan tercebur ke dalam sungai merupakan suatu hal yang biasa. Kegiatan tersebut akan menjadi kurang seru malah jika kamu tidak pernah mengalami perahu yang terbalik atau terlempar ke sungai. Jika hal tersebut terjadi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik. Tetaplah tenang dan dengarkan perintah pemandu dengan baik. Akan sangat berbahaya sekali jika kamu merasa panik hingga menimbulkan gerakan berlebihan. Panik bisa membuat kamu mudah terbawa arus dan bahkan tenggelam.

Memakai Pakaian yang Nyaman

Hal yang terakhir ini sepertinya memang sepele, tetapi ternyata sangat penting sekali. ketika berwisata arung jeram, kenakanlah pakaian santai yang nyaman seperti celana pendek atau leggings, kaos, sepatu sandal, dan pakaian lain yang sederhana. Hindari juga mengenakan aksesoris berlebihan seperti kalung, cincin, gelang, atau membawa barang elektronik. Kamu akan merasa rugi apabila barang-barang berharga tersebut sampai lepas dan hanyut di dalam sungai.

6 Tips Penting Berwisata Arung Jeram

Itulah (enam) 6 tips penting saat berwisata arung jeram di sungai Pekalen Probolinggo. Jika kamu terus memperhatikan hal-hal di atas, maka kegiatan liburan kamu akan tetap aman, nyaman, serta menyenangkan.